Tunjangan Tambahan Penghasilan Guru Non Sertifikasi di Kementerian Agama Segera Dibayarkan

Berita baik dan yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman guru madrasah di Kementerian Agama akhirnya terjawab sudah, bahwa program pemberian tunjangan tambahan penghasilan bagi guru di lingkungan Kementrian Agama segera dibayarkan.Hal ini termuat dalam revisi Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) tahun 2010.  Tunjangan yang sebesar Rp. 250.000,-, itu diatur dalam Perpres No. 52/2009 tentang  Tambahan Penghasilan Bagi Guru PNS. Para guru Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia akan mendapat tambahan uang tunjangan per bulan. Tambahan penghasilan ini hanya untuk guru yang selama ini belum mendapatkan tunjangan profesi. Aturan pemberian tunjangan ini dinyatakan berlaku sejak 1 Januari 2009 yang artinya akan dibayarkan rapel untuk masa anggaran tahun ini.

Dibanding dengan guru dari Diknas, guru di lingkungan kementerian Agama agak lambat menerima tunjangan ini. Hal tersebut disebabkan karena ketika perpres ini dibuat DIPA di Kementrian Agama sudah dibuat, sehingga ketika memasukkan mata anggaran yang baru, perlu dilakukan yang disebut dengan revisi DIPA. Ditunggu setelah sekian bulan, dan sempat membuat resah karena guru tetangga di Diknas sudah menikmati tunjangannya, akhirnya revisi-nya datang juga.

Revisi sendiri memakan waktu, karena harus di sah-kan dan di koordinasikan dengan Ditjen Anggaran Propinsi setempat. Karena satuan kerja di lingkungan kementrian Agama (khususnya di Kalimantan Selatan) jumlahnya banyak tentu harus secara bergiliran. Entah bagi guru PNS yang mengajar di madrasah swasta anggarannya ada dimana, sedang bagi guru PNS di madrasah negeri ada pada satuan kerja (madrasah) masing-masing.

Berita baik lainnya, bahwa bagi madrasah negeri yang anggaran tunjangan profesi guru nya kurang juga termasuk yang direvisi atau di tambah. Hal ini menjawab keraguan pengelola keuangan di satuan kerja madrasah negeri, terutama bagi anggaran tunjangan profesi guru-nya kurang. kekurangan TPG lebih banyak disebabkan oleh ketika dianggarkan tahun sebelumnya  tidak mengikuti kenaikan tabel gaji baru di tahun 2010. Namun ternyata TPG juga termasuk di revisi, sehingga pembayaran TPG sesuai dengan tabel daftar gaji pokok terbaru tahun 2010.

Demikian Informasi-nya, semoga bermanfaat.

About these ads

87 thoughts on “Tunjangan Tambahan Penghasilan Guru Non Sertifikasi di Kementerian Agama Segera Dibayarkan

  1. alhamdulilah semoga cairnya rapelan tersebut sangat bermanfaat bagi teman-teman kita apalagi di bulan puasa ini sangat membutuhkan dana tersebut,semoga cepat cair untuk kab.cirebon,trims

    1. Kang Saprudin, semoga bisa cepat pencairannya, semua tergantung cepat atau lambatnya revisi DIPA Tahun 2010, sukses selalu untuk anda, dan salam hormat untuk teman2 di Cirebon,..
      Thank You Myspace Comments

  2. Bener Akan Turun ya……………………….

    Moga Aza Info ini Benar……………………………

    Kapan Pasti Turunnya…………………….???

    Diknas Aza Udah Turun Dari Kemarin …………………….

    Thanks Atas Infonya………

    1. Kang Ahmad Bo Yth, segera kang ! jika DIPA Mardrasah sudah di revisi, semakin cepat revisi Insya Allah juga cepat dapatnya. Entah propinsi lain, kami di Kalimantan Selatan proses revisi anggaran sedang dalam proses, …
      Semoga bermanfaat ..

  3. Apakah Pengawas juga dapat Tunjangan Tambahan Penghasilan Guru PNS ( Rp.250.000,-) tsb..? Trims. Soalnya banyak pengawas yang nanyain

    1. Di KPPN Banjarmasin syaratnya sbb :
      1. SK Kepala Madrasah tentang penetapan nama penerima Tampeng
      2. Surat pernyataan melaksanakan tugas
      3. Surat pernyataan menduduki Jabatan
      4. Surat pertanggung jawaban mutlak
      5. SSP Pasal 21
      6. FC Sk Terakhir guru
      Semoga Bermanfaat..

  4. pak,saya kan bulan jan.2009 s.d maret 2010 masih gol 2,,april 2010 smpai sekarang gol 3,,gimana mekanisme penghitungannya?sekalian minta contoh format penghitungannya?maksih,,

  5. Ibu Apipah, gol II nggak kena pajak ya ? Hitung aja ketika gol dua nggak kena pajak dan ketika gol III dikenakan pajak, format daftar pembayarannya.. berisikan nama dan nip, jumlah bulan, satuan pembayaran, jumlah pph, jam jumlah berih serta tanda tangan/rekening.. demikian semoga membantu..
    Saya saja belum memintakan nih ke KPPN ..

  6. kirain sdah dimakan pejabat, eh ternyata belum. kalau begitu cepat dicairkan saja, tunggu apa lagi… kota tangerang belum tersentuh informasi pencairan ini.

  7. Ibu Apipah Yth, saya tidak bisa banyak membantu karena di tempat saya tidak ada pegawai dengan golongan II, untuk lebih jelas bisa ibu tanyakan dengan bendaharawannya. Sedang di Banjarmasin sepertinya juga belum dibayarkan, karena DIPA masing-masing satker masih dalam proses revisi (perubahan anggaran), berdasarkan perpres 52 Tahun 2009, sepertinya tidak tertulis untuk CPNS namun hanya untuk PNS. Setahu saya dalam peraturan yang terdahulu (maaf saya lupa) disebutkan bahwa CPNS tidak boleh mendapatkan tunjangan lain selain tunjangan umum.
    Untuk pegawai gol II apakah kena pajak atau tidak, saya benar-benar tidak berani memberi jawaban, karena saya memang tidak tahu.
    Ngomong-Ngomong ibu dari satker mana ? Apakah ibu juga mengurus keuangan satker ? penghitungannya hampir sama dengan pengajuan permintaan Tunjangan profesi guru, yg lazim berisi jumlah bulan, satuan harga, pajak dan jumlah bersih.
    Demikian mudah-mudahan bisa membantu ..

  8. mksih pak ats inf.nya,,saya operator bendhara dr satker plaihari,,saya lg cari informasi soalnya ini udh mau mengamprahkan,dipa kami udh selesai dan udh smpai di kppn,,di kppn juga bilang untuk cpns tidak dpt tunjangan ini,,kemaren sore teman sms katanya untk semua gol.kena pajak.katanya itu sudah final.klo boleh tau bapak juga sebagai bendahara ya disana?

  9. klo di wilayah jawa barat kapan ya pa,,,,,
    apakah benar akan turun sebelum idul fitri, waktu nya kan tgl sebentar lg…
    mksh info nya…
    sukses selalu““““
    lagu nya dong tambahin hehehe“

    1. Insya Allah sebelum lebaran sepertinya dapet, tergantung cepat atau lambat revisi DIPA-nya .. Lagunya nggak bisa ditambah, Kang Ade mau request lagu ? Nanti saya carikan.. :) terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu juga untuk kang Ade dan keluarga..

  10. Kalau di KPPN Reg. III Tasikmalaya belum menerima pencairan Tunjangan Tambahan Penghasilan bagi PNS Non Sertifikasi, walaupun dah ada surat edarannya

    1. Pak Usep, apakah revisi DIPA-nya sudah selesai dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan prop setempat ? Jika revisi sdh selesai tak ada alasan lagi bagi KPPN manapun untuk menolak pencairan Tunjangan Tampeng,.. demikian pak .. semoga bermanfaat

    1. Alhamdulillah bu Apipah, kalau satker kami belum mengajukan nih,.. karena revisinya belum masuk ke KPPN Banjarmasin. Entah dalam beberapa hari ini .. sementara itu Surat Pengesahan DIPA-nya juga sdh selesai, mungkin tinggal masalah teknis aja lagi,.. ingat-ingat zakatnya bu hehehehehee

  11. Dalam perpres 59 tahun 2009 yang disebut GURU adalah diangkat dan ditugaskan dalam jabatan guru(pasal 1). Lalu bagaimana yang belum diangkat dalam jabatan guru walapun sudah PNS. dia kan belum punya SPMJ. Biasanya SK jabatan guru keluar setelah SK PNS. Bagaimana pak dapat tunjangan 250.000 dak . Trim

    1. Memang pak Maznoer, yg berstatus CPNS tidak dapat tunjangan tampeng 250 rb, perpresnya hanya menyebutkan Guru PNS saja. Apalagi ybs (guru CPNS) SPMJ-nya belum terbit. Demikian pak Maznoer,..

  12. Bagaimana untuk status guru yang baru diangkat sebagai PNS. Tetapi belum keluar SK jabatan gurunya. Berarti belum diangkat dan ditugaskan dalam jabatan guru. Bisa dak pak minta tunjangan Rp. 250.000. trim

    1. Bisa pak, terhitung ybs mendapat SK PNS-nya. Artinya SK PNS-nya dapat dulu baru bisa dimintakan, karena bagi guru madrasah sebagai salah satu syarat pengajuan Tunj. 250 rb ke KPPN setempat, adalah menyertakan copy SK terakhir. Demikian pak Maznoer..

  13. ya pasti pak ntar sya kluarin zakatnya,,he he he..mksih bnyak ya pak ats info2nya kemaren,,td jam 11 sp2d nya udh kluar,tinggal nunggu di bank aja lg.

  14. Ma’af pa, kalo guru tersebut CPNS atau Guru yang memiliki tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, apakah dapat tujangan tambahan penghasilan guru (250.000) ?. Trims

  15. Assalamu’alaikum Pak ????

    Gimana dengan kabar di daerah JAWA TIMUR pak ?? Kok masih sepi -sepi aza, malakah katanya ada informasi yang PNS di Instansi DEPAG tidak dapat Tunjangan Nonsertifikasi, karena sudah mendapatkan “LAUK PAUK”.
    Yang benar informasinya yang mana pak ???

  16. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Maaf pak mau nanya, saya cari – cari tentang tunjangan non sertifikasi untuk Instansi depag, kok tidak ada informasi yang sesuai dengan keinginan saya,,,,
    Di Situs Depag Pusat / Kementrian agama juga tidak ada informasi tentang Tunjangan Non sertifikasi ……..
    Apakah Instansi Depag Khususya Guru MI, MTs, Atau MA, apakah benar-benar akan mendapatkan “TUNJANGAN NON SERTIFIKASI” atau tidak pak ????
    Dikomentar BAPAK ini malahan ada yang menuliskan akan keluar “SEBELUM LEBARAN” benar apa tidak pak…….
    Wassalam..

    Fatina

  17. Pak Ahmad dan Bu Fatina Yth, Kami di Kalimantan Selatan tunjangan tambahan penghasilan nya sudah masuk ke KPPN setempat untuk di proses pencairannya, Insya Allah minggu depan sudah masuk ke rekening para guru. Untuk daerah lain saya kurang tahu, seperti yang saya tulis dalam postingan ini, proses pencairannya harus terlebih dahulu melalui revisi DIPA, silahkan ditanyakan dengan bagian keuangan di satuan kerja bapak. Jika proses revisi DIPA belum dilaksanakan otomatis permintaan pencairannya juga tidak bisa, kami di kalimantan Selatan hampir semua satuan kerja madrasah sudah melakukan revisi DIPA di akhir Agustus tadi, demikian informasinya .. semoga bermanfaat..

  18. pak,,pns yg statusnya kep sek n blm mndpatkan tunjangan sertifikasi tetap tdk boleh mendptkan tunjangan 250rb,karna dlm srt edran depkeu ri dirjen perbndhraan no 01/pb 2010 poin 7 tertulis tdk boleh bgi yg sdh mendptkan tunjngan lainnya….ini kami mngembalikan dananya krna udh terlanjur di amprahkan..giman dengan di bnjarmasin pak?

  19. sangat seru sekali nich, masalah tunggangan eh tunjangan non sertifikasi, tapi saya yakin walaupun dinas sudah dua kali keluar, depag tak akan memakan uang non sertifikasi, bila waktunya tiba pasti dibayar, biarlah berbunga dulu, tunggulah biar keringat anda bercucuran dua kali baru akan dibayar buat kalian. yang aku tahu depag itu ikhlas beramal, jadi ikhlaskanlah ….

  20. Pak, di Jawa Tengah kok tunjangan tampeng Guru non sertifikasi di Kementerian agama sampai sekarang sepi2 aja, g ada kabar beritanya. padahal Perpres 52 th 2009 dan surat edaran dari Dirjend Perbendaharan no.SE-01 PB 2010 sudah lama turun, apa g diurus ya! padahal kalo bisa cair pada bulan Ramadhan ini sangat membantu kami, kan mau lebaran buat beli pakaian anak isteri.

  21. alhamdulillah, tunjangan non sertifikasi akan dirapel dari tahun 2009. kepada para guru yang tidak masuk sertifikasi bersiaplah menerimanya. katanya sih habis lebaran. tapi kurang tahu lebaran tahun berapa ?

  22. Pak, gimana di kalimantan selatan tunjangan tambahan penghasilan guru pns non sertifikasi sudah cair apa belum.. jawa tengah nglokro ra di urus ndean, guru pnsnya dah kaya semua jadi ga diurus.

  23. Assalamu’alikum…
    Pak maaf saya mohon info tentang pencairan tunjangan non sertifikasi itu untuk di JABAR apa sdh ada yang cair? kalau ada di kab/kota mana?
    Soalnya di tempat kami ( Kota Tasikmalaya ) kayanya adem2 aj kaya ga mau cair…
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H …..Long Life your Blogs….Goo!
    Terima Kasih.

  24. Pak saeful Hakim Yth, kami di Kalimantan Selatan, khususnya Kab. Banjar .. sdh melaksanakan pencairan tunj. tambahan penghasilan, sebelum lebaran kemaren.. entah, untuk wilayah lain.. sedang proses-nya silahkan lihat komentar-komentar sebelumnya.. demikian pak.. dan selamat lebaran juga..

  25. Assalamu’alikum…
    Terima kasih atas responnya semoga saya bisa bersilaturahmi terus via Blognya….salam dari kami Insan Madrasah yang ada di Kota Tasikmalaya- JABAR untuk Ikhwan fillah di Kalsel sana. Semoga Pendidikan Islam akan semkin berkiprah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang besar ini… rasanaya tidak muluk-muluk karena diawali dengan mensejahterakan Guru2nya terlebih dahulu, mudah2an ini satu indikator akan bangkitnya dunia pendidikan diIndonesia.TQ
    Jazakumullah biahsanil jaza.

  26. Alhamdulillah pas di cek tadi siang direkening ada uang tambahan kurang lebih 2,4 jt…kalau dihitung-hitung gol II juga kena pajak ,,terima kasih pada kemenag jabar….mudah-mudahan dapat dimanfaatkan untuk ibadah kurban Aamiin….

      1. PERATURAN MENTERI KEUANGAN
        NOMOR 223/PMK.07/2009

        TENTANG

        ALOKASI DAN PEDOMAN UMUM DANA TAMBAHAN PENGHASILAN BAGI

        GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH KEPADA DAERAH PROVINSI,

        KABUPATEN, DAN KOTA TAHUN ANGGARAN 2009

  27. koq aku cuma terima 4 bulan….harusnya kalo per 1 januari 2009 ….saat aku menerima bulan november 250.000 x 11 bulan
    gmna nich……
    jatahku lainya kemana……

    1. tanyakan ke bendahara aj / kepsek (KPA)….he he, kenapa pnya ibu tidak di amprahkan sesuai bulanya? terimakasih

  28. askum…
    saya ikut senang mendengar berita ini, di Lamongan JATIM sudah banyak teman yg mendapat, Alhamdulillah sy belum dapat…pdhal saya ( guru PNS ) belum masuk data sertifikasi… kadang saya geli melihat ini, sjauh ini data apa yg dipakai untuk mengajukan anggaran ini? yg lebih memprihatinkan ada yg sudah menerima tunjangan sertifikasi masih dapat tunjangan ini….semoga ini tdk terjadi pada ihwan yg lain…Alhamdulillah setelah sy konfirmasi katanya masih dlm proses pengajuan.

  29. dian
    assalamuaikum…
    saya masih bingung dengan tunjangan nonsertifikasi, dikatakan cpns tidak menerima tetapi teman saya yg statusnya cpns pemda menerima tunjangan sertifikasi…? kok berbeda ya

  30. assalamuaikum…
    saya masih bingung dengan tunjangan nonsertifikasi, dikatakan cpns tidak menerima tetapi teman saya yg statusnya cpns pemda menerima tunjangan sertifikasi…? kok berbeda ya

  31. aslm.
    tunjangan fungsional guru depag gol. ii/b ogan ilir masih dipotong PPH, apakah ada dasarnya untuk hal tersebut???.

  32. guru PNS dilingkungan pendidikan nasiional honor dilingkungan departemen agam masih mendapatkan tunjangan fungsional (bukankah itu double??). hal ini juga terjadi di ogan ilir.

  33. Pak.. mengapa tambahan penghasilan dilingkungan kemenag untuk tahun 2010 sepi ya, padahal di kementerian perndidikan dicairkan setiap 6 bulan, ada apa sih, padahal bagi yang belum serttifikasi itu sangat membantu lhoo….?

  34. Pak Mugiyo Yth, Jika tdk dibayarkan tahun 2010 berarti sudah lenyap alias tidak ada lagi,kan udah beda anggaran. Silahkan bapak tanyakan dengan pihak pengelola keuangan di madrasah/kemenag kab/kota, apakah yang tidak dibayarkan di tahun 2010 akan dibayar di tahun 2011. Semua tergantung ketersediaan dan perencanaan penganggaran, mungkin bisa bapak lihat dipostingan saya yang terbaru .. terima kasih sdh berkunjung

  35. Tapi mengapa untuk anggaran tahun 2009 baru dicairkan kemarin (akhir tahun 2010), sedangkan berdasarkan kepres no 52 guru non sertifikasi berhak menerima tambahan penghasilan per 1 Januari 2009, sedangkan yang masuk ke rekening hanya Rp.2.600.000. artinya itu baru yang tahun 2009 setelah dipotong pajak. Ketika ditanyakan kepada bendahara, dia juga menjawab tidak tahu, kalau memang hangus berarti kepres no.52 tahun 2010 tidak punya kekuatan ya bos?

    1. Pak Mugiyo Yth, ya.. harus dibayar mestinya,.. penganggaran untuk pembayaran di tahun 2010 sudah diperhitungkan dengan tahun 2009, artinya di anggarkan untuk 24 bulan. Pengajuan anggaran dengan jumlah yang tidak valid plus tak ada kepedulian dari KPA dan Pengelola Keuangan,.. ya seperti anda ini yang akhirnya jadi korban. Tak mungkin bendahara tak tahu sebabnya.. bapak bisa bertanya apakah disebabkan oleh keterbatasan anggaran atau berbenturan dgn peraturan lain..? Kalo boleh tahu bapak, dibayar oleh madrasah atau kantor kemenag kab/kota ?..

  36. assalamu alaikum wr.wb.
    Saya seorang guru agama sekolah dasar, nip diknas (pengangkatan Depdiknas dulu)dan sudah disertifikasi lewat depag tahun 2009,sekarang saya diangkat jadi pengawas dan bekerja dibawah naungan diknas.
    Pertanyaan saya apakah tunjangan profesi saya dibayarkan lewat diknas ataukah tetap lewat kementerian agama? Mohon penjelasannya

  37. Waalaikum salam, seperti akan ke Diknas, dengar-dengar kabar, entah benar atau tidak, Guru agama di sekolah umum dengan NIP 13 akan di kembalikan ke Diknas pembayaran TPG nya.. Demikian pak, semoga membantu

  38. Assalamu’alaikum…. begini mas/mbak saya mau sharing tentang ttp ini…
    saya adalah guru kelas di MIN diangkat CPNS tahun 2009 saya mulai kerja 1 Juli 2009 akhirnya pada saat dana TTP keluar saya dapat juga, dan yang paling mengejutkan saya, kemaren saya di panggil KPPN katanya terjadi kesalahan, TTP hanya Untuk PNS CPNS tidak dapat. dan saya suruh mengembalikan uang TTP yang telah dibayarkan selama saya CPNS dulu,…. ketika saya tanya ma tmen2 yang pegawai daerah ternyata walaupun masih CPNS tetap dapat uang TTP tersebut… mohon bantuan, n infonya bos…

  39. Setahu saya , CPNS memang tidak dapat TTP .. di satker kami tidak memintakan TTP,.. jika membaca peraturannya, memang tak disebutkan untuk CPNS .. semoga bermanfaat ..

    1. Seharusnya dpt, dgn status sbg PNS ..dengan catatan belum mengikuti proses sertifikasi sama sekali, .. Jika anda disertifikasi tahun ini, berarti anda berhak mendapat tunjangannya, karena TPG anda baru dibayar sejak jan 2012 .. Demikian pak, semoga Membantu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s