Jalan-jalan Ke Bali : Tanah Lot (4)

Tempat wisata terakhir yang kami kunjungi di Bali adalah Tanah Lot. Sebuah obyek wisata yang terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa, yang bernama Danghyang Nirartha . Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra.

Tanah Lot

Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.

Dibanding tempat wisata lain di Bali, di Tanah Lot  tersedia tempat sholat yang disediakan oleh sebuah warung kecil plus toilet dan tempat mandi. Tempat sholat sederhana dengan hanya beralaskan tikar. Disini juga akhirnya saya merasakan air mandi dan mandi pertama saya di pulau Bali. Pura di Tanah Lot, merupakan tempat wisata terakhir di Bali yang kami kunjungi. Perjalanan sekitar 12 jam di pulau Dewata, kami akhiri dengan kembali menuju ‘homebase’ Surabaya, mempersiapkan ziarah ke lima wali di propinsi Jawa Timur.

Lanjut nanti dengan cerita ziarah ke lima wali Jawa Timur

 

About these ads

2 comments

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s