Sertifikasi Guru dan Tunjangan Profesi Guru di Kementrian Agama Tahun 2010

Guru Idaman Masa Kini

Mulai tahun 2010, anggaran Tunjangan Profesi Guru bagi guru di Kementrian Agama masuk kedalam DIPA (Daftar Isian Penggunaan Anggaran) masing-masing satuan kerja. Mulai dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri merupakan satuan kerja di lingkungan Kementrian Agama. Sedang DIPA adalah keseluruhan biaya belanja madrasah dalam setahun anggaran, di dalam DIPA biasanya ada biaya belanja pegawai, belanja barang, belanja modal dan berbagai jenis pengeluaran anggaran lainnya.

Khusus tentang tunjangan profesi guru, menggunakan kode mata anggaran 511152 dengan uraian Belanja Tunjangan Profesi Guru. Jumlah besaran tunjangan profesi guru dalam DIPA tergantung berapa jumlah yang dianggarkan oleh satuan kerja pada tahun sebelumnya. Lalu bagaimana jika anggarannya kurang ? Untuk yang satu ini,saya belum punya informasi. Perubahan anggaran dalam DIPA memerlukan apa yang disebut dengan revisi DIPA. Jika tak ada revisi penambahan anggaran tunjangan sertifikasi guru (bagi anggarannya kurang) maka diusahakan memasukkan anggaran tunjangan profesi guru pada tahun berikutnya sebanyak 24 bulan (2 tahun) -untuk yg satu ini hanya analisa saya saja- :)

Dibeberapa satuan kerja anggaran tunjangan profesi guru dalam DIPA 2010 mereka kurang. Hal ini disebabkan karena mereka tidak memasukkan beberapa pegawai yang status sertifikasinya masih dalam proses. Ilustrasinya begini, misalkan dalam satuan kerja atau madrasah mempunyai 10 pegawai, yang 5 sudah bersetifikat dan sudah punya SK DIrjen Pendis tahun 2009 sedangkan yang 5 orang masih dalam proses menungu sertifikat. Ketika anggaran 2010 disusun yang dimasukkan hanya 5 orang yang sudah bersetifikat, maka anggarn tunjangan profesi guru tahun 2010 hanya untuk 5 orang itu saja. Sementara 5 orang yg masih dalam proses itu telah bersetifikat maka mereka juga berhak mendapatkan tunjangan profesi guru di tahun 2010.

Syukur alhamdulillah, di satuan kerja tempat saya mengajar anggaran tunjagan profesi guru-nya pas, pas dan pas. Namun, sebenarnya kurang juga karena tidak memperhatikan kenaikan gaji pokok di tahun 2010. jadi, di satker kami tunjangan profesi guru, besaran tunjangan satu bulannya masih berdasarkan besaran gaji pokok 2009.
Bagaimana dengan guru non PNS, mohon maaf saya juga tidak tahu. Ada dua kemungkinan anggaran nya ada di Kantor Kementrian Agama Kabupaten atau Propinsi.

Perlu juga diperhatikan bahwa penyelenggaraan sertifikasi guru agak berbeda mengenai penyaluran dananya dengan guru dari Diknas. So, kalau nanya dengan mereka pasti mereka tidak mengerti juga. Kecuali tentang tahap-tahap awal sertifikasi mungkin sama dengan proses sertifikasi guru di Kementrian Agama.

Demikian mudah-mudahan bermanfaat. Saya mengajak kepada semua saja terutama dari kalangan guru madrasah untuk berbagi informasi terkini dan saling link, terutama yang saya dan mungkin anda tunggu juga, yaitu SK Dirjen Pendis yang terbaru tahun 2010.
Wassalam

About these ads

122 comments

  1. Mohon info, bagaimana jika seorang guru yang telah disertfikasi saat ia masih berstatus non PNS, namun setelah masa penerimaan sertifikat dari LPTK pelaksana ia berubah status menjadi CPNS. Apakah ia berhak mendaptkan tunjangan profesi?
    Kalaupun ya, sejak kapan dibayarkannya.
    demikian, sebelumnya terima kasih.

    1. Saya lupa nama peraturannya, disitu disebut bahwa cpns hanya berhak mendapat tunjangan umum, hal ini juga ditanyakan seorang teman dalam sebuah forum terhadap pejabat di kementrian agama pusat, jawaban nya jg begitu, hemat saya, jika statusnya sdh PNS dan anggarannya anda maka ybs harus dapat tunj.profesi guru,
      mudahan membantu.. terimakasih sdh berkunjung

  2. Mohon bantuan SK Dirjen Pendis Tentang penerima Tunjangan Sertifikasi Guru Untuk Prov. Aceh ( Kalau Ada ) Thank’s

  3. bapak dan ibu apakh sk dirjen yang sudah lulus sertifikasi ada di internet? tlng di kasih tahu caranya .

  4. Saya Guru non PNS lulus sertifikasi Tahun 2007,tahun 2008-2009 telah menerima Tunjangan sertifikasi lewat Kanwil Depag Propinsi Kalimantan tengah…tapi pada tahun 2010 menurut informasi dibayar pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten.Tapi Anehx nama saya tidak Tercantum pada SK.Dirjen PENDIS. mohon Tanggapan.

    1. Pak Akhmad yth, maaf pak, seharusnya yang menanggapi adalah yg membuat SK-nya pak :) Sama dengan kami, jika bapak menemukan SK terbaru Ditjen Pendis sepertinya hanya menetapkan guru madrasah penerima TPG yang di sertifikasi tahun 2009. Selebihnya saya tidak tahu banyak, sukses selalu untuk anda.Wassalam

  5. Yth. Pengelola tunjangan guru kemetrian agama Ri.
    kami ingin penjelasan mengenai temen-teman kami yang sudah disertifikasi, dimana yang bersangkutan dipanggil untuk mengikuti mengajukan fortofolio untuk disertifikasi, padahal ybs masih honor dimadsarah tsanawiyah kami, setelah lulus melalui PLPG, pada saat yang bersamaan juga ybs dinyatakan lulus CPNS, apakah kami juga membayar tunjangan profesinya seperti pendidik yang lain yang juga sudah lulus sertifikasinya, mohon kami diberikan penjelasan dan juknis nya segera disebar ke daerah-daerah, Wassalam

  6. Apakah sudah ada Edaran Terbaru Untuk Pendataan Guru Honorer Depag sebagaimana Surat Edaran dari Menteri Negara Pendayagunaan aparatur Negara Nomor 05 Tahun 2010 tgl 28 Juni 2010.
    Terima kasih..

  7. mohon penjelasan,saya guru dinas pendidikan (pemda)dpk di mts negeri ,sudah sertifikasi lewat depag jalur portofolio tahun 2008.telah terima tunjangan profesi tahun 2009 lewat kemenag prop jatim.yang saya tanyakan untuk tahun 2010 tunjangan profesi saya di bayarkan lewat mana?

  8. saya guru dinas pendidikan(pemda) dpk di mts negeri di dinas tidak ada uang lauk pauk,apakah saya bisa dapat uang lauk pauk(makan)dari dipa mtsnegeri,mohon penjelasan.

    1. Jawabnya bisa pak, silakan lihat di side bar sebelah kanan paling atas blog ini tentang Kep Men Keu tentang tata cara pemberian uang makan tahun 2010,..
      semoga bermanfaat

  9. SAYA GURU SMP NEGERI 1 TELUKNAGA,HONORER DARI TAHUN 1996 SAMPAI SA’AT INI BELUM ADA INFORMASI TENTANG PENGANGKATAN GURU SUKWAN PAI YANG BERADA DI SEKOLAH UMUM PADA NAUNGAN DIKNAS, TOLONG DONG DIPERHATIKAN ?

  10. kenapa uang guru non sertifikasi di aceh belum cair juga dari jan s.d des 2009?kapan……………………………………..tq

  11. Nasib Pengawas yang dari Guru umum mengajar di MTs dan MA di lingkungan Kemenag
    Oleh: Drs.Cucu Suhana,MPd

    Lembaga Pendidikan formal di lingkungan Kemenag meliputi; MI, MTs, MA atau MAK atau Perguruan Tinggi diatur dalam pasal 17 dan Pendidikan keagamaannya diatur dalam pasal 30. Pendidkan Islam sebagai mata pelajaran dapat dilihat dalam pasal 36. Adapun pendidikan Islam sebagai nilai pada hakikatnya adalah nilai yang membawa nilai kemaslahatan dan kesejahteraan bagi seluruh makhluk , demokratis, egalitarian, dan humanis.
    Tentang Pengawas Pendidikan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan menjelaskan bahwa pengawasan pada pendidikan formal dilakukan oleh pengawas pendidikan (pasal 39 ayat 1). Sedangkan untuk pengangkatannya diatur dengan Kepmen PAN No118/1996 tentang jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya, maka yang dimaksud dengan pengawas sekolah adalah pegawai negeri sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan pra sekolah, sekolah dasar, dan sekolah menengah.
    Baru-baru ini Kemenag memberlakukan Pengawas Madrasah harus dari Guru/Kepala madrasah yang latar belakang setifikasi PAI, atau Rumpun PAI lantas bagaimana karir yang bukan guru PAI ? dikemanakan hak-hak dan jenjang karir guru umum selaku PNS di Kemenag ? oleh siapakah pembinaan guru-guru umum di MI, MTs dan MA di lingkungan Kemenag kalau keberadaan Pengawas umum tidak ada ?
    Yang terkena imbas dari aturan tersebut adalah Pengawas yang berasal dari Guru umum pindah ke Pengawas yang sertifikasinya bukan Guru PAI mereka diberhentikan tunjangan profesinya, ini berarti mematikan jenjang karir khusunya bagi guru yang non PAI naik menjadi pengawas. Padahal kalau lihat peraturan Kepmendiknas no. 12 tahun 2007 tentang standar pengawas sekolah/madrasah dalam pasal 1 yang menjelaskan bahwa untuk dapat menjadi pengawas sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar pengawas sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional yaitu:
    1. Kualifikasi Pengawas Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA) dan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) adalah sebagai berikut:
    a. Berpendidikan minimum sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan dari perguruan tinggi terakreditasi;
    b. 1) Guru TK/RA bersertifikat pendidik sebagai guru TK/RA dengan pengalaman kerja minimum delapan tahun di TK/RA atau kepala sekolah TK/RA dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas TK/RA;
    2) Guru SD/MI bersertifikat pendidik sebagai guru SD/MI dengan pengalaman kerja minimum delapan tahun di SD/MI atau kepala sekolah SD/MI dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas SD/MI;
    c. Memiliki pangkat minimum penata, golongan ruang III/c;
    d. Berusia setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan;
    e. Memenuhi kompetensi sebagai pengawas satuan pendidikan yang dapat diperoleh melalui uji kompetensi dan atau pendidikan dan pelatihan fungsional pengawas, pada lembaga yang ditetapkan pemerintah; dan
    f. Lulus seleksi pengawas satuan pendidikan.

    2. Kualifikasi Pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) adalah sebagai berikut
    a. Memiliki pendidikan minimum magister (S2) kependidikan dengan berbasis sarjana (S1) dalam rumpun mata pelajaran yang relevan pada perguruan tinggi terakreditasi;
    b. 1) Guru SMP/MTs bersertifikat pendidik sebagai guru SMP/MTs dengan pengalaman kerja minimum delapan tahun dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di SMP/MTs atau kepala sekolah SMP/MTs dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas SMP/MTs sesuai dengan rumpun mata pelajarannya;
    2) Guru SMA/MA bersertifikat pendidik sebagai guru dengan pengalaman kerja minimum delapan tahun dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di SMA/MA atau kepala sekolah SMA/MA dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas SMA/MA sesuai dengan rumpun mata pelajarannya;
    3) Guru SMK/MAK bersertifikat pendidik sebagai guru SMK/MAK dengan pengalaman kerja minimum delapan tahun dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di SMK/MAK atau kepala sekolah SMK/MAK dengan pengalaman kerja minimum 4 tahun, untuk menjadi pengawas SMK/MAK sesuai dengan rumpun mata pelajarannya;
    c. Memiliki pangkat minimum penata, golongan ruang III/c;
    d. Berusia setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan;
    f. Lulus seleksi pengawas satuan pendidikan.
    e. Memenuhi kompetensi sebagai pengawas satuan pendidikan yang dapat diperoleh melalui uji kompetensi dan atau pendidikan dan pelatihan fungsional pengawas, pada lembaga yang ditetapkan pemerintah; dan

    Sesuai dengan peraturan tersebut di atas telah kami penuhi semuanya, sehingga turun SK pengawas, lantas yang menjadi persoalan kami khususnya di Jawa Barat dengan adanya surat edaran baru tersebut yang menyatakan bahwa Pengawas di Kementerian Agama terdiri dari Pengawas PAI dan Pengawas Rumpun PAI dengan sertifikasi harus dari guru PAI. Sedangkan kami bukan guru PAI, sehingga kami diberhentikan jabatan fungsionalnya. Dan harus disertifikasi lagi PAI dan ini tentunya aturan tersebut tidak mendasar dan berlaku surut karena diberlakukan pula bagi pengawas yang lulus sertifikasi Guru sebelum ada aturan ini.
    Sedangkan menurut perturan PP 74 tahun 2008 tentang Guru dalam BAB III pasal 15 ayat (4) Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan tetap diberi tunjangan profesi Guru apabila yang bersangkutan tetap melaksanakan tugas sebagai pendidik yang:
    a. berpengalaman sebagai Guru sekurangkurangnya 8 (delapan) tahun atau kepala sekolah sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun;
    b. memenuhi persyaratan akademik sebagai Guru sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
    c. memiliki Sertifikat Pendidik; dan
    d. melakukan tugas pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan tugas pengawasan.

    Sebagai tindak lanjut dari PP 74 tersebut di atas, Kementerian Agama dalam hal ini Sekretariat Jendral mengeluarkan “Pedoman Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Profesi bagi Guru PNS di Lingkungan Kementeria Agama RI “ pertanggal 6 April 2009 yang mengatakan dalam poin F. tentang Mekanisme Pelaksanaan pada no.3 mengenai Penghentian Pembayaran: “Tunjangan profesi bagi Guru RA/Madrasah dihentikan apabila guru yang bersangkutan :
    a. meninggal dunia
    b. berusia 60 tahun (enam puluh) tahun atau pensiun,
    c. berhalangan tetap sehingga tidak dapat menjalankan tugas sebagai guru
    d. berlih tugas atau mutasi dari jabatan fungsional guru ke jabatan lain, kecuali ke jabatan pengawas,
    e. tidak lagi menjalankan tugas sebagai Guru PNS Departemen Agama.

    Sekarang lantas di Kemenag turun edaran lagi yaitu harus dari pengawas PAI atau rumpun PAI ini gak tahu dari mana aturannya, sedangkan surat edaran yang dari Sekjenpun belum dicabut. Dengan dikeluarkannya USPN no. 20 tahun 2003 dalam pasal 50 disebutkan bahwa pengelolaan pendidikan pendidikan ada pada Menteri Pendidikan Nasional, sedangkan Mendiknasnya sendiri pernah mengatakan pada MUNAS kedua APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) di Sukabumi yang dihadiri 800 pengawas se-indonesia mengatakan bahwa guru yang sudah bersertifikasi kemudian menjadi pengawas, maka tunjangan profesinya tidak hilang, bahkan kata Mendiknas kalau pengawas tersebut dari guru, yang sudah lulus sertifikasi maka ketika menjadi pengawas ada intensif khusus sehingga mereka tertarik menjadi pengawas.
    Dan hal ini seandainya diberlakukan demikian yang menjadi kwatiran mana mau dari guru umum yang sudah disertifikasi untuk mengajukan pindah kepada pengawas karena tunjangannya harus dihentikan, sedangkan sekarang aja jumlah pengawas khususnya untuk madrasah di seluruh kab/Kota kekurangan sekali. Idealnya berdasarkan Kepmendiknas No. 39 tahun 2009 adalah 1: 10, bagaimana peningkatan mutu pendididkan di lingkungan MI. MTs dan MA dan siapa yang akan mengawasi Pendidikan Umum dengan perbandingan pelajaran Umum 70% dan Kegamaannya adalah 30%.

    Bandung, Agustus 2010
    Wassalam

    1. Terima Kasih Pak Cucu atas komentar panjang lebarnya, satu lagi masalah yang perlu diperhatikan oleh para pembesar di Kementerian Agama,.. Saya tertarik dengan kalimat terakhir “siapa yang akan mengawasi Pendidikan Umum dengan perbandingan pelajaran Umum 70% dan Kegamaannya adalah 30%”.. sungguh dilematis,..

    2. Sebaiknya yang sudah PNS gak usah terlalu ngragas dan rakus, gaji sampean sudah lebih dari cukup dibanding petani, buruh, guru swasta di sekolah swasta yang gak jelas jluntrungnya,cari kreatifitas yang lain jangan semrawut sehingga bagian rejeki orang yang lain terlupakan dari tanggungjawab nagara , Dzalim sampean kalau tidak pikirkan nasib penderitaan kemiskinan di Indonesia. Nyangkul, narik becak,guru swasta, buruh, sangat tidak sebanding dg hitungan jam – gaji PNS.

      1. Ya.. Bapak Nukman Yth, saya bukan ahli agama, namun saya kira Allah Maha Adil. Urusan kemiskinan ya.. urusan negara. Guru tidak pernah meminta untuk diberi gaji tinggi, Program sertifikasi dan tunjangannya kan asal nya juga dari pemerintah, nggak pernah dengar tuh .. kita (guru) menuntut terbitnya program sertifikasi. Dan saya kira, manusia juga berdasarkan proporsinya masing-masing. Kalo semua manusia kaya, lalu apa fungsinya sedekah, zakat dll. Nah, kalo miskin semua .. siapa pula yg akan bersedekah .. Maaf pak,.. jika tidak berkenan.

  12. mohon penjelasan tentang pencairan tp ,tp saya tdk bisa cair lewat satker mtsn krn saya guru dpk pemda,terus lewat kemenag belum ada penjelasan.mohon bantuannya untuk masalah ini .mungkin bapak bisa memberi penjelasan ,trims

    1. Pak Abdul Yasid Yth, di madrasah kami guru dpk pemda pembayarannya melalui satker mtsn, karena memang beliau waktu proses pendaftaran sertifikasi nya melalui kementerian agama. Jika bapak sudah bersetifikat namun melalui diknas lalu mengajar di mtsn saya kurang tahu prosedurnya, jika nama bapak tidak termasuk dalam anggaran satker mtsn tahun ini saatnya bapak yg proaktif, karena anggaran satker madrasah sedang revisi anggaran dalam bulan-bulan ini.. jika nama bapak tak masuk dalam revisi anggaran maka otomatis TP-nya tak bisa dimintakan ..untuk lebih jelasnya bapak bisa tanyakan ke mapenda setempat,.. demikian mudah-mudahan bisa membantu ..

  13. pak yunizar yth.saya sertifikasi lewat kementrian agama,.tapi kppn tidak mencairkan tp saya, padahal dana TP di satker mtsn menurut kepala sekolah banyak , bahkan lebih. TP saya oleh bendahara sekolah sudah di usulkan tapi sampai di KPPN. di tolak.ini bagaimana langkah saya selanjutnya.mohon bantuan solusinya.apa guru dpk di mtsn bapak dapat uang makan .trims

    1. Pak Abdul Yasid Yth, sayang bapak tidak menyebutkan alasan penolakan dari KPPN.. mungkin ada beberapa sebab, misalnya kesalahan dalam SK Dirjen Pendis, status masih CPNS, atau masalah teknis pengajuan SPM-nya.. silahkan anda telusuri sebab penolakan dari KPPN tersebut. Sedang Uang Makan, bagi guru DPK menurut Keputusan Menkeu terbaru (silakan download di ujung kanan blog ini) boleh dimintakan, namun oleh Bag. Perencanaan Kanwil Kemenag propinsi tidak dianjurkan. Karena penganggaran gaji dan tunjangan pegawai menggunakan program daftar gaji (Aplikasi GPP) sedang guru DPK tidak ada dalam Aplikasi tersebut (karena gajinya di Diknas). Kecuali anggaran uang makan untuk satker berlebih maka boleh saja dimintakan. Menurut beberapa teman-teman bendaharawan banyak yg tidak berani memintakan..
      Demikian pak, semoga bermanfaat ..

  14. assalamualaikum pak yunizar,alasan penolakan pencairan TP oleh KPPN karena nama saya tdk masuk di aplikasi gaji.guru dpk di tempat bapak yang sudah terima TP apa namanya masuk di aplikasi gaji.terus bagaimana supaya nama saya masuk diaplikasi gaji penerima TP,mohon penjelasan,trims

  15. Waalaikum salam, ditempat saya DPK dari Diknas TP-nya sdh cair dan namanya tidak masuk dalam Aplikasi Gaji. DPK proses penggajiannya kan ada di Diknas Setempat. Setahu saya dalam beberapa UU dan Peraturan tidak ada yg mensyaratkan pencairan TP ybs harus masuk dalam aplikasi Gaji. Aneh juga koq beda, bapak bisa download SK Menkeu tentang tata cara pencairan TP, sepertinya tidak ada yg mensyaratkan harus masuk dalam Aplikasi Gaji. Untuk masuk dalam Aplikasi Gaji sepertinya tidak bisa, karena penggajian bapak kan ada di Diknas.
    Semoga Bermanfaat

  16. assalamualaikum ,terimakasih pak yunizar yth.apakah dipa TP guru definitip dan guru dpk jadi satu? atau tertulis sendiri sendri ,yaitu dipa TP guru definitip sendiri,dipa guru dpk tertulis sendiri ,atau tertulis dipa tunjangan profesi begitu saja.mohon penjelasan ,trims pak

    1. Yang tertulis hanya TP begitu saja,.. dengan mata anggaran 511152, untuk semua pegawai baik definitif maupun DPK. namun jika sebagai guru non pns mata anggarannya jadi Bantuan Tunjangan Profesi, anggarannya tidak di satker madrasah, tp di Kankemenag kab/kota.

  17. Alhamdulillah TPG Kalteng Khususx di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Barito Selatan dah Masuk Rekening ..baik PNS/Non PNS…
    Terima Kasih Pa Yunizar, slama ini dah mmbantu secara Maoril khususx utk saya Pribadi…Met Mnjalankan Ibadah Puasa Moga Tunai Sebulan Penuh Amien

  18. Mengapa SKTP sertifikasi guru kuota 2008 dari MTS surabaya belum turun2 sementara teman2 saudara saya kuota 2008 udah turun.Apa yang harus kami lakukan karena kami sudah berusaha menanyakan ke DEPAG tapi sampai sekarang belum ada kejelasan tentang turunnya SKTP saudara saya?Saudara saya Non PNS.Mohon bantuannya.Terimakasih atas balasannya.

  19. Kualitas Pengawas Kemenag Akan Lebih Baik

    Oleh Husain, M.Pd

    Memang dilema yang sekarang dihadapi Guru mata pelajaran umum yang di angkat sebagai pengawas di lingkungan Kementerian Agama adalah mengenai dihentikannya tunjangan profesi guru yang diperolehnya karena yang dibayar hanya pengawas pendais.
    Jika kita melihat Permendiknas No.74 Tahun 2009 tentang Standar Pengawas Satuan Pendidikan Sekolah/Madrasah, di tegaskan bahwa Jenis Pengawas akan terbagi menjadi Pengawas Satuan Pendidikan, Pengawas Rumpun , dan Pengawas Konseling/BK, kemungkinan Pengawas PAI mengikuti pengawas Rumpun atau Satuan Pendidikan/Madrasah kita lihat nanti, karena Permendiknas No.74 Tahun 2009 tersebut akan diberlakukan pada Tahun 2011 nanti. Otomatis Kementerian Agama Harus menyesuaikan dengan Permendiknas tersebut. Kalau tidak lucu, kenapa? Sebab di madrasah akan terus tertinggal dalam hal kualitas pembelajaran di kelas. Karena selama ini sangat dirasakan Pengawas PAI belum bisa optimal melakukan pembinaan Guru mata Pelajaran umum, karena keterbatasan mereka dalam penguasaan kemampuan membina model pembelajaran guru umum. Contoh Guru IPA, untuk model pembelajaran yang digunakan tentu guru-guru yang berlatar belakang IPA yang tahu yang cocok digunakan dalam pembelajaran untuk kompetensi tertentu, tidk sama dengan mata pelajaran PAI. Sehingga sekarang ini Pengawas PAI dapat kita rasakan memberikan pembinaan mungkin hanya pembuatan RPP, Silabus dll. Untuk teknis betul tidaknya materi yang dberikan mereka belum mengetahuinya. Kemudian, satu hal yang sangat penting adalah, pengawas PAI yang ada masih banyak yang belum berlatar belakang Kepala Sekolah/Madrasah, sehingga apa yang mereka sarankan kepada kepala Sekolah/Madrasah sering tidak sinkron, karena mereka sendiri tidak tahu apa yang harus dikerjakan Kepala Sekolah/Madrasah karena mereka belum pernah menjadi Kepala Sekolah/Madrasah.
    Namun saya yakin, dengan adanya Permendiknas No.74 Tahun 2009 tentang Standar Pengawas tersebut Kualitas Pendidikan di Madrasah akan lebih baik lagi dimasa yang akan datang, apalagi sudah banyak Guru-guru madrasah yang sudah berlisensi Profesional dibidangnya masing-masing dan ditambah dengan pengawas satuan pendidikan, pengawas rumpun yang memang sesuai peruntukannya pendidikan di Madrasah akan jauh lebih baik lagi. Baik kita tunggu sampai 2011 nanti. Semoga

  20. Terima Kasih, Pak Husain, atas komentarnya.. Kalo tidak salah bapak sebagai kepala madrasah teladan se Kalimantan Selatan, .. sukses selalu untuk anda pak Husain, teman se almamater juga dulu waktu kuliah cuman beda jurusan.. dan Selamat lebaran juga, mohon maaf lahir dan batin

  21. tolong saya dibantu cara untuk melihat nomor registrasi pegawai,karena sampai saat ini saya belum mendapatkannya, padahal saya lulus sertifikasi tahun 2009, terima kasih

    1. maaf sekedar kasih info itu juga menurut yang saya ketahui, kalau tak salah saat pengisian no. reg guru, saya tulis yang ada pada no. SERTIFIKAT SERTIFIKASI, ternyata no reg guru ada pada SK DIRJEN disitu ada kolom no. reg. guru, ini penjelasan saya, moga bermanfaat, amin

  22. saya pak Jamaluddin, S.Ag tugas di SMPN 4 Lambuya telah lulus sertifikasi tahun 2008, dan saat ini mengalami kendala belum menerima tunjangan sertifikasi tahun 2010 berhubung terhambat belum memiliki nomor registrasi guru dari Dirjen PAI kemenenag RI, mohon informax, terima kasih

  23. saya Aris Baidowi, Sudah lulus sertifikasi degan sertifikat pendidik nomor : o60893101710 dengan peserta 08030293120001 guru profesional bidang study Quran Hadits tertanggal 28 Pebruari 2009, belum masuk daftar SK. Dirjen Pendis kemenag RI. saya ndak tahu mana yang salah apa kemenag Kabupaten, Kemenag Propinsi atau Bahkan pusat, padahal temen saya yang lain sudah masuk daftar, mohon dibantu solusinya, terima kasih atas bantuannya.

    1. Pak Aris Baidowi Yth, sepertinya bukan bapak saja yg namanya tidak termuat dalam SK Dirjen Pendis Kemenag RI. Silakan ditelusuri mulai kankemenag Kab/kota,karena proses perbaikan/revisinya mulai dari sana.. semoga semua bisa lancar,karena tahun anggaran 2010 sudah menjelang akhir,..

  24. ass saya dinas di sekolah umun SDN sudah 15 tahun dan diangkat oleh Kementrian agama atau NIP 15 sebagi guru PAI sampai saat ini saya belum pernah di panggil untuk sertifrikasi tetapi yang lebih cepat A DALAH guru Pai yang diangkat Kementrian Pendidikan NASIONAL , saya mohon dengan sangat bahwa temen-temen kita yang diANGKAT oleh kemenag dengan NIP 15 dan mengajar di sekolah umum SD,SMP,SMA, SMK mohon untuk didahulukan karena yang berwwwenang sertifikasi guru PAI sekolah umum tetapi pegawai di kementrian agama sendiri di kesampingkan, mohon dengan sangat pak ..?
    SAPRUDIN,S.Ag
    NIP : 19660105 200501 1001
    pngkat /gol ; Peneta muda TK.I /IIIB
    Tugas : SDN 1 KERATON
    Desa Keraton Kec.Suranenggala Kab.Cirebon propinsi Jawa Barat

  25. Ass.ww. saya guru PAI SDN3 Pasinggangan Banyumas Kab. Banyumas.Nama:RISANTO,S.Ag.NIP 19571109 197912 1 003 NUPTK 7441735636200003.Sudah terima tunj. profesi sejak Januari 2008.Alhamdulillahirobbil alamin.Kuota Sertifikasi Gr Agama Islam SD Tahun 2011 mohon ditambah. Kasihan dong mereka udah 30 tahun lebih.
    Wassalam.

  26. Ass. Mohon dengan sangat dan demi keadilan. saya berharap ada transparansi dalam penentuan kuota guru PAI yang akan disertifikasi. Saya sudah mengajar lebih dari 26 tahun tapi belum juga mendapat panggilan dari Kemenag Kab. Cirebon. Saya berharap sekali,untuk dapat diperhatikan masa kerja saya agar mendapat sertifikasi. Demi anak-anak saya yang sedang kuliah, jangan sampai mereka putus kuliah ditengah jalan. sekali lagi, saya mohon dengan sangat kebijakan Bapak/Ibu pemegang kebijakan.

  27. Ass. Mohon dengan sangat dan demi keadilan. saya berharap ada transparansi dalam penentuan kuota guru PAI yang akan disertifikasi. Saya sudah mengajar lebih dari 26 tahun di SDN 2 CIAWIJAPURA Kec. Susukanlebak Kab. Cierebon tapi belum juga mendapat panggilan dari Kemenag Kab. Cirebon. Saya berharap sekali,untuk dapat diperhatikan masa kerja saya agar mendapat sertifikasi. Demi anak-anak saya yang sedang kuliah, jangan sampai mereka putus kuliah ditengah jalan. sekali lagi, saya mohon dengan sangat kebijakan Bapak/Ibu pemegang kebijakan.

  28. Ass.wwb.
    Mnindak lanjuti tulisan saya terdahulu tentang SK DIRJEN utk TPG sekarang alhamdulillah terjawab sudah..ternyata SK.untuk pembayaran TPG di kemenag kabupaten/Kota di SK kan oleh Kakanwil Kemenag, baik PNS atau NON PNS….khusus utk non PNS mgkin yang dimaksud adalah SK Inpassaing dari Kemendiknas’ tapi smpai sekarang hanya sebagian kecil sekali yang sudah tereliasi…termasuk ana sudah mengusulkan inpassing tahun 2009..tapi smpai skarang lum ada kabar beritanya…Nunggu dgn sbar smbil cari info:D

  29. Ass.wwb…
    Saya ingin berbagi pengalaman tentang Sertifikasi khususnya meluruskan pertanyaan teman2 tentang istilah ; Panggilan Sertifikasi; menurut pengalaman saya proses awal sertifikasi bukan pemanggilan, tapi lebih pada Pemberitahuan ke masing2 Unit Satuan Pendidikan tentang Pendataan Sertifikasi tahun yang bersangkutan melalui Kepala Sekolahnya dan Guru yang ingin ikut sertifikasi mengisi Formulir yang sudah disediakan dgn format baku. Nah setelah dikirim secara kolektiif oleh Pihak Kabupaten..qta tinggal membuka di internet apakah nama kita sudah masuk daftar atau blum..,pengalaman saya thun 2007 kbih duluan tau di Internet bbrapa bulan baru ada surat resmi dari PTN…
    Moga pengalaman ini ada mnfaatnya utk saudara2ku yg se profesi…amien***

  30. pak kami lulus angsung sertifikasi tahun 2008 pada kemen.Agama, kab. Jombang-Jatimn kebetulan pada pencairan I kami ketinggalan invormasi sehingga kami tidak ikut pemberkasan dan tidak bisa cair. Terus bagaimana nasib kami sampai sekang kok belum turun no Reg. kata pihak Mapenda Jombang sudah diurusi ke kanwil-ke pusat kok gak ada responya? Kami ada 12 orang yang sampai saat ini belum turun no Reg.tolong segera diperhatikan nasib kami ini.Trim.

  31. saya Guru Agama Islam SMK PGRI Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah status non PNS sudah mengajukan inpasing sejak oktober 2009 sampai sekarang tidak ada beritanya, sedang teman-teman Guru yang di Kementrian Pendidikan usul oktober 2010 sudah pada terdaptar di pusat. Lalu yang diKementerian Agama ini gimana ? mohon penjelasan dan solusinya.

  32. Asslmkm Kepada Bapak yang terkait dalam Sertifikasi, mohon informasinya Pa tentang Pengawas yg belum kebawa sertifikasdi 2010, gimana ? utk Kab. Subang Pengawas PAI yg belum tinggal saya sendiri, saya resah gimana Pak bakal tersertifikasi saya atau gimana? mohon infonya Pak!

  33. Ibu Erlis Yth, ada beberapa kemungkinan ibu DKK ‘belum’ dpt TPG :
    1. SK Dirjen Pendis belum ada
    2. NRG belum ada, dibeberapa tempat ditolak oleh KPPN jika memakai NRG yg dibuat oleh Kemenag, ada juga KPPN yg mau mencairkan tanpa NRG dan NRG yg dikeluarkanoleh Kemenag
    3. Anggaran-nya tidak cukup, dibeberapa tempat alokasi anggaran TPG mencukupi.
    4. Beberapa hal lain yg merupakan syarat2 utama mendapatkan TPG tidak terpenuhi, misal beban kerja dll
    5. Dan hal-hal lain yang tidak kita ketahui sebab dan musababnya ..

  34. menindak lanjuti jawaban Bapak Yunizar. gini pak, Satker tempat saya memicu PP…..saya lupa no dan Thnnya. yang isinya”Nrg yang keluar thn 2010 pencairannya thn 2011″ tetapi di sekolah lain tidak memicu PP tsb.
    setelah saya menghadap KepSek, kami akan diberi hanya Januari 2011, itupun masih akan diusulkan,berarti saya kehilangan hak tunjangan profesi yang thn 2010.bagimanakah langkah saya ini. apakah bisa saya melangkah sendiri(saya dkk).dan TnjProfsi kami yang 2010 apa hangus, tpi setahu saya di diknas tidak hangus, bagaimana di depag, saya sebagai guru dpk merasa dirugikan. apa yang harus kami tempuh, dan bagaimana jalurnya, mohon petunjuknya ,Pak . terimakasih.kami menunggu balasan Bapak.

  35. Anggaran TPG ada di madrasah masing-masing, dengan sifat anggaran tertutup, artinya jika anggarannya habis maka sisanya tak akan bisa dibayarkan lagi. Apakah akan hangus, tidak juga ! Dengan syarat pihak madrasah punya keinginan untuk memintakan kekurangan anggaran tahun 2010 dalam bentuk revisi DIPA di tahun 2011. Artinya, ibu bisa nggak dapat di tahun 2010 namun di rapel di tahun 2011.
    Saya bisa menebak kegalauan pihak madrasah anda.. karena jika menanggung pembayaran TPG anda dan teman-teman yg belum dibayarkan di tahun 2010, pasti anggaran TPG ditahun 2011, tak akan cukup. Revisi DIPA dan penambahan anggaran TPG tahun 2011 adalah salah satu caranya, tak ada revisi DIPA tahun 2011, maka bakal dipastikan anda dan kawan2 tak akan dapat TPG lagi..
    Cara lain, ada yg lebih ekstrim.. ibu dkk bisa buat pernyataan, jika pembayaran TPG dianggap bermasalah maka siap untuk mengembalikan.. sambil menunggu NRG keluar, maka anda dkk, sdh berhak..
    Tunggu saja, nanti saya buat postingan khusus tentang hal ini, dan maaf saya tidak bisa cepat membalas komentar anda, karena sedang liburan.. sukses selalu untuk anda

  36. Asslmkm Yth Bapak Yunizar ! Hampir mayoritas membicarakan pencairan sertifikasi, sementara saya boro, portopoliopun belum gimana ta Pak? Nama saya Rukmana Dinata, guru yg diangkat jadi pengawas PAI Kementerian Agama Kab. Subang SK April th. 2009, masuk ke kuota sertifikasi gak Pa? ada informasi sampai 2013 tidak ada sertifikasi lagi utk pengawas dan masa kerja sampai 2013 hrs 5 th utk saya mungkin baru 4 tahun, gimana? terus anehnya teman saya yg satu angkatan di Pengawas hampir 90% sudah disertifikasi dan ikut Diklat di Jatinangor Sumedang, utk saya gimana Pak ? saya sungguh sangat resah dan mungkin bisa stress sebab di Kab Subang Pengawas PAI yg belum cuma saya sendirian, saya hrs gimana di guru gak kebawa di Pengawas simpang siur beritanya, tolooooong saya Pa? kl melihat masa kerja dr sejak honor jd guru sampai diangkat sy udah 20 tahunan mengabdi masa saya gak kebagian sertifikasi Pak gimana?

  37. saya guru DPK di salah satu madrasah. semua teman-teman yang dari Depag mendapat uang lauk pauk, kami yang DPK tidak diperhitungkan,padahal sertivikasi kami ikut madrasah, apakah memang peraturannya begitu? tank’s.

  38. Sebenarnya tdk ada uang lauk pauk.. yg ada uang makan, uang itu dibayarkan sebagai pengganti uang makan siang ibu dengan harapan nggak pulang ke rumah untuk makan .. hehehehe..
    Ditempat kami, juga menimbulkan kontravensi, ada yg bilang boleh ada jg yg bilang tidak boleh. Kalo ditempat saya, dibolehkan dengan syarat, ybs membuat surat keterangan tidak mendapat uang makan (sejenis) dari Diknas dan surat pernyataan jika pembayaran uang makan dianggap tidak benar, maka siap untuk mengembalikan ke kas negara. di PP (berapa nomor pp nya saya lupa, silahkan dilihat disisi kanan blog ini) disebutkan bahwa uang makan untuk pegawai lain yang dipekerjakan dibayarkanoleh satuankerja tempat dia bekerja.
    Silakan ibu diskusikan dgn pihak pimpinan madrasah, karena uang makan sejenis dgn TPG, anggarannya termasuk jenis anggaran tertutup. Penganggarannya termasuk dalam perhitungan gaji yg terdapat dalam aplikasi gaji PNS pusat. Otomatis ibu Erlis tak akan terhitung, karena ibu bukan PNS pusat. akibatnya jika ibu mendapatkan uang makan, maka akan mengurangi anggaran PNS pusat/guru dimadrasah tempat ibu mengajar. Namun jika anggaran uang makan dimadrasah ibu berlebih, sebenarnya bisa-bisa saja untuk pembayaran buat ibu.
    Demikian ibu, dilematisnya pembayaran uang makan guru DPK di madrasah.

  39. Mohon perhatian dan perjuanggannya dari para pejabat berwenang Kemenag Jawa tengah untuk pencairan guru bersetifikat yang belum cair dan belum menerima tunjangan sertifikasi guru jumlahnya 52 orang lebih untuk Kab Banyumas. padahal telah lulus tahun 2009 matur nuwun atas perhatiannya.

  40. ALHAMDULILLAH SEKARANG DIKEMENAG TIDAK ADA MASALAH ANDAIKAN GURU/KEPALA YANG TELAH DISERTIFIKASI DALAM MATA PELAJARAN NON PAI MENJADI PENGAWAS DAN TIDAK HILANG TUNJANGAN SERTIFIKASI GURUNYA.

    TERIMA KASIH KEMENAG

  41. tolong dong nama guru yang belum disertifikasi untuk MTs negeri losari kab.Cirebon segera di umumkan sebab kami sudah menunggu. soalnya kami merasa dengan adanya sertifikasi kinerja kami pasti akan lebih baik.

  42. tolong sampaikan ke kanwil depag jawa tengah, di kabupaten brebes masih bnyk guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi. Teman2 sudah dapat sedangkan saya belum. trims

  43. depag surabaya itu aneh dan ruwet. kota lain aja sudah cair,surabaya ndak jelas . Mapenda sendiri kl ditanya ndak tuhu. Tanya kemana ya.

  44. bagaimana cara yang pling cepet untuk mengurus NUPTK nya pak! kita udah mencoba daftar untuk mendapatkan kartu NUPTK itu, tapi sampai sekarang blm ada kartunya. maksaih

  45. Assalamualaikum Pak.
    PAk kok TPP negri dan swasta kok beda ya pak?Pak Yuniar yang kami bangakan,saya terus terang pak disini perlu informasi tetntang sertifikasi saya.saya adalah peserta sertifikasi Depag Surabaya Kuota 2008 n lulus tanggal 6 januari 2009. tapi sampai sekarang kok belum ada kejelasannya katanya Depag ketika ditanya NRG” NRG” NRG terus ? masak ngurus NRG aja 2 tahun pak ? sulit banget y pak mendapatkan NRG itu ? samapi Uang yang ada di Bank g tau rimbanya.terima kasih pak Atas penjelasnnya pak. Wassalamu’alikum Wr.Wb

  46. Waalaikum salam, wr.wb. Wah, agak susah saya menjawabnya. Seharusnya memang tak ada perbedaan. Pembayaran TPG guru PNS yang ngajar swasta dan NON PNS di kelola oleh KanKemenag Kab/kota setempat. Sebenarnya tinggal keseriusan seperti yang dilakukan oleh madrasah negeri. Ketepatan anggaran, revisi yg cepat, dsb. Insya Allah, sepertinya tetap dibayarkan namun entah kapan. Kami di madrasah negeri dikelola betul-betul karena kepala madrasah juga dapat, sementara di KanKemenag Kab/kota kan tahu sendiri :)
    Mengenai NRG guru madrasah, setahu saya .. hanya pernah sekali terbit, selanjutnya saya tidak pernah mendapat ceritanya lagi. Entah, apakah yang belum punya NRG dibuatkan langsung oleh Kemdiknas atau dibuat sementara lagi oleh Kemenag. Insya Allah kalau ada kabar berita nya, saya share di sini ..
    wassalam

  47. isteri saya ngajar di SD Sugihwaras II Kab Tuban Jawa Timur,mengajar jadi guru pendidikan agama islam sudah 25 tahun dan S1 PAI Univeritas Darul Ulum jombang lulus tahun 2009 sejak tahun 2009 telah ikut sertifikasi tapi kok waktu keluar data nama isteri saya enggak pernah ada pada, padahl guru guru PAI yang baru ngajar 1 s/d 2 tahun lulus sertifikasi entah apa kendala enggak pernah ada jawaban Dari Kanwil Depag Kab Tuban Jawa Timur

  48. tolong penjelasan tentang guru sertifikasi dalam jabatan Guru Agama Islam yg mengajar di sekolah umum yg bukan kuluaran depag. jika dia lulus guru PAI umum sertifikasi apakah masih bisa menerima di kemenag apabila dia beralih tugas menjadi pengawas diknas

    1. Ada jg pertanyaan yg serupa, prinsip nya siapa yg melaksanakan sertifikasi maka dia yg membayar TPG nya, menurut berita yg saya dengar entah kapan mulainya, guru agama di sekolah umum (diknas) pembayarannya akan melalui diknas jg, dan mungkin pengawas juga. Sayangnya, guru agama di diknas koq adem-adem aja, seharusnya lbh pro aktif .. Sy sedih jg mendengarnya, di daerah kami ada yg belum di bayar sama sekali tpg nya .. Terima kasih sddh berkunjung dan maaf sy tak banyak membantu

  49. Assalamu’alaikum ikut curhat… boleh khan? semoga tidak alamat dan mendapat solusi dengan permasalahan yang sedang kami hadapi. Amiin…
    Sebenernya ini masalah yang sedang dihadapi oleh suami saya, Kebetulan saya sedang di depan internet dan membuka situs ini, kok terdorong untuk menulis, sapa tahu ada titik terang dari masalah setifikasi suami saya ini. Amiin…
    Begini, suami saya adalah guru agama Islam yang bekerja di Yayasan Pupuk Kaltim Bontang sejak tahu 1988 hingga sekarang (lulusan STAIN Samarinda, usianya 49 tahun).
    Sejak adanya sertifikasi , suami saya tak terpanggil untuk ikut peserta sertifikasi (sementara teman sejawat yang termasuk yunior bahkan jauh tahun bekerjanya) sudah terpanggil. Setelah ditanyakan ke depag Bontang, katanya berkas data suami saya ga ada entah terselip dimana dan diminta untuk mengumpulkan kembali berkas tersebut. Tahun berikutnya tak terpanggil juga, katanya yang menentukan depag pusat, tahun berikutnya kanyanya yang diutamakan guru yang berusia 50 tahun ke atas, dengan sabar kami menanti, eh tahun ini tidak ada ketentuan diatas 50 tahun tapi tak terpanggil juga. Kembali alasannya adalah yang menentukan depak pusat. Ya Allah ada apa ini? Yang lebih mencengangkan kami katanya nama suami saya itu ga ada di database (entah database yang mana yang dimaksud “kami kurang faham”). La kalau di database ga terdata, maka sampai kapanpun suami saya tak akan pernah terpanggil khan??? Astaghfirullah… gimana ini? Kami harus mencari tahu kemana lagi? Yang bisa kami lakukan di pelosok ini, sementara ini buka-buka internet seperti ini… siapa tahu ada solusi kami harus bagaimana selain bersabar dan bersabar….. Mohon infonya dan terima kasih atas waktunya.

    1. Bu Rani yth, prosedur penentuan guru yg disertifikasi saya kurang mengetahui secara pasti. Jika dgn alasan data berkas terselib, sungguh alasan yg menyedihkan. Maaf bu ya, mungkin sebaiknya ibu ketika berurusan ‘menyelipkan amplop’ sekedarnya supaya urusan ‘beres’. Saran saya berikutnya, baiknya ibu ke kanwil kemenag dgn mendatangi Mapenda, jelaskan secara rinci yang dihadapi suami ibu. Sejak tahun 2009 sdh ada kebijakan utk guru yg berumur lebih 50 tahun.
      Tapi jangan heran di tempat saya saja ada koq guru pensiun yg nggak dpt TPG, sejak tahun 2008 tak dipanggil sertifikasi hingga tahun ini beliau pensiun. Itu guru PNS lho bu ..
      Agak susah disebagian org utk menjabarkan niat baik dari pemerintah .. Demikian bu, maaf saya tdk banyak membantu .. Semoga dimudahkan segala urusannya .. آمِّينَ
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  50. assalamualakum, boleh nanya khan…, begini saya guru PAI pada SD, di Batola Kalsel, sebenarnya sertifikasi guru PAI SD yang akan datang mendaftarnya dimana, di Kemenag atau Kemendiknas saya jadi bingung, enak nya sih untuk guru PAI sekolah umum dikhususkan pada lembaga khusus/satu lembaga saja, biar lebih nyaman,

    1. Waduh, saya kurang tahu .. dengar2 dari bagian perencanaan,.. guru Agama di Diknas atau guru diknas yang ngajar di madrasah akan dikembalikan ke diknas pencairannya, kita tunggu anggaran 2012 nanti. Jika pencairannya ada diknas,maka proses sertifikasinya juga diknas yang melaksanakan.. Entah bagaimana yang sebenarnya,kita hanya bisa menunggu ..

  51. untuk tunjangan sertifikasi tahun 2010 sampai saat ini banyak yang belum menerima . menurut aturan terbaru karena belum memiliki NRG, yang dipertanyakan di sini ,bagaimana untuk memperoleh NRG secepatnya .

  52. saya guru sertifikasi di madrasah swasta tetapi saya juga mengajar madrasah negeri apakah tunjangan saya bisa di bayarkan lewat DIPA Madrasah negeri tersebut. tolong penjelasannya, terimakasih

  53. bagaimana perasaan dan nasib guru PAIS yang telah lulus sertifikasi APRIL 2009 yang telah menjadi korban dalam sengketa NRG Kemenag dan Kemendiknas, sehingga terkatung-katung dalam mencari informasi untuk mendapatkan pencairan tunjangan profesi untuk memenuhi nafkah keluarga.

    Owalaaah…. nasiib,,, nasib,,, rakyat kecil menjadi korban sengketa, padahal saya pernah mendapatkan NRG dari Kemenag dan telah mencairkan 7 bulan. akan tetapi dikemudian hari, dipermasalahkan sehingga harus punya NRG Kemendiknas. Namun sampai sekarang belum mendapatkan NRG Kemendiknas, padahl sudah memenuhi persyaratan

    PadahaL teman-teman yang belum punya NRG Kemendiknas saja sudah cair…..!!!!!!!!!!! 5 bulan anggaran 2010….!!!!!!! Kemana anggaran yang relah ada? kok tidak segera dicairkan??

  54. bagaimana perasaan dan nasib guru PAIS yang telah lulus sertifikasi APRIL 2009 yang telah menjadi korban dalam sengketa NRG Kemenag dan Kemendiknas, sehingga terkatung-katung dalam mencari informasi untuk mendapatkan pencairan tunjangan profesi untuk memenuhi nafkah keluarga.

    Owalaaah…. nasiib,,, nasib,,, rakyat kecil menjadi korban sengketa, padahal saya pernah mendapatkan NRG dari Kemenag dan telah mencairkan 7 bulan. akan tetapi dikemudian hari, dipermasalahkan sehingga harus punya NRG Kemendiknas. Namun sampai sekarang belum mendapatkan NRG Kemendiknas, padahl sudah memenuhi persyaratan

    PadahaL teman-teman yang belum punya NRG Kemendiknas saja sudah cair…..!!!!!!!!!!! 5 bulan anggaran 2010….!!!!!!! Kemana anggaran yang relah ada? kok tidak segera dicairkan??

  55. Tunjangan sertifikasi bagi guru non PNS & PNS Madrasah swasta anggarannya ada di satker Kemenag Kabupaten / Kota.

    Sementara untuk kekurangan pembayaran tunjangan, Kami pengelola di Kemenag Kabupaten sudah seringkali mengusulkan anggaran yg dibutuhkan + proyeksi anggaran (mengacu pada jumlah guru yg sedang dalam proses. Tetapi terdapat perbedaan pengelolaan di bagian mapenda dan Perencanaan Kanwil, jika kami mengusulkan bersama dgn proyeksi kebutuhan, smentara di Perencanaan kanwil itu tdk diterima, krn blm ada SK dirjennya. Padahal sudah pasti akan trima SK< tinggal menunggu sj. Jika sperti ini terus, maka masalahnya tdk akan pernah selesai, krn trdapat perbedaan persepsi.

    Sementara untuk pembayaran tunjangan sertifikasi di satker madrasah, cenderung lebih mudah prosesnya dan tidak rumit seperti yang terjadi di Kemenag Kab/Kota. Namun untuk penghitungan pembayaran, memang dihitung berdasarkan gaji tahun sebelum nya. Misalnya pembayaran 2010, maka yang dihitung kenaikan gaji 2009, krn saat pengajuan anggaran 2010 yg di ajukan adalah gaji 2009 yg sudah ada. Sementara apabila 2010 terdapat kenaikan gaji, maka itu untuk menjadi acuan penghitungan pembayaran 2011.

    Kesulitan pembayaran / kekurangan sering di alami oleh pihak Kemenag Kota/Kabupaten. Padahal kan mudah sj, di beri anggaran lebih sekalipun, tetap akan di cairkan seperlunya, sesuai dengan yg berhak mendapatkan, dan sisa anggarannya akan kembali ke negara. Daripada kurang terus sperti ini, kami yg sebagai leading sector slalu menerima tekanan dari guru N pengawas.

  56. assalaamualaikum wr wb
    pak yunizar yth.

    luar biasa blog ini sungguh bermanfaat dan ramai.
    saya ingin berbagi masalah dan semoga anda berkenan menanggapi. saya lulus sertifikasi 1 oktober 2011 lewat MTs Darul Ishlah dibawah naunagn kemenag kendal. saya juga mengajar di smp islam al-fath dibawah naunagn diknas. sementara NUPTK saya dapatkan lewat smp. menurut bapak, apakah nantinya saya tidak bermasalah dalam pencairan TPG saya karena NUPTK saya bukan dari MTs? sampai sekarang saya dan kawan-kawan belum mendapat TPG karena kata mapenda menunggu NRG terbit.

    Mohon penjelasannya pak.
    Terimakasih

    Wassalaam wr wb

  57. Sy guru agama sd pengangktn dinas pk ,pengangktn pertama izajah D2 pai.sekarang sy sudah S1 PPKN,bisakah saya penyesuain izajah S1 PPKN ini.dan kemana saya nanti sertifikasi? Mohon bantuan pak.trims

    1. Penyesuaian ijazah urusan nya ada di Diknas kab/kota, sedang sertifikasinya ada di Kemenag .. Namun ada selentingan kabar, bahwa kemenag tdk lg ngurus sertifikasi guru agama diknas, entah kapan dimulainya .. Demikian bu, semoga bermanfaat

  58. Ass… saya guru GTT yang telah lulus sertifikasi tahun 2007 dan saya sudah mendapatkan tunjangan profesi dari 2008 – 2010… nah sekarang yang tahun 2011 tidak turun tunjangannya dikarenakan katanya melanggar aturan PP 74 tahun 2008 pasal 63 ayat 5…
    yang saya mau tanyakan apakah PP tersebut berlaku surut apa tidak? mohon penjelasannya terima kasih…

  59. Saya lulus sertifikasi juli 2010. di lingkungan Kemenag Aceh Besar. NRG sudah keluar tapi kok dananya gak pernah cair-cair. saya juga sudah 2 kali mengumpulkan berkas pencairan. terakhir kali saya dengar mah tahun dana yg 2011 gaka akan cair. gimana ni kemenag ? siapa yang ada informasi tolong kabari ya. Terimakasih banyak atas infonya.

  60. peraturan pemerintah mengatakan yang di sertifikasi itu harus dari S1/D4 tapi kenapa ko yang usia sudah lanjut tapi belum S1/D4 bisa di sertifikasi…
    apakah itu suatu pelanggaran…
    heran ko aturan tetap aturan tapi masih aja dilabrak…

  61. Ass. Pak Yunizar….minta kisi-kisi dan contoh soal tes kemampuan akademiki untuk sertifikasi 2012 donk..trimakasih sebelumnya…wassalam

  62. Ass, Bang…mau nanya tentang SK/PP yang menjelaskan bahwa Guru dilingkungan Kementerian Agama untuk pencairan sertifikasi hrs memiliki NUPTK dan NRG. Tx a lot Bang….

    1. Ada mas di bagian bawah blog ini widget ‘Berbagi File’ dgn Box.net dgn judul file NRG Kemenag. Berisi surat edaran dari Dirjen Pendis ttg permasalahan NUPTK dan NRG. Syarat buat NRG harus punya NUPTK dan SK Penetapan guru penerima TPG. Edaran sdh lama di pasang di situs resmi kemenag.go.id .. Semoga bermanfaat ..

  63. Assalamu,alaikum wr.wb
    Hamdan syakirin hamdan na’imin…selamat jumpa kmbli bang Yunizar saya pernah menanyakan ttg sertifikasi dan Inpassing Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil ..kalau tidak salah pada tahun 2010 yang lalu..Alhamdulillah semuanya telah terjawab karena bulan ini saya menerima SK Inpassing dari Menteri Agama TMT 30 Januari 2011 (sembilan Bulan sdh Berjalan) yang saya tanyakan apakah JUUKNIS tentang pembayaran SK sesuai Inpassing tersebut sudah terbit..mohon jika ada teman yg tau Share dgn saya ..Saaama Ukhuwah.

  64. Assalamu,alaikum wr.wb
    Hamdan syakirin hamdan na’imin…selamat jumpa kmbli bang Yunizar saya pernah menanyakan ttg sertifikasi dan Inpassing Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil ..kalau tidak salah pada tahun 2010 yang lalu..Alhamdulillah semuanya telah terjawab karena bulan ini saya menerima SK Inpassing dari Menteri Agama TMT 30 Januari 2011 (sembilan Bulan sdh Berjalan) yang saya tanyakan apakah JUKNIS tentang pembayaran SK sesuai Inpassing tersebut sudah terbit..mohon jika ada teman yg tau Share dgn saya ..Salam Ukhuwah.

  65. Assalamu’alaikum W.W.
    Yth, pak Yunizar, saya adalah seorang kepala MTsN di Kab. Abdya ingin sekali berbagi pengalaman sehubungan penafsiran PMK No. 164 tahun 2010 yaitu pada BAB VI Pasal 9 yaitu Pelaksanaan Pembayaran TPG yang bunyinya sbb:
    (1) Tunjangan Profesi Guru diberikan terhitung mulai bulan Januari tahun berikutnya setelah yang bersangkutan mendapat NRG dari Kementerian Pendidikan Nasional.
    (2) NGR yang dimaksud pada ayat (1) diperoleh setelah ybs mendapat sertifikat pendidik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
    (3) Tunjangan Profesi Dosen diberikan terhitung mulai bulan januari tahun berikutnya setelah ybs mendapat sertifikat pendidik yang telah diberi Nomor Registrasi Dosen dari Kemendiknas. (ayat 4 dan 5 tdk sdh jelas).
    yang jadi permaslahan bagi saya sekarang adalah ayat (1) dan (3) pada PMK tsb.

    Menurut penafsiran saya dan sudah saya konsultasikan dengan kemenag kab.pada ayat (1) TPG bagi guru ybs bila SK NRG kemdiknasnya tahun 2011 dibayar tahun 2012 tanpa rapel sekalipun lulus Sergur-nya tahun 2010, dan bila NRG Kemdiknasnya tahun 2012 dibayarkan TPG-nya tahun 2013 sekalipun lulusnyanya tahun sebelumnya.atau dengan kata lain TPG diberikan terhitung mulali tahun depannya berdasarkan tahun NGR.
    sedangkan Ayat (3) Tunjangan profesi Dosen (TPD) yang Nomor registrasi Dosen (NRD) Kemdiknas tahun 2011 lulus sertifikasi 2010 dibayar tahun 2011 atau NRD Kemdikanasnya 2012 sertifikatnya 2011 dibayar thn 2012 atau NRD Kemdikanas 2012 Sertifikatnya 2012 dibayar thn 2012 atau dengan kata lain TPD diberikan tahun depannya berdasarkan tahun sertifikat lulus.

    Saya mohon dengan hormat pak Yunizar mungkin bapak dapat membantu saya sehubungan karena ada guru saya yang NRG kemdikasnya tahun 2012 tetap harus dibayar terhitung tahun 2012. sedangkan saya tidak berani memenuhi keinginannya takut dianggap salah menggunakan jabatan. demikian harapan saya dan sebelumnya terimakasih atas bantuannya.

    1. Pak Zamiruddin yth, terima kasih sdh berkunjung ke blog saya. Yang mungkin bisa saya sarankan adalah sbb :
      1. Kewenangan pembayaran TPG ada di tangan KPA sepenuhnya.
      2. Jika Bapak ingin membayarkan juga TPG nya, buat aja surat pernyataan bermaterai cukup, dengan isi bahwa guru ybs siap akan mengembalikan jika dianggap tidak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
      3. Mengenai PMK itu sudah benar, karena dibuat berdasarkan peraturan yang ada sebelumnya. Sayangnya, sertifikat dan NRG tak pernah terbit bareng. Guru dapat TPG setahun setelah dapat NRG ada dalam banyak peraturan (saya lupa UU nya).
      4. Esensi sebenarnya NRG itu untuk membedakan apa ? terus apa bedanya dengan NUPTK, NIP, Nomor Karpeg ? (yg ini saya ngelantur, hehehehe)
      Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu

      1. Pak Yunizar yth, terimakasih telah menanggapi keluhan saya.
        Awalnya saya juga ingin melakukan seperti yang bapak sarankan yaitu membuat surat pernyataan yang bermaterai Rp. 6.000,- kemudian saya berpikir kembali biasanya sifat orang pada saat ia menguntungkan dia akan menyanjung kita walaupun yang kita lakukan itu salah tapi saat kita terjepit atau kebijakan kita itu dijadikan sebagai sebuah temuan mereka pasti mengelak dan mengatakan semuanya itu kan kebijakan KPA.

        Pak Yunizar, kali ini saya minta bantu lagi sama Bapak masih sehubungan dengan sertifikasi. saya mendapat informasi ada surat edaran Ditjen Pendis tahun 2012 nomornya tidak tahu tentang tata cara pembayaran sertifikasi guru dan surat edaran itu sampai sekarang belum saya dapatkan. Kemarin sudah saya datangi bag. sertifikasi mapenda kamwil prov. ia bilang memang ada surat edaran itu tapi arsipnya sudah dicoba cari tidak ada lagi. saya coba kejar lagi untuk mendapatkannya dengan meminta melalui emil ke Ditjen Pendis Pusat tapi sampai sekarang belum ada jawabannya. untuk itu saya mohon sama Bapak bisa dibantu saya dikirim surat edaran tersebut.
        Demikian dan terimakasih atas bantuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s