Gaji Ke-13 Tahun 2011, Ditunggu !

Ketika bulan Desember 2010, Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) 2011 pada semua satker terbit, salah satu perhatian dalam anggaran belanja pegawai adalah apakah gaji dianggarkan untuk 13 bulan. Ternyata di tahun 2011, gaji ke-13 tetap ada. Sekarang yang ada hanya menunggu, biasanya akan didahului dengan Surat Edaran dari Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan tentang teknis dan waktu pembayarannya.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, Surat Edaran nya terbit sekitar bulan Juni dan Juli. Demikian juga pembayarannya sekitar di akhir bulan Juni dan Juli. Jika merujuk Surat Edaran tentang pembayaran gaji ke-13 tahun lalu, maka yang menjadi acuan jumlah pembayaran gaji ke-13 adalah gaji pokok bulan Juni 2010. Artinya gaji ke-13 besarannya sama dengan gaji pokok yang didapat pada bulan Juni. Jika misalkan anda naik pangkat, sedangkan SK nya belum datang dan SK pangkat itu terhitung sebelum Juni   atau bulan Juni maka anda bisa dimintakan kekurangan gaji ke-13 dengan daftar tersendiri setelah mendapat SK nya. Apakah tahun ini peraturannya tetap, kita tunggu saja Surat Edarannya.

Namun harus diingat lho.. pembayaran yang beginian tergantung kecepatan bendaharawan dan pembuat daftar gajinya, jika mereka berdua itu telat atau lambat mengajukan permintaan maka lambat juga sampai ke rekening/ ke tangan pegawai. Termasuk juga permintaan pembayaran untuk kekurangan gaji (rapel) dan gaji susulan.

Gaji ke-13 hanya memuat :

  1. Gaji pokok
  2. Tunjangan istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok
  3. Tunjangan anak sebesar 2% dari Gaji pokok per anak
  4. Tunjangan fungsional/struktural/umum (tergantung jenis tunjangan)
  5. Tunjangan pajak PPh

Jenis potongan :

  1. Pajak PPh

Untuk potongan pajak jadinya kosong,artinya pajak PPh itu dibayar oleh pemerintah jadi potongan pajak jadi kosong atau Rp. 0,-

Yang tidak ada dalam perhitungan Gajike-13 adalah :

  1. Uang Beras
  2. Potongan Iuran wajib pegawai (10%)
  3. tabungan perumahan/sewa rumah dll
  4. uang makan

Demikian semoga bermanfaat,dan silahkan bersabar menunggu nya .. :) Dan yang penting gaji-13 bebas potongan hutang-hutang seperti Bank, Koperasi dan potongan-potongan lainnya hehehehehehe…

Gaji ke-13 diluncurkan pemerintah sejak beberapa tahun lalu, salah satu gunannya untuk tambahan biaya anak-anak PNS yang masuk sekolah atau kuliah. Sedang bagi yang belum punya anak dan belum kawin.. buat apa ya ?? :) :) Hayyooo  buat apa ?

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa ya.. untuk bersyukur dan zakatnya.. karena disana ada sebagian untuk fakir miskin dan anak yatim..

Update Terbaru

PP dan Perdirjen tentang gaji ke 13 telah terbit, yaitu :

PP no 33 Tahun 2011, untuk download klik disini ==> KLIK DISINI

Perdirjen No.38/PB/2011, untuk download Klik Disini ==> KLIK DISINI

Berdasarkan hal ini, maka kasusnya, saya nyatakan selesai dan ditutup, supaya diskusi nya tidak berkembang kemana-mana, selamat untuk semua ..

About these ads

37 comments

    1. Ya .. Benar pak, untuk gol III PPh 5%, sedang gol IV 15%. Untuk gaji bulanan, PPh tidak berpengaruh thd gaji, karena PPh dibayarkan oleh pemerintah. Hanya berpengaruh thd pembayaran tunjangan2 diluar gaji, semoga bermanfaat …

    1. Wah .. Asik tuh kalo TKD di 13 kan juga, dengar kbr TKD Guru di ibukota hampir sama dgn gaji sebulan .. Gaji 13 setiap bulan dong artinye, hehehe .. Sepertinya tdk akan di 13 kan ..

  1. Dalam Pertrn Dirjen Perbendaharaan no per-22/pb/2010 tgl 16 juni 2010, disebtkn bhw gaji 13 terdiri dari: gaji pokok, tunj keluarga, tunj jabtn/tunj umum, dan tunj khusus/tunj khusus kinerja/tunj kinerja/insentif khusus.

    Ini kan tahun lalu, saya baru dpt tunj kinerja (remunerasi) thn ini. Mungkin org depkeu yang lebih dulu dpt remun yg tahu? trims.

  2. Kapan BPN di remunerasi..jangan cuman depkeu doank yang bisa 100% remunerasinya..yang lain juga donk..

  3. Tq 4 the inform. Alhamd, lumayan buat biaya sklah anak, and nyenengin ortu, sisanya buat liburan ma istri ke-1 hehehe…

  4. mas yunizar..suami saya tni/polri..gaji 13 yg kmai terima cuma gaji pokok ajah tuh selama ini yg kami terima..kira2 apa spt itu ya?? mohon pencerahannya

  5. Kalo gajinya, gaji bujangan alias tidak menanggung keluarga .. ya, memang gaji pokok yang diterima. Tapi kalo menanggung isteri dan anak, maka yang dibayarkan sama dengan gaji rutin, dikurangi tunjangan beras dan mungkin di TNI/POLRI uang lauk pauk. Sistem penggajian di TNI/POLRI saya tidak begitu mengetahui. Demikian, semoga membantu

  6. makasih mas..mgkn mmg berbeda sedikit share yg kami terima dr tahun ke tahun bahwa gaji ke 13 di tni polri itu cuma gaji pokok thok tanpa teman2nya spt tunjab, ulp, tunjangan istri or anak…jadi “plain vanilla ” wkwk….bingung mo dijadiin apa..buat bayar sekolah ajah msh kurang..:p…hehe
    tp however..alhamdulilah..makasih mas…

  7. @moonlight : utk polri, gaji 13 tdk hanya gapok koq,,, sama spt yg lain, tunjab (bg yg mendapat tunjab), tunj. anak & suami/istri (bg yg menanggung kluarga) dpt…
    kl smpai tdk dpt tunjabnya (kl dpt jabatan), mkn bisa d pertanyakan k juru byrnya… kynya ada kesalahan tuuh. kl ULP n beras memang tdk d masukkan….
    trus kl menghitung krg atau ckpnya utk biaya skolah memang slalu kurang, itulah kenapa qta hrs menabung,,,,, bkn bgt ????

  8. stl dikonfirmasi ternyata pembayaran gaji ke 13 yg plus “teman2nya” itu baru berlaku dari tahun kemarin ya…oalah..kok ga ngeeh ..maap..makasih sharenya…mesti ditingkatkan nieh pengawasnnya ya supaya ga main terima2 gt ajah..mslhnya pengganjiannya mash pake jasa orang lg sieh ya ga lgsg debet rekening by system mksdnya..jd kudu cross check dl..makasih putri…

  9. terimakasih bu atas informasinya, dan terimakasih juga peringatannya tuk mengeluarkan zakat nantinya, semoga jadi amal jariyah bagi ibu. Amin

  10. kapan cairnya ya, gaji 13 . Aq lagi butuh duit utk bayar anak untuk masuk kuliah,,,,,,, moga cepat cair sebelum akhir minggu2 ini dong….

      1. PER nya sdh cukup, SE biasanya utk pemberitahuan .. Karena sdh pada tau jd, jg nggak perlu SE hehehe .. Pengelola keuangan sdh diberi lampu hijau oleh KPPN utk mengajukan permintaan pembayaran mulai hari ini .. Tunggu paling lambat 2 hari setelah SPM masuk, gaji 13 masuk rekening .. Entah utk pegawai Pemda sy tidak tahu ..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s