Gaji Ke-13 Tahun 2011, Ditunda !

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Suprijanto, di media online detik.com  (14/6) menyatakan kemungkinan besar, awal Juli mendatang PNS baru bisa menerima gaji ke-13. Yang ditunggu oleh DJP Kemenkeu adalah PP yang mengatur tatacara pembayaran gaji ke-13 belum keluar dari sarangnya di Sekretariat Negara. Sementara yang ditunggu oleh ribuah satuan kerja adalah SE dari  Dirjen Perbendaharaan. Jadi, selama PP (Peraturan Pemerintah) nya belum turun, maka SE nya pun tak ada. Jika tahun 2010 lalu,  PP No.54 terbit tanggal 15 Juni 2010, sepertinya PP untuk tahun 2011  tidak akan terbit dalam waktu dekat ini ataub pada tanggal yang sama.

Walau sebenarnya, satuan kerja yang dananya dari APBN sejak beberapa tahun yang lalu tidak pernah dibayarkan pada bulan Juni. Saya masih ingat ketika tahun lalu, pengajuan permintaan pembayaran ke KPPN setempat baru bisa diajukan di atas tanggal 25.  Alhasil, biasanya gaji ke-13 diterima barengan dengan gaji bulan Juli.

Namun, jika asumsi PP untuk  tahun ini memang telat dikeluarkan, apalagi di bulan Juli, belum lagi nunggu SE nya, maka tergantung kesiapan KPPN aja lagi. KPPN yang mengurus banyak satker tentunya akan overload, karena selain memproses pengajuan gaji pokok bulanan juga mem-proses gaji ke-13. Idealnya sih, PP dan SE-nya keluar bulan ini juga, trus pengajuannya bareng dengan pengajuan gaji bulan Agustus. Tinggal tunggu beberapa hari, uangnya masuk ke rekening.

Jika pengajuan nya harus nunggu teman-teman KPPN menyelesaikan gaji bulan Agustus dulu, trus baru tanggal 25 Juli baru bisa diajukan permintaan pembayaran gaji ke-13 dan diterima di awal Agustus 2011, maka kasian nih teman-teman PNS yang pengen menyekolahkan anaknya, karena tanggal segitu sudah masuk tahun ajaran baru. Walau saya belum punya anak yang sekolah, tapi saya tahu sekali bagaimana perlunya uang tambahan untuk keperluan anak sekolah. Trus, gaji ke-13 akhirnya jadi kehilangan fungsinya untuk membantu keperluan anak PNS yang mau sekolah/kuliah.

Insya Allah, semua berjalan lancar .. dan harap bersabar ya..  :)

Update Terbaru

PP dan Perdirjen tentang gaji ke 13 telah terbit, yaitu :

PP no 33 Tahun 2011, untuk download klik disini ==> KLIK DISINI

Perdirjen No.38/PB/2011, untuk download Klik Disini ==> KLIK DISINI

Berdasarkan hal ini, maka kasusnya, saya nyatakan selesai dan ditutup, supaya diskusi nya tidak berkembang kemana-mana, selamat untuk semua ..

About these ads

47 thoughts on “Gaji Ke-13 Tahun 2011, Ditunda !

  1. Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog sampiyan. Ini ulun Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis ulun di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan ulun kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.

    Kalo soal gaji 13 yang molor sampai ke bulan Juli, sebagai guru jelata ulun hanya bisa berpasrah dan tetap bersyukur..krn setidaknya insya Allah masih kawa dapat.. dibanding dgn yg mngkin bukan PNS.

    Ditunggu kunjungan balik dan masukan dari top master blogger guru madrasah kalsel…

    • Selamat Pak Zainal atas launching blog pembelajaran Qur’an Hadits-nya, semoga bermanfaat bagi pendidikan dan umat. Guru madrasah doyan komputer, internet dan ngeblog harus selalu di kampanyekan, terutama Pak Zainal calon pemimpin madrasah kelak. Mengenai blognya, luar biasa pak.. menurut saya, malah bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan tidak saja utk guru QH dan siswa saja. Sekali lagi semangat, kalau ada kritikan mungkin hanya kepada yang menyediakan bandwith saja lagi,.. jgn sampai semangat memajukan pendidikan dan teknologi terhalang oleh koneksi yg tdk memadai.
      Mengenai gaji ke-13, ya .. apapun yang berhubungan dengan pemberian nafkah dari pemerintah, intinya tetap bersabar dan bersyukur. Dan yang terpenting saya bukan master blogger guru madrasah di Kalsel.. Hehehehehehhehe.. sekali lagi selamat pak Zainal ..

    • Gaji Ke 13 kapan ya kejelasannya, krn ditunggu di TV tdk ada kabar beritanya...kami seluruh PNS se Indoneisa mengharap semoga PP dan SE sebagi payung hukumx segera terbit. berkata:

      Apa yg dikatakan olh blog Yunizar bhw Gaji ke 13 diperuntunkan untuk membantu PNS yang memiliki anak sekolah SMA/Kuliah sebagai biaya masuk sekolah /daftar ulang memang benar, namun durian runtuh yang ditunggu2 tidak kunjung keluar masih terbentur tembok (PP dan SE) sehingga para PNS diminta bersabar/menelah air liur, sehingga pemungsian /keberfungsian gaji ke13 tidak akan berfungsi untuk anak masuk sekolah lagi kalo tidak dikelurkan awal bulan Juli ini….

      • Sepertinya akan jadi tunjangan lebaran .. Lupakan utk biaya anak sekolah/kuliah .. Cari dana yg lain aja ya .. Sukses selalu utk semua, ..

  2. yah akhirnya molor juga gaji 13 di bayarkan, kasihan orang kecil seperti saya, dg gaji yang pas – pasan dan kurang untuk biaya hidup tiap hari, program pemerintah tidak bisa berjalan sesuai jadwal, sebab banyak orang beasar yg bermasalah, sehingga orang kecil kena akibatnya yaitu susah untuk menghidupi keluarga, sedangkan orang besar selalu turah turah atau berlebih tingkat pendapatannya, walah – walah memang sudah menjadi takdirnya saya jadi orang kecil hidup menderita di negara pancasila yg berdemokrasi ngawur , yg berkuasa inginnya hanya pribadinya dan kluarganya, sedangkan orang kecil jadi korban. terima kasih bapak yg memimpin, atas penderitaan saya.

  3. Aku setuju pemerintah memberi gaji 13/tahun.
    Kl diamati dari masing2 pemda tkt 1 atau 2 ada uang TPP yg besarnya variatif ada yg 250ribu (kab.banjar,indramayu yg non struktural) dan bahkan di pemprov jabar yg struktural nyampe 50jt perbln?? Fantastis, menjadi jurang yg amat jauuuh. Harusnya ada juknis yg sama seluruh NKRI. Kan hati kecil PNS yg lain berkata ADIL kah? Kalau urusan semacam itu,jgn diserahkan daerah ! Biar pusat buatkan pembobotan yg PATUT antara PNS ! Harusnya Gol.rendah : tinggi = 1:5 !!!

  4. Gaji ke-13 sebaiknya segera diberikan , anak yg diterma di rsbi kemarin saja sudah mulai harus membayar lho…

  5. untuk KPPN tidak akan lama memproses gaji ke 13, karena di KPPN sudah ada software aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP). hanya dalam hitungan menit bisa jadi puluhan SP2D utk pencairan Satker di Bank Operasional II dimana Satker / Bendahara membuka rekening, yg jadi masalah justru di tingkat atas yg membuat aturannya. Bendahara Gaji/Pengeluaran menggunakan GPP juga hanya dlm hitungan menit dg jumlah 1000 pegawaipun bisa mencetak daftar gaji ke-13,kl Bendahara setelah terbit PP/SE ttg gaji 13 terbit maka Satker bisa langsung cetak daftar utk diajukan ke KPPN dan KPPN dg Aplikasi GPP juga menerima data pengajuan GPP dari satker utk cek kebenaran permintaan gaji ke 13 tsb, lalu spm yg diajukan segera dapat di terbitkan SP2D utk gaji ke 13 tersebut. Jadi bagi KPPN tidak akan istilah overload, yg harus sabara justru menunggu aturan2 tersebut. itulah penjelasan kami (pegawai KPPN)

    • Nah, ini pegawai KPPN sdh ada yg jamin, prosesnya akan cepat dan tidak ada istilah overload. Istilah overload itu sih versi saya, karena beberapa kali pengajuan belanja pegawai seperti kekurangan gaji yg 10% lalu termasuk gaji ke 13 tahun lalu, pengajuannya di atas tgl 25. Penafsiran saya, lalu bahwa KPPN menyelesaikan gaji rutin dulun baru yang lain. Jika mas Darma menjamin tdk ada istilah overload itu, berarti memang jika dalam beberapa hari ini PP dan SE terbit, harusnya sdh bisa dimintakan. Tanpa harus menunggu tgl 25, sepertti tahun lalu. Wah, kabar baik nih teman-teman, .. Terima kasih mas Darma sdh kasih komen, sukses selalu utk anda dan teman-teman di KPPN

  6. Guru seperti mas Yunizar dan Peg. Depkeu, sih enak mas dapat tunjangan profesi dan remunerasi,.. nah kalo kami yg tidak dapat apa-apa, mengharapkan opo mas, mas ! Gaji ke 13 yg diharapkan, dana yg lain apa mas ? dana cepat ya ? alias ngutang .. hehehehe.. maaf-maaf kata yang mas ..

    • Wah, yg beginian nih jd nggak enak. Pak Zainudin yth, tunjangan apapun namanya itu kebijakan organisasi, saya tak tahu persis apa sebab musabab nya kebijakan itu terbit. Rezeki itu sdh diatur sama yg maha Kuasa.
      Dana lain yg saya maksud, ya .. Ngutang pak, hhehhehehe .. Kan ada idiom bukan PNS kalo tdk ngutang, ..
      Kita bawa santai dan bersabar serta bersyukur pak, kan jika bersyukur maka ditambah nikmatnya. Ini yg jamin bukan presiden, apalagi Menkeu, yg jamin Allah SWT.
      Terima kasih sdh berkunjung sukses selalu utk anda ..

      • Maksud kebijakan organsasi itu apa mas, masa mas Yunizar tidak tahu tunjangan profesi guru itu untuk apa ? Kalau tujuan remunerasi pasti mas Yunizar tak bisa jawab,.. lha wong bukan pegawai depkeu .. hehehe .. maaf-maaf kata sekali lagi ya ..

      • Setahu saya Tujuannya utk meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru. Walau diberbagai kesempatan sering juga dihujat, karena dianggap tidak terlalu berdampak pd tujuan peningkatan mutu. Maksudnya pemerintah sih seperti, mutunya baik dulu baru disejahterakan. Sayangnya, pengukuran mutunya nggak jelas jg, ngumpulin berkas2 usang trus sdh dianggap bermutu. Memang agak susah dikejar mutunya di kalangan guru yg sdh sepuh. Tujuan utk meningkatkan kesejahteraan guru jg ‘agak bermasalah’. Karena guru yg perlu disejahterakan bukan guru dgn masa kerja tertentu saja, atau status PNS dan non PNS saja. Harusnya utk semua guru. Dan harus diingat lho mas Zainuddin, tunjangan kami itu tidak serta merta ngikut gaji seperti pegawai Depkeu, minimal harus jd guru dgn masa kerja 5 tahun, harus ngumpulin portofolio, dan ikut diklat. Demikian mas Zainuddin, sebagian penggalan nya versi saya lho.. Banyak koq, blog lain membahas tentang demikian. Sukses selalu utk anda ..

  7. Pemimpin anda pasti akan bilang ‘saya turut prihatin atas keterlambatan pembayaran gaji ke-13 ini, setiap policy pasti ada dampaknya, makanya saya perlu berpikir lebih dalam, supaya bisa memecahkan masalahnya secara komprehensif dan menyeluruh’ .. Hehehe .. sorry, saya sih nggak dpt gaji ke-13 cuman bokap ama nyokap neeh .. saya dijanjiin akan dibelikan motor .. weks ..

  8. Uraian di atas gajih 13 tiap bulan juli. Kami klarifikasi untuk Tahun 2010 gaji-13 tgl. 24 Juni sudah cair. Tahun 2009 tgl 17 Juni sudah cair. Trims.

  9. Setiap daerah, kementerian dan lembaga berbeda-beda, Pegawai Pemda dgn dana APBD hanya perlu PP tidak SE dari Dirjen Perbendaharaan. Hari ini PP nya keluar, besoknya pihak Biro Keuangan Pemda Propinsi,Kab dan kota sudah bisa bikin daftarnya. Sedangkan yg menggunakan APBN dan melalui KPPN harus nunggu SE DJP lagi. Apalagi jika satker nya jauh dari KPPN, nggak tau informasi terkini. Waktu pencairan kenaikan 10% pegawai Pemda lebih cepat satu bulan dibanding pegawai pusat yg menggunakan dana APBN. Karena ya.. mereka hanya perlu PP, sedang kami harus nunggu SE. Cepat atau lambat semua relatif, yang penting kita terus bersyukur, itu menurut saya yg lebih penting ..

  10. Gaji 13 memang sebaiknya harus dicairkan bulan juni karena dulu pernah disampaikan gali 13 untuk membantu biaya sekolah atau kuliah anak-anak tetapi semakin lama justru semakin telat padahal itu yang sangat diharapkan untuk meringankan atau membantu biaya sekolah kalo begini namanya bukan gaji 13 tapi gaji tunjangan hari raya hahaha

  11. Bang mo nanya nih !
    Kenapa TPP bagi PNS di Pemprov besar2 ? Sedang PNS pemkab/pemkot dapat kecil2 ? Dan apa yg sudah dpt TPP dapat Remunerasi dan yg sudah dpt sertifikasi juga dapat TPP+Remun..?
    Sungguh tak adil bagi PNS kab/kot yg non guru ? Sungguh sila ke 5 pembuat keputusan tidak berjiwa Pancasila, mungkin baru 4 sila ? ! !
    Kacau lah negara ini !

    • Tunjangan apapun saya kira itu kebijakan organisasi, dampak OTDA dgn PAD tinggi tentu mereka memberi tunjangan yg banyak dan besar, belum lg kalo pemimpinnya yg royal .. Dengar kabar ada Pemda yang alokasikan 80% APBD utk Belanja Pegawai. Ttg remun saya tak tahu banyak .. Ya .. Pemerataan msh jd masalah di berbagai bidang .. Sukses selalu utk anda, trim sdh berkunjung ke blog ini

  12. mas mau nanya ni apakah gj sertifikasi itu nggak bisa melekat dengan gj bulanan ya? selain itu saya termasuk orang yang sdh mendapat tunjangan profesi apakah nanti saya juga msh dpt masuk remonerasi? Kadang kadang saya berfikir kenapa wilayah kerja saya dalam sgl hal itu selalu telat apa karena instansinya di kampung jd kendala ya. Tol kasih tau resepnya agar lancar spt daerah lain

    • Sepertinya belum bisa, karena TPG msh masuk dlm kategori anggaran tertutup. Tdk terbuka spt gaji biasa, entah di kemudian hari. Ttg remun, apakah akan dpt juga .. Kalo saya seeh kepengen dpt .. Hehehhe .. Saya tdk tahu apakah akan dpt juga. Walau ada teman yg bilang, bahwa remun itu ditujukan utk semua PNS, entah kapan .. Tapinya :)
      Banyak faktor ttg percepatan, antara lain kesiapan peraturan, ketersediaan anggara, kegesitan pengelola keuangan dll. Semoga membantu

  13. wah udah masuk bulan juli tp gaji 13 belum jg cair…. ==a
    gaji 13 sangat di butuhkan saat ini untuk byar kuliah…. :(

  14. TPP Provinsi lebih besar dan beda sekali daripada yg di Pemkot/kab. Dan samasekali PNS tingkat 2 gak dipikirkan provinsi (tingkat 1), makanya para PNS tingkat 2 apa masih mau mensyukseskan Pemilukada tkt 1 ? Wah bagai telur diujung hidung, mau2nya kamu PNS tkt 2 ? Mari berpikir kritis dan hanya nurut yg saling memberi kesejahteraan kita PNS tkt 2 dan adil !
    Jaman sekarang serba mahal buat hidup,mosok mikirin elite penguasa? Jgn mau jatuh kekubangan yg sama!
    Setuju kan teman2 ?

    • Tergantung kecepatan biro keuangan masing masing satker/kantor .. Kalo Pemda silakan kontak biro keuangan setempat. Sedang untuk peg pusat, sudah bisa dimintakan mulai hari ini (ini di tempat kami, entah ditempat lain :) )

  15. masalah gaji 13…
    Ikan sepat ikan gabus..
    Semakin cepat makin bagus..
    Bukan..
    Ikan lembat ikan lele
    Sudah lambat bertele-telemasalah gaji 13…
    Ikan sepat ikan gabus..
    Semakin cepat makin bagus..
    Bukan..
    Ikan lembat ikan lele
    Sudah lambat bertele-tele
    Sudah lambat bertele-telemasalah gaji 13…
    Ikan sepat ikan gabus..
    Semakin cepat makin bagus..
    Bukan..
    Ikan lembat ikan lele
    Sudah lambat bertele-tele

  16. Alkhamdulillah gaji 13 sudah dapat,langsung dikirim buat anak utk bayar kost+smesteran kuliah, habislah duitnya ! He he
    Sekarang mikirin buat 6 bulan semester berikutnya! Saya sisihkan dari gaji bulanan. Beruntung masuk PTN,jadi masih kejangkau! Kalau mau sejahtera ya sulit bagi PNS yg beranak lebih dari 1 !
    Anggaran pnddkan harusnya sampai S1 gratis ! Tapi siapa yg berani? Para politikus,pengamat,rakyat dicekokin tiap hari dgn debat+tawuran+kekerasan berita elektronik! Tayangan yg gak layak menurutku !

  17. Sangat disayangkan gaji ke 13 yang menjadi harapan bagi semua pegawai yang berhak menerimanya di masing-masing Daerah pencairannya tidak tepat waktu,tunggu-menunggu, di kabarkan BANK BPD kalsel sempat kekosongan Dana masih menunggu transfer dari Provinsi, kemudian pihak instansi masing-masing bendaharawan masih tahap penyelesaian administrasi di BANK ybs. demikian kabar yg kami serap untuk sementara. Jadi Gaji ke 13 yang menggembirakan itu hendaknya bagaimana caranya super menggembirakan.? Mudah-mudahan Pak Mentri mendengar di setiap kotak saran disetiap Blog Google internet yang masuk. Ok, terimakasih Pak`YUNIZAR COM.

  18. Tunggu-menunggu, nanti-menanti, belum juga cair sampai tgl 14 Juli 2011, gaji 13 yang dinanti-nantikan ,walaupun cair tapi tak bersemangat lagi, sebab utang pinjaman sudah menggu. yaaaaaaaaaaaa….tetap bersyukur.

  19. simbahe nyong lagi kena mencret,,pan priksa laka dwite,,,,,,,,,,seharuse gaji 13 metu pada saat menjelang libur tahun ajaran baru,,,,,,,tolong pemerintah yang tegas dalam menangani gaji 13,karna kami yang dibawah sedang kesusahan mencari uang untuk makan………..

  20. Akhirnya cair juga Gaji ke 13 di Tanah Bumbu hari ini, Senin 18 JULI 2011. Lega rasanya buat menutup lubang di sana-sini, mumpung ada kepercayaan dari orang yang dekat dengan kita yang mampu mengatasi masalah tanpa masalah , ini dia orangnya ” PEGADAIAN” mampu mencairkan dalam hitungan menit…….( asalkan ada pipikatnya yang disandakan melalui administrsasi……) , heheheheheeeeee………

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s