SK Dirjen Pendis Tentang Penetapan Nama Guru Penerima Tunjangan Profesi Guru Madrasah Tahun 2010 Telah Terbit

Kemarin saya melihat copy tentang Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam tentang penetapan nama-nama guru penerima tunjangan profesi guru tahun 2010, SK ini ditujukan kepada Kasi Mapenda Kantor Kementrian Agama kabupaten/Kota se Indonesia.Namun,para guru madrasah menanggapinya secara biasa saja, bahkan terlihat dingin.. Apa pasal ? ternyata di surat pengantar SK tersebut tertulis “bahwa pembayaran/pencairan tunjanga profesi guru belum bisa dilaksanakan menunggu Pedoman Tunjangan Profesi dari Sekretaris Jendral  Departemen Agama”.

 Permintaan Pembayaran dengan kode mata anggaran 5111 (Belanja gaji pokok, tunjangan dan uang makan pegawai) biasanya dengan syarat-syarat :

  1. Daftar Nominatif, berisi nama pegawai, NIP, jumlah uang dan no rekeing pegawai ybs
  2. SK penetapan yang bersangkutan dapat tunjangan profesi guru
  3. Lembar Pajak
  4. Surat pertanggungjawaban mutlat dari Kuasa pengguna Anggaran
  5. SPM
  6. ADK SPM

Nah, lalu Pedoman Tunjangan Profesi apa lagi yang dimaksud ? Jika permintaan itu diajukan oleh satker maka pertanggung jawabannya ada pada Kuasa Pengguna Anggaran satker yang bersangkutan. Hal ini diperkuat dengan Surat Pertanggungjawaban Mutlak itu, yang berisi “bahwa Kuasa Pengguna Anggaran telah menghiutng dengan benar pembayaran gaji/tunjangan itu dan akan mengembalikan pembayaran gaji/tunjangan jika ternyata kelebihan/mengalami kesalahan.

Mari kita  tunggu,Pedoman Tunjangan Profesi apa yang dimaksud itu.. jika Pedoman Tunjangan Profesi pengajuan permintaan kepada KPPN mungkin semua bendaharawan/daftar pembuat gaji sudah tahu caranya,mungkin ada juknis lain yang mengatur cara pembayaran tunjangan profesi guru. Jalan panjang guru untuk peningkatan kesejahteraannya masih menunggu satu tahap lagi.. padahal saya dan mungkin anda guru madrasah juga mengira bahwa SK Dirjen Pendis itulah jalan terakhir, ternyata tidak.

Namun kita patut  meng-apresiasinya, SK tersebut tertanggal 10 Mei 2010, lumayan cepat jika dihitung dengan waktu pengiriman Sertifikat ke Direktorat JendralPendidikan Islam Kemenag Pusat. Apakah Pedoman Tunjangan Profesi nya juga secepat pembuatan SK itu ? Insya Allah, semua bisa berjalan lancar.Beberapa orang guru yang sudah bersetifikat tahun 2009 ada yang tidak termuat dalam SK tersebut ,demikian juga ada beberapa guru yang status pegawainya salah yang seharusnya PNS tertulis Non PNS. Saya kira perlu dipertanyakan kenapa bisa terjadi demikian.

Mudah-mudahan bermanfaat, Insya Allah.. Amin

Ke Beranda

About these ads

199 comments

  1. saya harap kementrian agama cepat mengeluarkan SK bagi guru swasta,karena saya telah bersertifikat tahun 2009.hal ini d mksudkan saya belum menerima tunjangan profesi sampai sa’at ini.
    saya mohon kementrian agama memperhatikan nasib guru honorer swasta yang telah ber sertifikat agar memperoleh tunjangan pada bulan agustus 2010.
    saya juga berharap pengangkatan CPNS untuk guru yang bersertifikat,karena sudah layak sebagai guru profesional dengan beban mengajar sebanding dengan PNS.pengangkatan CPNS melalui testing hanya menghambur kan biaya saja.jadi pemerintah tidak perlu repot tinggal mengangkat guru non pns yang sudah bersertifikat.
    TERIMA KASIH…..WASALLAM….

    1. Saya Abdul Karim NIP 19521217 197802 1 002 NUPTK 3549730631200003 menjadi Guru Agama Islam sejak 01 Pebruari 1978 tempat tugas SD N 2 Troso lulus sertifikasi 2010 ter tanggal 30 September 2010 ( lulus porto folio ) sekarang ini mengajukan pemberkasan tetapi terganjal Nomor Regestrasi Guru belum keluar padahal teman seangkatan keluar,bagaimana supaya NRG bisa keluar apa Kementerian Agma Propinsi atau Kemenag Pusat atau Kementerian P dan K Pusat,mohon kebijakan bapak bapak yang berwenang.

  2. Sdr Cecep Eka Trisna yang terhormat, guru honor di madrasah swasta masuk dalam anggaran Kantor Kementrian Agama Kabupaten/kota atau Kantor Kementrian Agama Propinsi dengan jenis anggaran Belanja Bantuan Langsung (Block Grand) Sekolah/Lembaga/Guru (572111) silahkan telusuri apakah nama anda masuk dalam anggaran tersebut untuk tahun 2010 ini, jika memang ada anda tinggal bersabar hingga proses pencairannya.
    Demikian,semoga bermanfaat

  3. ulun ni kd tapi ngerti nah soal prosedur pencairan tunjangan sertifikasi guru nang angkatan tedehulu… memakai SK nang mana? apa SK nang bahari jua yg tahun 2009 tu atau kah ada pulang ngarannya di SK nang tehanyar nginih? mun ulun kan lg tugas belajar jd memang kd mendapatkan tunjangan sertifikasi.. copy annya ada dlm bentuk file pdf kah? atau masing2 copy annya sdh ada di bendaharawan satker masing2? terimakasih pak nizar.. semoga tunjangan pian lakas cair dan lakas naik haji…. amiennnnn…. :)

    1. Sebenarnya sama pada nggak mengerti juga, di SK terbaru hanya memuat nama-nama guru yg disertifikasi tahun 2009, berarti ketika pengajuan permintaan pembayaran ke KPPN memakai 2 SK sebagai dasar permintaan, sementara pedoman pembayaran tunjangan profesi guru setiap tahun berubah, hal ini mungkin disebabkan ketika tahun 2009 anggarannya masuk ke DIPA KAnwil sedang tahun 2010 masuk ke satker atau madrasah masing-masing.
      Kita tunggu pedoman terbaru dari Sekjen Kemenag yang mudahan pedoman yang dipakai seterusnya, sehingga tak perlu pakai “lama” lagi nunggu tunjangan profesi guru setiap tahunnya.

    2. SK-nya hanya sampai ke Mapenda Kantor Kemenag Kab/Kota belum sampai ke madrasah, .. bentuk SK-nya dlm bentuk copy-an, dan dibagi per kabupaten/kota saja.. kalau mau tanya nama-nama guru dari Kab. Banjar saya ada saja namanya, kalo Kab/kota yg laen belum punya, nanti kalau ada biar ta’ upload, biar ziddu dapat earning :):)

  4. Thanks ya informasinya, semoga Guru Indonesia tetap Ikhlas dalam Mengabdi dan mencetak anak-anak bangsa ini menjadi cerdas dan Agamis… amin

    1. SK Dirjen Pendis yang untuk pencairan tunjangan profsi guru dalam jabatan yang lulus sertifikasi tahun 2019 mngapa blum turun e Kemnag Kabupaten/Kota? Kami sudah lama menunggunya.Pengawas Kemnag Kab. Pati

    1. SK Dirjen Pendis yang untuk pencairan tunjangan profsi guru dalam jabatan yang lulus sertifikasi tahun 2010 mngapa blum turun Kemnag Kabupaten/Kota? Kami sudah lama menunggunya. 1 Agustus 2011.Pengawas Kemnag Kab. Pati

  5. Saya mohon maaf, tidak bisa menampilkan lampiran SK Ditjen Pendis lebih banyaklagi.. yg ada hanya untuk Kab.Banjar Propinsi Kalimantan Selatan plus beberapa nama dari kabupaten lain, karena hanya itu yg saya punya,.. Silahkan menghubungi Mapendais Kantor Kementrian Agama Kab/Kota setempat, ..
    Demikian, mohonmaaf saya tidak bisa membantu lebih banyaklagi..

  6. Persyaratan pncran di kppn yg disebutkan di atas sdh bnr,masalahnya yg ada di madsh hanya lampiran sk. untuk itu mhn kalau ada yg punya sk yg utuh agar dikirim ke alamat kami : la_nokki@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya.

  7. saya harap bapak mau melihat keadaan lembaga kursus untuk bergerak.
    Bapak lihat keadaan kami dung.
    Lkp dn skolah formal sama bergerak memajukan pndidikn namun knpa seolah olah kami ndak ada?

  8. Untk pencairan tunjangan gru sertfikasi yg llus th 2009.kapan pencairanya d daerah sumenep madura? Apakah NUPTK Mnjadi persyartan?

    1. Mas I-ir yth, bapak dari diknas atau depag ? jika diknas saya tak tahu sama sekali prosedur nya, namun jika dari depag.. anggaran TPG sudah masuk ke madrasah negeri sejak tahun ini, untuk guru non pns anggarannya ada di kanwil kemenag propinsi.. silakan ditelusuri.. berdasarkan SK menteri keuangan terbaru tentang tatacara pembayara. TPG tidak disyaratkan NUPTK, tunggu postingan saya tentang tata cara pembayaran TPG terbaru dari Menteri Keuangan ..
      Mudahan bermanfaat dan maaf saya tidak tidak banyak membantu..

  9. ass,ahi yunzar,tempo hari ana sudah hubungi kementerian agama kalteng,mereka belum terima sk tsb apa anta ada info lamp untuk kalteng wabil khusus kabupaten barito selatan wss,balasan ana tunggu

  10. Pak Saiful aidi yth, ulun kadada ba isian gasan propinsi yang lain, umai lah kalo sampai kadada aneh jua menurut ulun,.. ayu ja mun ada kena ulun sampaikan kepada khalayak ramai,.. mohon ba sabar aja pian,… di kalsel sudah banyak yang mencairkan tunjangan profesi guru walau pedomannya dari Setjen Kemenag belum keluar.. demikian sekedar informasi
    Wasalamm..wr..wb

  11. ass, ahlan wasahlan mudah2an anta sekeluarga sehat2 selalu, mudah2an doa anta dikabulkan allah, salam untuk kawan2 di mts gambut ,sekarang pak saiful sejak sep 2009 kemaren dimutasikan jadi pengawas tk menengah / sertifikasi guru aqidah-akhlaq pada mts buntok wssalam

  12. Tolong kirimkan daftar nama penerima tunjangan sertifikasi guru tahun 2010, Kota Banjarmasin, kami sangat memerlukan sebagai media informasi untuk teman kepala MI, MTs, dan MA. Terima kasih atas segala bantuannya.

  13. pak yuniar aku mengajar di mi swasta umur 37 th wb 7th bisa diangkat pns gak ya? tlng di kasih infonya.

    1. maaf bapak, saya kurang tahu.. namun yg penting bapak harus masuk dalam database dulu jika ingin langsung ingin diangkat jd PNS dari Guru Tidak Tetap/Honor. Dengar kabar, pengangkatan dgn database tidak sebesar tahun-tahun yg lalu, bahkan beberapa GTT disodori surat pernyataan yg berisi tidak akan menuntut diangkat jadi CPNS. Silahkan bapak hubungi instansi yang terkait yang berhubungan dengan database guru GTT/Honor.

  14. ass.
    terima kasih infonya sangat bermanfaat. saya lulus sertifikasi tahun 2009, status saya non PNS, unit kerja di madrasah negeri (MTsN) cianjur, jabar. tolong infonya mengenai mekanisme pencairan tunjangan profesi guru bagi guru non PNS di sekolah negeri. saya kaget ketika bendahara sekolah saya mengatakan itu berlaku hanya bagi guru PNS saja……terima kasih sebelumnya

    1. Maaf baru bisa membalas.. karena saya lagi diklat ..
      Fauzi : Untuk tunjangan preofesi guru non PNS anggarannya ada di Kanwil Kemenag Propinsi, mata anggaran nya beda dgn guru PNS.. bagi guru non pns namanya jadi bantuan tunjangan profesi guru,silahkan cek nama anda di anggaran Kanwil Kemenag tahun ini, biasanya di bagian Mapenda/perencanaan

      Akromanasution : Honorer/GTT yg paling aman adalah jika sdh punya sk kanwil untuk penetapan sebagai GTT dan berhak mendapat tunjangan fungsional guru non PNS. Database biasanya ada di BKN, setelah di daftar dan diverifikasi oleh instansi asal pegawai tidak tetap. Demian pak akrom semoga bermanfaat

  15. 1. bapak yunizar, bagaimana cara guru swasta bisa masuk data base? aku dah pendataan guru honorer tahun 2005, tapi setelah di cek di kanwil tidak ada namaku di database,aku cek di kandepag kota katanya data dah dikirim,tapi kenyataannya hasilnya nihil. tolong di kasih cara yang jitu agar aku bisa masuk database ya pak? terimakasih.

    2.bapak yunizar apakah akan ada pendataan gur honorer lagi? kapan? tlng diberitahu,saratnya apa saja dan bagaimana caranya?

  16. ASS…MAS TERIMA KASIH BUAT INFONYA.INI MEMBANTU TUGAS SAYA SEBAGAI PPABP UNTUK SECEPATNYA BISA MEMPROSES YANG MENJADI HAK GURU-2.BAGAIMANA CARA DOWNLOAD SK DIRJENNYA?

  17. Saya peserta sertifikasi guru yang lulus pada tahun 2007, al-Hamdulillah saya sudah menerima TPP 2008-2009. Kira-kira yang tahun anggaran 2010 kapan akan saya terima? Ada yg bilang bulan juli, lainnya lagi bulan agustus, dan ada pula yg bilang sebelum lebaran, mana yang benar?
    Terima kasih.

    1. Pak Miftah Arifin Yth, bapak guru dari mana dulu ? Jika guru diknas nampaknya belum (mungkin sudah !), jika guru pns ngajar di madrasah negeri agak cepat dibanding guru PNS ngajar di madrasah swasta dan non pns yg mengajar dimana saja, cepat dan lambat tak lebih hanya menguji kesabaran kita saja,.. karena anggaran nya memang sdh ada, kecuali beberapa masalah seperti SK Dirjen, beban kerja dll..

      Semoga bermanfaat..

  18. Assalamu’alaikum wr.wb
    nah ini ada lagi yang ditanyakan..mgkin ada kawan2 yang tahu Tentang Inpassing GPAI khususnya Guru Pendidikan Agama Islam yg Bukan PNS. Berdasarkan Surat Dirjen Pendis Nomor: DT.I.II/PP.01.2/713/2009 tgl.29 September 2009 Perihal Inpassing Guru Pendidikan Agama Islam(GPAI) isinya ditujukan kepada GPAI Bukan Pegawai Negeri Sipil(PNS).
    Saya telah melengkapi Data-data dan mengirimkan Berkasnya dengan pengantar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten (sesuai Petunjuk), Tapi sampai saat ini tidak ada kabar beritanya,sementara salah satu Persyaratan Pencairan TPG bagi GPAI non PNS di KPPN adalah Inpassing tersebut.
    Mohon jawaban/saran dan Petunjuk …
    Terima Kasih.

  19. mas tolong bantu saya gmn cara dapetin lampiran nama peserta yang mendapat tunjangan sertifikasi 2010 yang lulus tahun 2009 d internet ( saya mau cari untuk prov lampung).
    terus mo anya klo tau mhon dibalas segera. Untuk peserta yang lulus th 2009 dibayarkan terhitung kapan..? apakan hanya mulai januari 2010 saja atau mendapat tambahan tahun 2009 ( rapel) sejak tanggal kelulusan? trims. mhon bantuanya segera

    1. Mas Sulistyo Yth, maaf saya lagi mengikuti diklat jd agak telat menjawab pertanyaan dari mas Sulistyo, Lampiran Sk dirjen sepertinya tidak ada di internet, yg saya punya hanya untuk wilayah prop Kalimantan Selatan, dapatnya pun entah dari mana.. berdasarkan beberapa UU, perpres, permen sepertinya hanya mendapat mulai bulan Januari 2010, terutama bagi yg lulus sertifikasi tahun 2009. Jika mas Sulistyo PNS di Madrasah negeri anggaran sdh ada dalam DIPA masing-masing satker, sedang jika non-pns anggarannya ada di Kanwil Propinsi, silakan ditelusuri apakah nama anda termasuk hitungan dalam anggaran tersebut,jika tdk ada atau tak terhitung, sepertinya perlu kesabaran lagi .. terima kasih sdh berkunjung ke blog saya, hanya ini yg bisasaya bantu..
      Wassalam

    1. pak akroma yth, saya hanya seorang guru yang merangkap pembuat gaji daftar gaji (sekarang PPABP), pembuat SPM, pengelola laporan keuangan dan barang milik negara di satker madrasah negeri di prop. Kalsel.. (silahkan lihat link tentang saya di awal blog ini) trims ..

  20. tolong dicarikan sk dirjen depag penetapan nama-nama penerima tunjangan sertifikasi guru depag 2010 untuk kota Bandung, terima kasih

    1. Wah.. saya tak punya akses sama sekali dengan Dirjen Pendis, kenapa tidak anda yg dekat dengan Jakarta saja, langsung ke Dirjen Pendis menanyakan SK-nya,:) trims sdh berkunjung …

  21. Kami selaku guru honorer sekolah swasta dan sudah menjadi guru Profesional , kami mengusulkan kepada para pengambil kebijakan agar mengangkat CPNS yang sudah menjadi guru profesional (sertifikat Guru Profesional) , dan tidak akan menghambur-hamburkan biaya langsung saja guru yang sudah bersertifikat , kami sekali lagi mohon pertimbangan dari semua pihak Bapak Presiden, Menteri Pendidikan Nasional, DPR Komisi II – VIII, IX, dan X dan kmosi lain yang terkait dalam pengangkatan Guru menjadi PNS Aji Bandung

  22. Ku nanti nanti hari demi hari bulan demi bulan mungkinkah SK sertifikasi ku terima di bulan yang penuh rahmad ku berharap sk sertifikasi segera terbit.Mungkinkah seperti mentari iakan terbit…sertifikat telah ku terima…mengapa oh mengapa sk koh…tidak kunjung terbit.apakah awan kelabu menyelimuti….ku berharap awan yang kelabu kan sirna bersama do’A yang ku rangkai demi keJayaan Departemen Agama tempat ku mencari rezeki demi anak dan isteriku tercinta.Oh…SK Sertifikasi bila terbit….menyinari perekonoimian keluargaku dan juga saudara saudaraku seakidah khususnya guru MAN Lubuk Pakam.kendati belum terbit sk sertifikasi dari JAKARTA …ku tetap berdoa agar Departemen Agama tetap jaya dan aku diberi kekuatan dalam menjalankan tugas demi anak bangsa

  23. Sdr Muslim Yth, Pertanyaan anda juga merupakan pertanyaan semua guru madrasah yg sampai sekarang belum memiliki SK “sakti” tersebut. Kita tetap berpikiran yg baik saja, bisa jadi disebabkan karena pemberkasannya memang belum selesai, atau masalah hal teknis lainnya. Pada intinya semua harus bersabar, dan yakinlah selama itu juga teman-teman menjadi kekasih Allah (itu sudah janji-Nya).. Apalagi yang membuat Sk tersebut terus kita doa kan .. Saya ada sedikit usul, bagaimana bapak dan teman-teman berkumpul dan mencoba menanyakan ke pihak Mapenda, kalau perlu disediakan biaya untuk mengutus seseorang langsung ke Jakarta, saya kira salah satu langkah yang bisa untuk dicoba, sekian dan semoga bermanfaat
    Terima kasih untuk saling berbagi..
    Thank You Myspace Comments

  24. Yang ku impi-impikan mungkinkah menjadi kenyataan.Sampai terbawah dalam mimpi sk sertifikasi dari Jakarta ku terima.Oh…Departemen Agama tempat ku mengabdi demi cucu Jajahan…kendati 1000 bulan SK sertifikasi belum terbit ku tetap tegar menanti diantara sekian penantian yang tak pasti.Namun ku yakin Departemen Agama tempat ku mengabdi kan memberikan setitik embun buat ku juga keluarga ku…embun pagi itulah yang membuat ketegaran ku terus tuk mengabdi demi anak bangsa cucu jajahan.Oh..Departemen Agama semoga tetap jaya dan berkibarlah Sang Merah putih Indonesia ku tumpah darah ku. Penantian Sk sertifikasi tak menyurutkan semangat juangku tuk negeri ini Indonesiaku.semoga Allah SWT memberikan kesehatan tuk diriku sehingga ku dapat menikmati SK sertifikasi guru yang ku miliki…amin.

  25. Gemercik hujan yang membasahi bumi seolah-olah mengerti ya…kesenangan yang kurasakan setelah sekian hari bahkan bulan…baru tadi pagi sehabis apel di MAN Lubuk Pakam.Atasan ku menginformasikan bahwa aku dan teman temanku seakidah khususnya di MAN tempat ku mengabdi ‘tuk anak negeri telah mendapat NRG yang merupakan bagian syarat pencairan Sertifikasi guru yang akan menyinari perekonomian keluargaku…amin. Kepada bpk Kab.Mapenda Yth di Ling.KemenAg Prop Sumut atau di Kab Deli serdang ku ucapkan terimakasih juga tak lupa tuk Bpk Yth Dirjen Pend Islam yang telah mencatumkan nama ku juga teman teman seakidah besar harapan teman teman ku yang lain juga seperti aku nantinya ku berdo’a juga ‘tuk teman teman ku seakidah seluruh Nusantara/yg membaca ketikan ku ini dan ku berdo’a juga ‘tuk abangku yang sama di MAN Lubuk Pakam agar ia dpt juga mengikuti sertifikasi berhubung 2009 ia tdk lulus…JAYALAH DEPARTEMEN AGAMA….

  26. Asslam wr,wb …….saya lulus sertifikiasi 2009. dari satu angkatan terdapat 24 orang guru dalam satu sekolahan, dari ke 24 guru ada sekitar 10 guru yang yang PLPG. kebetulan saya lulus portofolio, nah pertanyaan saya kenapa yang 20 0rang guru dan melaksanakan PLPG sudah keluar sk dan sudah menerima pembayarannya dibagi menjadi 2 yaitu 10 dari dana propinsi/pusat dan 10 orang dari dana APBD tetapi yang 4 orang guru termasuk saya belum keluar sk nya tolong minta bantuanya saya hrus bertanya kepada siapa dan sk pembayaran/pencairan yang membuat siapa? mohon bantuanya terima kasih

    1. Pak Susilo Yth, wah..maaf sekali pak, sepertinya teknis pencairan di Diknas lebih rumit daripada di tempat kami (Depag). Silahkan hubungi instansi yang terkait, supaya lebih ramai,ajak teman yang senasib bersama-sama .. mudah-mudahan masalah yg bapak alami cepat terselesaikan..

  27. Pak Yunizar, kami Guru PNS Depag, lulus PLPG tahun 2009, memperoleh sertifikatasi pendidik tertanggal desember 2009. SK Dirpendis tentang penetapan guru penerima tunjangan sertifikasi baru kami terima bln september 2010. ketika kami akan mencairkan uang tunjangan di KPPN ternyata ditolak, KPPN katakan krn SK Dirpendis bln september 2010 jadi tunjangan baru dibayar mulai januari 2011, apa benar demikian peraturannya? sedangkan dalam SE Sekjen Depag no. SJ/DJ.II/3.KP.003/933/2010 tgl 18 Juni 2010 tentang Pedoman Pembayaran Tunjangan Profesi disebutkan dalam slah satu pasal bahwa tunjangan profesi dibayarkan mulai bulan Januari tahun berikutnya sejak lulus sertifikasi (tanggal sertifikat pendidik). Jadi apa SE Sekjen depag itu tidak dipakai di KPPN/Kemenkeu?

  28. Pak Must Guru Yth, seharusnya bapak dapat tunjangan profesi-nya, untuk memperjelas bapak bawa semua peraturan yang ada ke KPPN, bisa jadi pihak KPPN yang kurang mengerti,.. lebih lanjut bapak bisa konsultasikan dengan pihak Mapenda setempat,.. di tempat kami berdasarkan SE Sekjen Depag yang bapak sebut diatas, SK bisa dibuat oleh Kepala Madrasah dengan dasar SK Dirjen tahun 2009 dan tahun 2010,..dan pihak KPPN (dalam hal ini KPPN Banjamasin membolehkan saja, sejauh semua persyratan lain sudah terpenuhi,seperti NRG (terakhir diminta KPPN copy SK penetapan NRG).. penolakan itu bertentangan dengan SE Sekjen, serta peraturan yg ada di atasnya,.. mungkin bapak bisa konfirmasi lebih detil alasan penolakan-nya kepada KPPN.. semoga bisa membantu pak..

    1. bendahara kami sudah minta penjelasan ulang ke KPPN, tp mereka tetap mnolak, katanya sudah ada Permenkeu No.164 yang merevisi Permenkeu no.101 sementara SK Dirjen Pendis yang kami terima masih mengacu Permenkeu No.101. di Permenkeu 106 ditegaskan tunjangan baru dibayar bulan januari tahun berikut setelah terbit NRG. KPPN menganggap NRG baru lahir bersama SK Dirjen bl Agustus 2010 itu krn dalam SK itu memang ada tercantum NRG. Apa memang ada SK khusus penetapan NRG itu pak? atau NRG baru lahir bersama SK Dirjen itu? Kalau saya melihat sebenarnya semangat Depag sudah mau membayar krn dalam DIPA Satker juga anggaran sudah tersedia, tetapi disisi lain KPPN bertahan pada Permenkeu yang berubah-ubah itu…

  29. Ass. Wr. Wb. Waduh, bagaimana nasib pengawas PAI sudah lulus sertifikasi pencairannya lagi bermasalah, terutama di SK PMK 164 th 2010 tidak tercantum, sehingga beberapa daerah terhambat atau tertolak kpkn ykni tidak mau mencairkan dana yang sudah ada di dipa kementerian agama? Solusinya?

  30. Pak tolong lacakkan kembali…SK Dirjen Pendis per bulan Nopember 2010 ( kalo tidak salah) tentang pencairan sertifikasi…katanya udah terbit. Tolong ya…betul gak?…Nih saya sudah lulus tahun 2008 tp belum pernah dapat sama sekali…SK yang Mei kemarinpun nama saya belum masuk…kali aja SK yang sekarang masuk…

  31. PAk. kalau ada tolong kirimi daftar Penerima tunjangan guru sertifikasi kementerian agama untuk kab. sumenep madura jatim

  32. sifat sabar selayaknya terus tertanam dalam hati guru honor yang bernaung di depag. namun sampai kapan ini berbatas.melihat para PNS yang bernaung di departemen yang sama,mereka selalu berpamer ria,tersenyum lebar karena berbagai tunjangan mereka terima dari gaji 13, uang lauk pauk, tunjangan profesi dan lainnya tapi nasib guru honor tetep manyun…………. fungsional sudah tidak menerima ,tunjangan serifikasi belum juga sua………… sampai kapan ya………..

  33. pak,,,kabarnya tunjangan profesi utk lulusan 2009 katanya hanya 5 bulan,apapun alasanya itu tdk masuk akal,apa yg membedkn lulusan 2009 dg 2008,sedang lulusan 2008 bisa menikmati rapelan 12 bulan dan kabarnya lulusn 2009 hanya 5 bulan,tolong la bapk yg terhormat,,,jgn mmbuat keputusan yg tdk populer dan terkesan diskriminatif,wal afwuu

    1. Pak Zuhdi Yth,.. Mungkin ada beberapa alasan seperti yg bersangkutan masih berstatus CPNS, tugas belajar, atau alasan lain seperti tidak cukupnya anggaran yang tersedia. Silahkan anda cari alasan kenapa hanya dibayarkan 5 bulan saja, tanyakan dengan bendaharawan, KPPN dan pejabat berwenang lainnya. JIka tak ada sebab yang seperti saya sebutkan tadimaka tidak ada alasan untuk tidak mendapat TPG, oh,, ya.. syarat-syarat lain juga harus terpenuhi seperti beban kerja,SK Dirjen, dan NRG.. semoga bermanfaat..

  34. Mas aku mau tanya…. sertfikasiku di mts sedang aku dinas di MIN. Apakah aku masih bisa memperoleh tunjangan profesi? dengan kata lain apakah sertifikat itu bisa digunakan di MIN untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi? klo tidak bisa…kira2 bagaimana jalan keluarnya agar aku tetap mendapatkan tunjangan sertifikasi itu? sebelumnya saya menyampaikan terima kasih atas tanggapannya.

    1. Maaf baru bisa membalas, sepertinya tetap bisa berlaku sertifikatnya, yang tidak bisa adalah guru yg bersetifikat sbg guru kelas (guru MIN) tidak bisa di pakai di MTs, namun saya kira perlu dikonsultasikan dengan pihak Mapenda di Kab/Kota atau kanwil,sebab di sertifikat ada yang tertulis sebagai guru MTs atau guru MIN,kan rada aneh juga sertifikatnya sebagai guru MTs tapi mengajar di MIN.. semoga bermanfaat,dan maaf saya tidak banyak bisa membantu ..

  35. terima kasih ya mas atas jawabannya. kalau mau ngirim keluhan ke kanwil atau aku mau tanya ke kanwil lewat enternet dikirim ke alamat mana? maaf mas merapotkan.

  36. aslmualkm. pa yunizar…sya lulus sertifikasi 2009, tpi sk dirjen sampe sekarang blum keluar, padahal yg lain dah keluar bulan mei dan september 2010 malahan udah pada cair. apakah benar kalau sk dirjen saya keluar tahun 2011, maka rapelannya hanya dihitung dari januari 2011 bukan dari januari 2010…makasih jawabanya

    1. Pak Didie Yth, bisa jadi hal demikian.. karena anggaran TPG tahun depan (2011) tidak menghitung guru yang seharusnya berhak di tahun 2010 tp tidak bisa dibayarkan. Salah satu harapan bapak Didie adalah jika anggaran TPG tahun depan (2011) bisa direvisi. Mengenai SK Dirjen itu tergantung dari SK yang dibuatkan kapan TMT-nya,.. mudahan bermanfaat .. untuk hal terkait bisa baca postingan saya di blog ini http://rumahnajwa.wordpress.com/2010/11/27/akhir-anggaran-2010-sudah-dekat-bagaimana-dgn-tpg-anda/

  37. saya adalah peserta sertifikasi guru tahun 2009, sampai sekarang sk TPG nya kok belum keluar, apalagi tunjangannya , kapan keluarnya

  38. malam ini genap 12 thn 10 bln 26 hari ku mengabdi tuk anak negri cucu anak jajahan,2 x pula telah ku terima sertifikasi pencairan dananya berkat bantuan hamba hamba allah swt yg ada di departemen agamaku..tapi menengapa oh mengapa udah 13 caw aku tdk diizinkan naik pangkat.apa salahku dan dosaku…ya allah swt

  39. siapa yg ingin sakit.bukankah sakit peringatan dari allah swt?siapa yg ingin terlambat berkerja?hanya kata kata indah itu yg ku dengar langsung dari atasanku.loyalitas telah ku lakukan tapi aku selalu salah dinilainya.ya..tak apalah yg penting aku dinilai baik oleh allah swt nantinya.melalui situs ini kendati aku sampai detik ini belum jua diizinkan naik pangkat aku berbesar hati dan tetap mengabdi tuk anak negeri jayalah departemen agama tempatku mengabdi

  40. lewat situs ini kuberharap cukup aku saja yg demikian jaganlah saudara saudaraku yg seakidah mengalaminya,waktupun mulai merayap aku pun tuk bersiap menghadap berdo’a pada sangkuasa allah swt.agar semua berakhir deritaku seiring azan subuh.

  41. terpaan angin menjelang senja sepulang aku mengabdi tuk anak negeri.ya…terimakasih pak atas mutiara yg bapak kabid.mapenda kemenag berikan untuk ku.untaian mutiara mengingatkan aku pada alm bapak ku kata kata tersebut tak jauh beda hanya waktu dan suasana.semoga bapak tetap sukses memberikan pelayanan yg prima…jayalah departemen agamaku

  42. sampai saat ini saya golongan lll/d tiadak naik naik pangkat apakah pencairan dana sertifikasi dapat saya terima?tolong jwb pak sebab dana tersebut dapat melunasi hutang hutang saya mengobbati orang tua saya dan isteri saya tercinta.semoga alm orang tua ku dan isteriku bahagia di sisi allah swt..

  43. sang mentari menepati janjinya tuk terbit setiap pagi sama halnya aku yang setiap pagi mengabdi tuk anak negri sesuai sumpah jabatan yg kuucapkan tapi berhubung hari ini setiap minggu keempat ku harus kontrol/cek kerumah sakit kondisi badan ini ya..semoga ku memdapat jwb yg membahagiakan hati atas pertanyaan pengaruhkah tidak naik naik pangkat lll/d ku terhadap pencairan dana sertifikasi untuk yg berikutnya?langkah langkah anak jarum jam berputar aku pun mulai bersiap tuk pergi cek/kontrol kerumah sakit.selamat beraktivitas tuk departemen agama yang ku banggakan.

  44. bagaimana pak supaya saya bisa mask data base.saya sudah mengajar selama 15 tahun.tapi tidak tau cranya.terimakasih atas infonya pak

  45. Asskum…pak..bisakah kami minta di carikan daftar nama peserta peneriam tunjangan sertifikasi guru madrasah/pai tahun 2011…thanx

    1. Wah .. Saya tak bisa mencarikan, kalo toh ada biasanya hanya untuk satuan kerja atau madrasah kami saja, lalu saya share di sini .. Terima kasih sdh berkunjung, sukses selalu utk anda

  46. mohon disampaikan bahwa tunjangan sertifikasi untuk gtt pai smp negeri tidak bisa dicairkan karena terbentur harus sk guru tetap, padahal guru tetap di sekolah negeri adalah pns, bagaimana baiknya. Saya sudah menghadap kadinas dan ka kamenag tidak mau/berani menerbitkan sk guru tetap. Bagaimana baiknya ?

  47. Di Kemenag, setiap tahun ada ditetapkan SK GTT untuk non PNS (Honor) yg dibuat oleh Kanwil Kemenag Propinsi, memang dilematis ,.. seharusnya karena induknya ada di Diknas kenapa mereka tidak berani membuatkan SK nya. Semoga masalhnya cepat selesai .. Ini salah satu masalah lagi buat guru GTT/honor.. Maaf, saya tdk banyak bisa membanu .. wassalam

  48. sertifikasi saya dkk thn 2009, sampai sekarng Mei 2011 nrg belum keluar.sehingg menghambatpempayaran TPG. gimana langkah saya . Pak, matursuwun

    1. Ya .. hanya menunggu bisanya .. NRG dari Kemenag itu setahu saya hanya pernah terbit sekali .. Seterusnya tidak pernah terbit lagi, .. Entah mungkin yang terbit NRG yang dibuat oleh Kemdiknas, dan entah kapan juga terbitnya .. NRG yg dibuat Kemenag pun dianggap hanya untuk sementara dan entah sampai kapan juga statusnya sementara.. Dan Entah .. :) Demikian semoga membantu ..

    2. erlies….. untk kab.jmbg sy dkk jg bnyk mnglami hal spri itu tp sma mapenda kemenag jmbg, sy dpt jwban akn dbntu pngurusan nya pda kt pmberkasan thn 2011 untk nrg bbrapa bln yg lalu da pngajuan kmbali bgi gru yg nrg dari depag maupun diknas tdk trun……….. insyaAllah ttap rapel, krn pda wkt tman2 mnrima tnjangan pd bln dsember 2010, sy dpt jwaban dr mapenda jmbg, agr mnghadap mpenda jmbg pd bln juli 2011, untk plaporan tnjangan srtfikasi thn 2010 yng tdk keluar

  49. ass..para abdi rakyat yang terhormat,sya guru honorer di MAN sukabumi dan 11 tahun ngabdi n pernah 3 tahun jadi guru GBS adakah peluang wat di angkat CPNS,trimakasih

  50. nama : slamet,s.pd
    tempat lahir:malang,15-06-1966
    tugas lama :sdn tobai tengah I skb sampang
    tugas sekarang :mts nurul huda kota blitar
    nip lama 132 248 872 nip baru sampai sekarang belum keluar tolong berapa ya?

  51. kapan sk dirjen kemenag sertifikasi 2010 untuk tunjangan profesi a.n Drs.Bahruroji Guru PAI SMA 6 Kota cirebon nip.19611201 1987031005 ——————-dan menanyakan program beasiswa bagi guru PAI yang sedang menyelesaikan S2 Studi pendidikan Islam Jurusan Manajemen Pendidikan islam Pada IAIN Syekh Nurjati Cirebon NIM 505910044 ( pengusulan melalui via Pos pada bulan Mei 2010 mohon berita dan perhatiannya tlp.08817789072 sms atau 08815135679 terimakasih

  52. pak, untuk peserta sertifikasi duru umum yang penyelenggaranya UNLAM SK nya siapa yang nerbitkan pak? apa kemenag atau diknas, saya ngajar di MTsN 1 Pelaihari. makasih mog bisa membantu.

  53. Assalamu Alaikum Wr. Wb.
    Apa sdh ada info SKTP 2010,
    trus mau nanya pak, apa Bpk ada arsip SK Dirjen 2008, soalnya di Kemenag kami, rencananya hanya akan membayar Tunjangan bagi yang lulus tahun 2007, sementara untuk tahun yang lulus 2008, 2009, apalagi 2010 tidak bisa dibayarkan karena karena kataNYA tidak ada SK Dirjennya.
    mohon infonya

    1. Wah.. saya nggak punya lagi arsipnya .. aneh juga ya.. koq yg cuma 2007 ? Di satuan kerja kami, semua SK Dirjen lengkap untuk semua guru dari tahun 2008 hingga 2010. Silakan ditelusuri mulai dari Kanwil hingga kalo perlu ke Kemenag Pusat .. terima kasih sdh berkunjung sukses selalu utk anda …

  54. Bapak Yunizar yth.
    Saya ingin menanyakan tentang daftar nama yg menerima kualifikasi guru yg masih kuliah dikabupaten banjar, dan saya masih bingung, kok yg udah menerima tahun lalu bisa menerima lg ditahun ini… Peraturannyakan cuma bisa 1 kali menerima.

  55. sy lulus sertifikasi kouta 2008, dari kab.sampang tapi sampai sekarang tidak pernah menerima Tunjangan Pendidik Profesi (TPP), sedangkan kata mapenda sampang karena tidak memiliki NRG, padahal Kouta 2009 Menerima TPP walaupun tidak punya NRG, denger selentingan NRG di buatkn oleh Kankemenag yaitu NRG sementara, yang saya tanyakan mengapa kouta 2008 tidak di buatkan NRG sementara ? dan apakah TPP yang belum di bayar sampai sekarang itu akan hangus ?

  56. Pa Abd Hadi yth, dalam beberapa kesempatan petinggi Kemenag berjanji akan membayarkan TPP/TPG bagi yang belum dibayarkn .. kita tungu janjinya. Pembayarannya sangat tergantung dengan perencanaan. Jika TPG bapak sejak tahun 2009 itu tidak direncanakan dalam anggaran tahun ini dan mungkin tahun depan, atau tahun depan berikutnya lagi .. hampir dipastikan bapak tidak akan pernah dapat, apalagi ditambah dengan alasan bapak belum punya NRG. Silahkan bapak konsultasikan dengan Mapenda Kanwil, kalo bisa ajak dengan beberapa guru yang senasib dengan bapak .. terima kasih sdh berkunjung ke web blog saya, sukses selalu untuk anda

  57. sk dirjen pendis 2011 tntang pencairan tunjangan profesi guru dalam jabatan yang lulus tahun 2010 kapan terbiit to……kenapa lama………ada apa to……Tolong dijawab…..kami sudah lama menunggunya…..terima kasih

  58. sk dirjen pendis 2011 tentang pencairan tunjangan profesi guru dalam jabatan yang lulus tahun 2010 kapan terbit to……kenapa lama………ada apa to dan maunya apa kenapa harus dibuat berlama-lama……Tolong dijawab…..kami sudah lama menunggunya…..terima kasih

  59. nrg untuk kemenag lulusan thn 2009 kab.kuningan jabar, ada ga?kami butuhh,soalnya kppn kuningan minta.jika ada tolong kirim ke e-mail saya.terimakasih.JAYALAH GURU INDONESIA.

  60. saya melihat kemarin surat pengantar irjen tertera nama-nama yang lulus sertifikasi setiap kab/kota..yang saya kira itu sk.tapi kok kab/kota saya ngak ada tertulis di surat pengantar itu..nama dan kab/kota nya tidak ada padahal itu satu propinsi..mohon infonya dong pak..kalau nama tidak ada di surat pengantar itu apakah sk kami bisa terbit? lulusan 2010

    1. Waduh ibu, sayang kurang tau bu .. Maaf sekali lagi .. Setahu saya, jika sdh selesai portofolio/PLPG tinggal nunggu SK dirjen dan NRG, kalau tidak ada, ya belum bisa proses pencarian ..

  61. Aku mohon dengan kerendahan hati, agar nasib guru honorer disekolah swasta diperhatikan benar-benar, terutama proses sertifikasi dan adanya data base cpns, karena baik guru honorer di sekolah swasta atau negeri, mereka punya peran sama sebagai abdi negara

  62. KENAPA TUNJANGAN SARTIFIKASI BAGI GURU2 YG TELAH LULUS TAHUN 2010 BELUM JUGA DI CAIR KAN DAN BILA AKAN DICAIRKAN.UNTUK KAB DELI SERDANG.

  63. Tlg pd Bpk Mentri Pendidikan, mslh guru agama angkatan inpres ini sertifikasinya terlambat/ susah karena yg menangani Depag, jd tlg guru agama yg di SD, SMP, dan SMA di tangani Departemen Pendidikan Aja, Trmksh sebelumnya Pak.

  64. kepada bpk menteri Pendidikan yg sy hormati,,kmi sangat sekali mengharapkan adanya tunjangan Fungsional ini,krn selain tempat km mengajar dipelosok km jg sedang dlm kuliah yg mana honor kami sangat minin sekali,kmi tidk percaya ke depag krn selain pengurusannya rumit,dan bertele tele.mana lg nanti adanya pemotongan oleh pengawas kami yg ad di MI.atas perhatiannya sy ucaspkan terima kasih,

  65. guru dibawah naungan pemda/diknas sudh dapt sk n nrgnya tp guru kemenag msh banyak yang ketinggalan.solusinya sih…pendikan di kemenag diambil alih aja olh kemendiknas..supaya tidak ada diskriminasi…supaya ada keadilan…

    1. Pak Badrus yth, saya sdh scan dalam bentuk file JPG. Tp saya msh terkendala dalam upload. Namun SK Dirjen dan NRG yg saya punya hanya utk guru madrasah di beberapa kab/kota di Kalimantan Selatan. Jika ada yg berminat bisa saya kirim via e-mail, atau lewat BBM (pin BB saya kirim lewat email). Terima kasih ..

  66. Ass….pak,saya telah lu2s sertifikasi november 2010 lalu,sekarang saya berstatus sebagai CPNS,apakah CPNS berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi,jika tidak apa yang mendasarinya,guru GTT/GTY saja bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi sedangkan CPNS tidak bisa.apakah tunjangan tersebut dihanguskan? jadi bagaimana nasibnya yang CPNS tentang sertifikasinya….mohon penjelasannya ya pak?

    1. CPNS terbentur dalam peraturan ‘bahwa status CPNS hanya boleh menerima tunjangan umum dan tidak boleh menerima tunjangan lainnya’ .. Mohon maaf saya lupa detil tentang peraturan tsb, silakan ditanyakan dgn pengelola keuangan di sekolah/madrasah anda. Demikian, semoga bermanfaat ..

  67. tolong ditampilkan dong lampiran sk nya jangan cuma berita doangan biar teman teman tahu datanya kalau cuma tulisan doang anak kecil juga bisa nulis

    1. Saya kan hanya memberi tahu, kalo toh ada hanya untuk wilayah kalimantan selatan, nggak mubgkin Sk dirjen dll nyasar ke tempat saya .. Saya bukan bukan pegawai kemenag pusat, .. Anak-anak ada juga lho yang bikin blog, dibanding yg tua nggak bisa bikin blog .. Hihihi

  68. Saya Abdul Karim A, Ma. NIP : 19521217 197802 1 002 NUPTK : 3549730631200003 tempat tugas : SD N 2 Troso Pecangaan Jepara Lulus sertifikasi porto folio kuota 2010 tertanggal : 30 September 2010 pemberkasan tidak bisa terhalang NRG (nomor regestrasi guru) bagaimana caranya supaya NRG cepat keluar apa lewat Kemenag Kabupaten apa Kemenag Propinsi atau lewat Kementerian P dan K Pusat jakarta apa akan keluar dengan sendirinya ?

    1. Pak H. Abdul Karim yth, NRG yg membuatkan Kemdiknas Pusat sedang pembayarannya melalui Kemenag Kabupaten. dengar2 kabar NRG utk guru agama di sekolah umum sdh ada terbit, .. Silakan pak ditanyakan di pejabat yg berwenang. Semoga bermanfaat dan bisa selesai masalahnya ..

      1. ass. Pak mohon penjelasan,sy lulus sertifikasi feb thn 2009 nrg br keluar d thn 2011 krna tdk pakai jln tol. Dr revisi dipa,dana yg tersedia jika yg thn 2010 dicairkan dana itu cukup,kt bendahara sekolah kami. Tp dr kppn tdk bersedia,ktnya hanya thn 2011nya saja yg bs. Alasannya pencairan d sesuaikan dngn thn keluarnya nrg. Sebenarnya peraturan yg benar yg bgmn ya pak?

    2. alhamdulillah NRG saya sudah keluar per 1 Desember 2011 dg 112090827001 akan tetap pegawai pegawai Mapenda meragukannya sampai menanyakan SK NRG itu(Mapenda Kab.Jepara)
      Bagaimana sih katanya tunjangan Sertifikasi bisa pemberkasan kalau ada nomor NRG tunggu apa lagi memang sudah keluar,yang benar yg mana ?

      1. Saya Abdul Karim NRG :11 209 082 7001 Pemberkasan 19 Desember 2011 trus dana cair 25 Desember 2011 yang mestinya cair 12 bulan ( Januari 2011 s/d Desember 2011 ) akan tetapi
        cair cuma 1 bulan saja,sedangkan di Kab. Kudus seangkatan saya cair satu tahun ( 12 bulan )
        kami mohon yang 11 bulan supaya segera ditangani oleh insan insan Mapenda Kab. Jepara

  69. ASSALAMUALAIKUM…..
    bagaimana cara yang akurat mendapatkan sertifikasi guru, karena udah beberapa kali ikutan tapi tidak lolos-lolos padahal mengajar sudah kurang lebih 8 tahun

    1. Waallaikum salam wr.wb, pemberkasan ada di Kemenag Kab/Kota,.. silakan di cek betul-betul, apakah nama anda termasuk dalam setiap pemberkasan sertifikasi guru.. syukron

  70. assalamu alaikum, wal afwu.
    1.saya ingin tahu apa sudah ada pengumuman tentang Sertifikasi tahun 2011..?
    2.bagaimana caranya melihat SK sertifikasi dan Impasing
    atas jawaban serta arahannya sy sampaikan Jazaakumullah khoiron dan semuga selalu sukses

    1. Terima kasih sdh berkunjung, maaf baru bisa membalas pertanyaan saudara :
      1. Proses sertifikasi 2011, mungkin bisa ditanyakan pada lembaga pendidikan tinggi yang melaksakan sertifikasi guru ..
      2. SK Dirjen dan Inpasing biasanya datang sendiri, bisa di cek di Kemenag Kab/Kota ..
      Semoga bermanfaat

  71. assalamualaikum…
    saya peserta PPG jalus beasiswa pendidikan selama setahun, lulus tahun 2010,, Sampai detik ini belum juga turun SK dirjen setiap saya konfirmasi ke mapenda kab, Bogor belum dapat jawaban pasti,, saya tanya ke temen2 seangkatan didaerah lain sudah dapat SK dan sebagian sudah cair,,
    melalui forum ini mudah2an saya mendapat jawaban pasti… trmksh…

  72. Assalamu’alaikum.. Saya dari kab Kampar, Prop.Riau pak..Saya sudah lulus sertifikasi 2010.. namun SK dirjen belum saya terima.. padahal teman2 seangkatan saya sudah menerima SK dirjen bebrapa waktu yg lalu.. mohon bantu Pak, apa yang mesti saya lakukan.. ke Depag Kab.Kampar sudah saya konfirmasikan masalh ini.. mereka cuma bilang sudah di usulkan.. saya heran mengapa SK dirjen saya tidak keluar..

  73. Assalamu’alaikum.. Saya berasal dari Kab.Kampar Prop.Riau. Saya sudah Lulus sertifikasi tahun 2010 Pak.. namun sampai sekarang SK Dirjen belum saya terima. Sedangkan Teman2 Seangkatan Saya yang lulus Sertifikasi sudah menerima SK Dirjen beberapa waktu yang lalu.. saya coba konfirmasikan ke Depag Kab.Kampar, Mereka cuma bilang “sabar saja”. yang saya tanyakan kenapa tidak keluar SK Dirjen saya Pak.. Mohon di bantu Pak..

  74. Saya mau tanya pak… saya guru TIK di Madrasah Aliyah lulus sertifikasi tahun 2009. saya sarjana teknik sipil tidak punya akta IV, dan bulan oktober saya mengajukan usulan inpassing. yang menjadi pertanyaan… gmana nasib sertifikasi saya nantinya karena saya sarjana non kependidikan mengajar TIK alias missmatch….. mohon dikomentari pak…

  75. Saya bertanya Pak, kenapa kami yang berasal dari Kementerian Agama dianak tirikan dengan PNS ynag di lingkungan Kemterian Pendidikan Nasional? Apakah kami PNS/ Guru Kemenag ini tak ikut berjasa pula dalam mencerdaskan rakyat Indonesia. Klo ada hal ini berarti Kemendiknas telah sekuler

    1. Assalamu’alaikum.. Saya dari kab Barru, Prop.Sulawesi Selatan pak..Saya sudah lulus sertifikasi 2010.. namun SK dirjen belum saya terima.. padahal teman2 seangkatan saya dibawah naungan kemenag sudah menerima SK dirjen bebrapa waktu yg lalu.. sedangkan beberapa teman kami dari Dinas Pendidikan belum terima SK Tunjangan Profesi, sehingga sejak april 2011 s.d Desember 2011 kami tidak menerima lagi Dana Sergur dengan alasan SK Tunjangan Profesi belum ada, mohon bantu Pak, apa yang mesti kami lakukan.. ke Depag Kab.Barru sudah saya konfirmasikan masalh ini.. mereka cuma bilang sudah di usulkan.. kami heran mengapa SK dirjen kami tidak keluar..

    2. Yang lulus sertifikasi harus punya NRG urus saja NRG ke Kemendiknas Jakarta lantai 8 sarat membawa rekomendasi Instansi kabupaten Nrg keluar pemberkasan pasti cair mulai selang 1 tahun dari lulusnya

  76. pak saya telah tiga kali pemberkasan lulus sertifikasi tahun 2010 namun hingga saat ini saya belum pernah menerima sk dirjen. nama . jamaluddin ,spd. mengajar dismanegeri 1 barumun tengah kecamatan barumun tengah kabupaten padang lawas propinsi sumatera utara .sebagai kepala sekolah, tolong bantu saya pak agar saya dapat merasakan kebehagiaan menerima sk dirjen itu seperti teman guru yang telah lebih dahulu menerinya

  77. pak saya belum menerima sk dirjen dari diknas .saya telah lulus sertifikasi sebagai guru profesi tahun 2010 dan telah 3 X pemberkasan,tolong pak.. nama saya. jamaluddin.SPd.Sh. guru SMANegeri 1 Barumun Tengah Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Propinsi Sumatera Utara, menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMANegeri 1 Barumun Tengah tsb diatas. tolong pak

  78. pak mohon dengan sangat lagi hormat kebijaksanaan untuk rekan-rekan gpai yang bermasalah
    mengenai nrg segera dicarikan solusi secepatnya agar teman -teman seperjuangan bisa ikut menikmati hasil dari pada tunjahangan sertifikasi apalagi sudah lama masa pengabdiannya. cuma tinggal beberapa tahun lagi sudah purna tugas.

  79. pak mohon dengan sangat bagaimana pencairan sertifikasi yang MUTASI, dihitungnya pencairan apakah selama mengajar, misalnya KBM selama 1 semester, tapi SK mutasi bulan Oktober.Yang saya tanyakan , apakah untuk pencairannya dihitung 6 Bulan/ 1 semester, atau TMT SK MUTASI yang sesuai aturan 2011. Terimakasih

  80. Assalamualaikum wr.wb….pak sy guru DPK di MTs swasta PUI kuningan Jabar….knapa guru DPK MTs Negeri Kadugede Kng dpt uang lauk pauk…sy yg di swasta tdk mendapakan….

  81. sertifikasi hanya membuat kesenjangan sosial antara guru yang mendapatkan dengan guru yang tidak mendapatkan, belum tentu juga guru yang dapat sertifikasi ini kualitasnya lebih bagus dibanding dengan guru yang tidak mendapatkan. banyak kok guru-guru yang masa kerjanya sudah lama tapi tidak mendapatkan ataupun lulus sertifikasi. terus bagaimana nasib mereka, bukankah ini suatu ketidakadilan??

  82. mas mau nanya apakah setelah lulus sertifikasi itu tunjangan fungsional guru swasta tidak diterimakan? apa ada undang-undangnya? kalau diponorogo begitu tapi didaerah lain kok masih diterimakan?

  83. Mau tanya.. Kesalahan pengiriman dana sertifikasi itu melapor dimana ?? karena di rekening saya ada 2x dana serifikasi yang masuk. Kalo boleh tau itu kesalahan dari pihak mana ??

    Terimaksih SebeLumnya..

  84. dmn saya dapat melihat data penerimaan rapel sertifikasi guru khhusus lhokseumawe,aceh?
    dan di kota saya sebagian guru yang dikirim melalui bank bri sudah menerima uang rapel sertifkasi guru seedangkan yang menerima pada bank mandiri lhokseumawe belum kami terima.mengapa demikian? dan mohon bantuannya ssegera untuk kejelasan berita.

  85. assalamu alaikum, saya mau nanya pak, apa benar ada kebijakan bahwa pembyaran sertifikasi bg guru non PNS tdk akan dbyarkan? krn ini berita sdh menjadi wacana d kab majene, provinsi sulawesi barat. Klu lingkup kemenag mungkin yg tdk dbyarkan gr honorer yg mengbdi di swasta, dan kalau di diknas kata teman sdh hampir di pastikan tdk akan di byarkan. mhon infox pak krn mungkin kita bxk jalur informasi tentang ini. kami mohon jawbanya pak. tengks sbelumx

    1. Wah .. Saya baru dengar, .. untuk guru non PNS namanya bantuan tunjangan profesi guru, bisa jadi tuh, nggak di ‘bantu’ lagi .. Silakan di konfirmasi kpd pihak yg berwenang utk kebenaran beritanya .. Pada intinya, semua ada pada ketersediaan anggaran di masing2 satuan kerja ..

  86. tp teman teman bilang tunjangan sertifikasi pak, tp nanti sy komfirmasi ulang kebenarannya. tp klu bpk ada info beri tahu ya pak.

    1. Ya, benar namanya tetap tunjangan profesi guru .. Namun dalam DIPA satuan kerja Kemenag namanya Bantuan Tunjangan Profesi Guru, karena DIPA TPG utk guru PNS masuk dalam anggaran belanja pegawai .. Sdg non PNS belum dianggap sebagai pegawai dalam DIPA, namun sbg org/pihak ke tiga. اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ jika ada kabar terbaru kita bagi2 disini ..

  87. semua ngarep sertifikasi, mudah2an kualitas mengajar dan kualitas murid bisa ditingkatkan, bukan cuma mengharapkan dana sertifikasi cuma untuk bayar hutang atau apapun. sertifikasi mungkin untuk meningkatkan kualitas mengajar guru dan kualitas hidup guru. yg saya liat di daerah, ada oknum guru dilingkungan kemenag ataupun diknas daerah banten yang mendapatkan sertifikasi itu masuknya aja jarang, karena mereka beranggapa, alahhh, gak apa2 tidak masuk juga karena sudah dapat dana sertifikasi.

  88. selamat pagiassalamualaikum
    bapak dirjen Pendis ditempat
    pak bok yao kalau inpassing sudah ada undang-undangnya secepatnya dicairkan kasihan to pak sama guru-guru non PNS yang hanya selalu dengan -dengan dan itupun masih kabar burung kapan ya pak bisa terealisasi tepat waktu

  89. kira-kiranya bulan apa pembayaran sertifikasi akan di bayar,kayanya saya ingin sekali cepat menirima tunjangan sertifikasi.pembayaran tersebut belum di bayar karena terhambat oleh eska pengangkatan,yang seharusnya saya guru mata pelajaran.dan sekarang saya sudah mengajar di SMA yang sesuai dari sertifikasi saya Bahasa Arab,dan itu sudah saya ajukan pada bulan lalu apa sudah sampe ke pusat? mudaha-mudahan sudah.terima kasih
    dan apa nantinya akan dibayar semua dari TMT 2010-2012?

  90. Saya tujukan kepada YTH KaBag Mapenda Kab.Jepara / Bpk. Drs H Ali Arifin MM
    kekurangan pencairan sertifikasi 11 bulan kouta 2010 katanya akan diusulkan cair
    bulan Maret 2012 kita tunggu saja sambil harap harap sungguh

  91. Dana kekurangan pencairan sertifikasi 11 bulan Mapenda Kab. Je3para ditunggu Guru Agama sebanyak 180 orang X 2.795.000 X 11 bulan = Rp,5,543,010,000,00 apakah satker
    siap mengurusnya, atau bagaimana ? ( Mapenda Jepara )

    1. Wah .. Belum selesai ya pembayarannya. Padahal tahun tadi penghematan besar2an di seluruh satuan kerja Kemenag salah satunya buat bayar TPG, nggak benar kerja perencanaan kalo gitu .. Sabar ya pak ..

  92. Assalamu’alaikum wr.wb…apa benar guru2 Dpk pada MAN atau MtsN untuk pencairan sertifikasi thn 2012 akan dikembalikan ke kemendiknas? selama 2 thn ini kami dpt dr kemenag. tapi thn ini kok ada kabar yg simpang siur dan tdk jelas kepastiannya. mohon jawaban trimakasih

  93. kami guru Dpk pada MAN dulu pernah dapat uang lauk pauk dari Kemenag tp 2 th ini kami tdk dpt lagi. saya tanya tmn2 sesama Dpk pada madrasah di kabupaten lain ada yg dapat ada yg tdk lagi. Sebenarnya dari kemenag sendiri apakah guru Dpk dapat uang lauk pauk apa tidak?kami kan bekerja di lingkungan kemenag yg kewajibannya spt guru2 PNS kemenag kenapa hak kami dibedakan oleh kemenag ya? trimakasih atas jawabannya

    1. Masalah nya sama dgn di madrasah kami, hal ini disebabkan perencanaan anggaran belanja pegawai sejak tahun 2010 berdasarkan data aplikasi gaji pegawai GPP termasuk uang makan. Otomatis guru DPK Diknas tidak termasuk dalam penghitungan anggaran uang makan. Jika dipaksakan utk dibayarkan berakibat anggarannya kurang. KPPN setempat jg melarang karena di khawatirkan ada tunjangan yg sama di dinas asalnya. Demikian bu sekedar infonya ..

  94. saya sudah terima sertifikat sertifikasi tahun lulus 2011 dan pencairan anggaran tahun 2012.saya ngajar di madrasah negeri,apakah pencairan perlu sk Dirjen dan NRG?.kata pembuat daftar gaji tidak perlu saya bingung?.Dimana saya bisa dapatkan sk Dirjen dan NRG tersebut?

  95. Maaf, saya mau nanya ibu saya sudah lulus sertifikasi tahun lalu tapi sampe sekarang belum ada realisasi pencairan dananya dari kemenag kab. barru. mohon dilihat NRGnya??????? atas nama St. Matahati, Spdi asal sekolah SD inpres awerange kec. Soppeng Riaja Kab Barru…….terima kasih

  96. Assalamu’alaikum Pak Yunizar.. Istri saya Lulus Sertifikasi tahun 2010 naungan Kemenag Riau.. namun sampai sekarang belum menerima NRG dari Kemeterian Pendidikan Nasional.. Apakah ada situs Online yang bisa melihat NRG ini sudah keluar apa belumnya Pak Yunizar? mohon bantuannya..

  97. Pak Yunizar Yth. saya di Bengkulu (Prov) isteri saya dpt panggilan sertifikasi th 2008 tidak bisa mengikuti karena sakit (hamil Tua ) jarak tempuh Bengkulu – Jambi lebih kurang 12 jam, setiap tahun membuat usulan tp sampi saat ini tdk keluar/panggilan…… mohon info nya tmks banyak.

  98. bapak bapak yang terhormat kok lain-lain
    -ada punya sertufikat uang cair
    -ada sertifikat dan NRG Cair
    -ada setifikat ,NGR dan TPG Baru bisa cair.
    -ada sertifikat dan NRG tidak TPG tiadak bisa cair
    kokgitu ya…….
    kalau terus menerus perlakuan seperti ini wibawa guru yang mulia
    bisa terbali menjadi hina.
    janganlah sampai mogok guru indonesia
    malu diseluruh penjuru dunia
    akibat uang untuk sejahtera
    malah yang terjadi malas bekerja
    nampak sosial jauh berbeda
    inilah aturan hebat pada kita

  99. bagaimana cara melihat daftar nama-nama penerima tunjangan profesi guru non PNS kabupaten Barito Utara SMKN-1 Muara Teweh, kl ada kirim ke email saya. thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s