Cara Penghitungan Gaji Ke 13 Tahun 2010

Insya Allah bulan depan (seperti tahun-tahun yang lewat) para PNS mendapat gaji ke-13. Program Gaji ke-13 salah satunya digunakan untuk membantu para orang tua yang mempunyai anak untuk biaya masuk sekolah dan tentunya peningkatan kesejahteraan bagi PNS itu sendiri. Bagi para pembuat daftar gaji seperti saya, yang ditunggu pertama kali adalah surat edaran dari Dirjen Perbendaharaan tentang cara pembayaran dan waktu permintaan Gaji Ke-13, setelah surat edaran ini keluar baru semua satker boleh mengajukan permintaan pembayaran Gaji Ke-13. Setelah diajukan permintaan pembayarannya dengan Aplikasi SPM dan daftar gajinya dengan aplikasi GPP 2010, maka perlu waktu sekitar 2 hari kerja untuk masuk ke rekening bendahara dan rekening masing-masing pegawai.

Namun harus diingat lho.. pembayaran yang beginian tergantung kecepatan bendaharawan dan pembuat daftar gajinya, jika mereka berdua itu telat atau lambat mengajukan permintaan maka lambat juga sampai ke rekening/ ke tangan pegawai. Termasuk juga permintaan pembayaran untuk kekurangan gaji (rapel) dan gaji susulan.

Berdasarkan perhitungan gajike-13 tahun lalu, yang menjadi patokan penghitungan gaji ke-13 adalah gaji pokok bulan Juni. Berarti seberapa yang kita dapat pada bulan juni,maka sebesar itu pula yang kita dapat. Jika misalkan anda naik pangkat, sedangkan SK nya belum datang dan SK pangkat itu terhitung sebelum Juni   atau bulan Juni maka anda bisa dimintakan kekurangan gaji ke-13 dengan daftar tersendiri setelah mendapat SK nya.

Gaji ke-13 hanya memuat :

  1. Gaji pokok
  2. Tunjangan istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok
  3. Tunjangan anak sebesar 2% dari Gaji pokok per anak
  4. Tunjangan fungsional/struktural/umum (tergantung jenis tunjangan)
  5. Tunjangan pajak PPh

Jenis potongan :

  1. Pajak PPh

Untuk potongan pajak jadinya kosong,artinya pajak PPh itu dibayar oleh pemerintah jadi potongan pajak jadi kosong atau Rp. 0,-

Yang tidak ada dalam perhitungan Gajike-13 adalah :

  1. Uang Beras
  2. Potongan Iuran wajib pegawai (10%)
  3. tabungan perumahan/sewa rumah dll
  4. uang makan

Demikian semoga bermanfaat,dan silahkan bersabar menunggu nya .. :) Dan yang penting gaji-13 bebas potongan hutang-hutang seperti Bank, Koperasi dan potongan-potongan lainnya hehehehehehe…

UPDATE TERBARU :

Juknis Pembayaran Gaji Ke-13 Tahun 2010 telah terbit, lihat postingan terbaru di blog ini, atau klik DISINI

Postingan Terkait :

http://rumahnajwa.wordpress.com/2010/05/16/juni-laporan-simak-bmn-sakpa-gaji-ke-13-tahun-2010-dan-mungkin-tunjangan-profesi-guru-dan-tunjangan-lainnya/

Ke Beranda

About these ads

38 thoughts on “Cara Penghitungan Gaji Ke 13 Tahun 2010

  1. kalo membaca tulisan ini, rasanya hati ko jadi tenang gitu.(hehehe………….,maklum ditunggu2 soalnya.). kalo ada kabar surat edarannya langsung diposting lagi ya, biar tambah tenang.

    salam kenal,
    akhdi

  2. yth. bapak/ibu bendaharawan bantuin kita ya….. supaya cepet cair ke-13nye. untuk beli formulir siswa baru kebetulan sekolah2 swasta sudah PSB duluan. trims ya

  3. Iya mas, secepatnya :) namun masih nunggu surat edaran dari Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan.. semakin cepat surat edarannya keluar semakin cepat juga gaji ke-13 cair.. sabar ya..

  4. Terima kasih atas imformasinya hati jadi tenang, semoga lekas cair, kebutuhan biaya sekolah sudah tidak terbendung dari kemarin, trims

    salam

  5. saya rela, ikhlas gaji ke 13 di tahun 2010 adalah yang terakhir, serela dan seikhlas menerima gantinya dengan “remunerasi”.

    • saya juga pengen, apalagi jika renumnya lebih besar dari gaji ke-13 ..kan sama aja artinya dengan dapat gaji ke-13 setiap bulan… weulah enak e.. jadi pns kemenkeu .. tp ada aja yang serakah seperti Gayus…

  6. seharusnya kesejahteraan itu di mulai dari PNS terbawah, biar bisa menikmati hidup tenang dan bahagia, biar gaji yg diterima pas. Maksudnya pas anak sekolah perlu biaya pas ada. Pas ingin punya rumah ada, amal,sedekah dan lainnya pas ada. Apalagi yang lainnya, gitu lho.

  7. tunjangan resiko petugas pemasyarakatan dalam penerimaan gaji ke-13 pada tahun 2007,2008, dan 2009 tidak dibayarkan..?
    apakah tunjangan resiko petugas pemasyarkatan bukan termasuk tunjangan umum/fungsional atau lain sebagainya dan kenapa tidak terbayarkan pada setiap penerimaan gaji ke 13, ataukah kita khusus patugas pemasyarakatan klas IIB Tual yang telah dibohongi oleh bendaharawan..?

    • Pak Kardin yang terhormat, tunjangan fungsional/struktural yang melekat pada gaji induk termasuk yang dibayarkan dalam gaji ke-13, namun jika tidak melekat atau dibayarkan diluar gaji induk, tidak termasuk yg dibayarkan dalamgaji ke-13. Seperti guru, tunjangan profesi guru tidak termasuk dalam hitungan gaji ke-13, walau sebenarnya pengen :).
      Terimakasih atas kunjungannya pak Kardin, suskses selalu untuk anda, silahkan dipertanyakan dengan bendaharawan satuankerja bapak.
      Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membantu

  8. Informasinya sangat bermanfaat,mohon kalo SE nya uda keluar langsung posting ya..atau send via email :) tengkyu..

  9. Kapan nih keluarnya gaji 13? Kabar2i ya kalo udah ada SE nya!!!!!!! Ni dah tgl 17 juni, rasanya kok lama bgt……

  10. assalamualaikum, ahlan wasahlan,semoga sehat selalu sampai saat ini kami belum terima sk dirjen pendis untuk kab.barsel kalau ada info mohon diberi kabar.wass

  11. terus kita harus nunggu sampe kapan lagi nih . . . kebutuhan sekolah sudah harus segera dibayarkan! gimanasih pemerintah emang pada tdk punya anak ya? yang harus masuk sekolah? atau karena sudah ada fasilitas jadi kita orang kecil diabaikan aja (masa bodoh) gitu

    • Mas Edi Yth, Surat Edarannya dan Juknis nya sdh diterbitkan oleh pemerintah, jadi tinggal menghitung hari aja lagi mas.. pasti ntar di bagi juga, .. tergantung gerak cepat bendaharawan di satuan kerja mas Edi .. trim sudah ngasih koment..

  12. terima kasih infonya. Oh ya, rekan2 mungkin ada yang paham, kalo seorang pns (guru) perempuan cuti melahirkan anak kedua, apakah dia tidak akan mendapatkan tunjangan fungsional yang biasanya tiap bulan dia terima? Dasar peraturannya apa ya?

    • setahu saya, apa yang di dapat pada gaji bulan Juni 2010, itulah yang kita dapat pada gaji ke-13 plus nggak ada tunjangan beras dan potongan iuran wajib pegawai (10%).. Selebihnya saya belum mengerti.. terima kasih sudah berknjung..

  13. assalamualaikum…saya mau tannya apa cpns yang gaji pertamanya dibayarkan bulan juli dapat gaji tiga belas juga..

  14. assalamu’alaikum..

    pak umpat batakun nah maklum bagawi di operator jua..MIN Pangambau Hulu ngaran sakolahan ulun kecamatan haruyan kab. HST…anu p ai cara merekam kekurangan gaji ke 13 kayapa babarapa harini sudah mancoba yatu kada dapat jua…maka pas ampun ulun saurang…sadang haja pang jua duitnya..caka sadikit maraha di iklaskan haja…..tmt ulun bulan mei terima sk kenaikan gajinya bulan juli jadi gaji baru ulun masuk bulan agustus..harusnya juni tu gaji ulun sudah naik…

    atas perhatiannya ulun ucapkan terima kasih…

    wassalamu’alaikum….

  15. Assalamu’alaikum….

    Alhamdulillah Dapat sudah pa ai..cekles yangbuhan taperum, iwp sakalinya di hilangkan…ulun mambaca keterangan yang pian tulis diatas tupang wan talihati di blog lain tapi sama kaya geh pian tu jua….yang pahintuh kada tahilangakan ceklisnya..heheh….sekali lagkasih banyak artikelnya pa….

    Wassalamu’alaikum….

  16. menjadi bingung ketika akan mendapat tunjangan sertifikasi
    istri sya telah mendapatkan no registrasi tapi
    ketika dilihat sk nya slah…
    menurut istri saya kesalahan pad identitas ..
    disebutkan sebagai non pns…padahal dia telah pns
    apakah hal-hal seperti …dapat terjadi

  17. kalau kasusnya kgb yg lupa diajukan oleh bag. kepeg sampai lebih dari satu tahun kan berpengaruh pd gaji pokok peg ybs shgga juga pastinya berpengaruh pd besaran gaji 13 yng diterimanya……kalo nanti diajukan permintaan rapel kekurangan gaji bulanan (akibat kgb) bisa kah jg diajukan kekurangan gaji 13?

    tq….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s