M.Nuh : Penghapusan PMPTK Percepat Sertifikasi Guru -Akhirnya Terjawab Juga-

Beberapa bulan yang lalu, saya membuat postingan di blog ini, membahas tentang Dirjen PMPTK sebagai biang keterlambatan sertifikasi guru,lalu  iseng saya tempel di dinding Facebook tentang sertifikasi guru dan saya menanyakan tentang keterlambatan proses sertifikasi guru.Walau sebenarnya saya tak ada hubungan sama sekali dengan Dirjen PMPTK atau Depdiknas dalam hal ini. Ternyata yang ada saya dicaci maki oleh yang punya akun FB itu,dibilang tak sopan lah,sok tahu lah,kuper lah dan sebagainya.

Ternyata pada hari Senin lalu, pernyataa Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, seperti yang dikutip oleh  http://www.mediaindonesia.com Senin 17Mei 2010, menyatakan penghapusan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), dengan sendirinya akan mempercepat sertifikasi dan peningkatan kualifikasi guru. Maka logikanya, selama ini melalui Dirjen PMPTK proses sertifikasi guru terasa lamban. Lebih lanjut, Mendiknas menjelaskan, sertifikasi guru sebagai peningkatan kualifikasi guru semestinya selesai pada 2014. Hingga 2010 ini targetnya dari 2,6 juta guru baru 1,3 juta yang sudah tersertifikasi, akan tetapi yang baru selesai baru 800.000 guru. “Akibatnya, setiap tahun kita mempunyai utang. Jika kita biarkan dengan struktur yang lama otomatis akan tambah utang lagi dan target 2014 jika hanya dengan satu Dirjen (PMPTK) tidak akan tercapai,” katanya di sela-sela kunjungan pada kegiatan Lomba Kompetisi Siswa SMK XVIII di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta, Minggu (16/4).

Ketika dimintai pendapatnya mengenai ancaman para guru yang akan mogok mengajar dan berdemo di Istana Negara, Mohammad Nuh mengatakan sebaiknya para guru mempelajari secara komprehensif reformasi birokrasi yang dicanangkan Kemendiknas tersebut. Ia mengatakan penghapusan PMPTK adalah untuk mempercepat dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dalam hal kelembagaan, sertifikasi dan akreditasi guru. “Apakah mogok mengajar itu sesuatu yang mulia dan dapat menyelesaikan persoalan. Jangan terlalu impulsif. Coba pelajari dulu bagaimana duduk perkaranya,” ujarnya.

Sebenarnya jika melihat secara sungguh-sungguh, Dirjen PMPTK kelihatannya overload alias kebanyakan kerjaan utuk mengurusi sertifikasi guru TK sampai SMA/SMK.Jika nanti misalnya SD dan SMP diurus oleh Dikdasmen,  SMK oleh  Dikmenjur justru  pekerjaan akan terbagi-bagi. Mudah-mudahan akan cepat proses sertifikasinya.Bagi saya mau cepat atau lambat prosesnya di Dijen PMPTK tidak ada pengaruh bagi saya, saya hanya agak gerah melihat perlakuan penguasa di negeri ini terhadap guru sejak saya jadi guru honor, guru kontrak,guru bantu hingga sekarang jadi guru PNS. Kita tunggu bagaimana reformasi birokrasi yang digadang-gadang oleh pak menteri.

Sumber Berita : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/17/143212/88/14/Penghapusan-Dirjen-PMPTK-Percepat-Sertifikasi-Guru

Social Bookmarks
Yunizar in  MyyearbookYunizar in My  SpaceYunizar in  TwitterYunizar in  LinkedinYunizar in VoxYunizar in  multiplyYunizar in Hi5Yunizar in FBYunizar in Yahoo  MemeYunizar in  TumblrYunizar in  TwitterYunizar in  LinkedinYunizar in  LinkedinYunizar in  LinkedinYunizar in  LinkedinYunizar in  TwitterYunizar in  Twitter

About these ads

One thought on “M.Nuh : Penghapusan PMPTK Percepat Sertifikasi Guru -Akhirnya Terjawab Juga-

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s