NRG dan TPG Untuk Guru Madrasah ~Sekali Lagi~

Untuk yang kesekian kali saya membahas Nomor Registrasi Guru (NRG) dan Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk guru madrasah. Setahu saya, entah -mungkin saya salah- tidak ada satupun guru madrasah yang punya NRG terbitan Kementerian Pendidikan Nasional. Guru yang berhubungan dengan Kementerian Agama dan punya  NRG, hanya guru agama di sekolah umum. Yang ada hanya NRG sementara buatan Kementerian Agama. Itu faktanya.

Menafsirkan peraturan entah yang mana itu, bahwa syarat pencairan TPG   harus memiliki NRG terbitan Kemdiknas, banyak teman-teman yang curhat ke blog ini. Ada KPPN yang mau mencairkan ada juga yang tidak mau mencairkan. Selain itu, ada pula kabar bahwa ada KPA (Kepala Madrasah) yang tidak berani mencairkan sebelum NRG dari Kemdiknas Terbit.

Bagaimana ini ? Bingungkan ? Saya juga bingung ! Sayangnya, NRG sementara itu hanya terbit sekali yaitu pada tahun lalu (2010), hingga saat ini belum pernah terbit lagi. NRG sementara itu memuat NRG sementara bagi guru yang sudah disertifikasi sejak tahun 2008 hingga 2010. Bagaimana keabsahan NRG sementara itu, saya pun tak tahu pasti keabsahan dan kekuatannya sebagai syarat pencairan TPG. Di beberapa KPPN mau saja hal tersebut sebagai syarat pencairan. Bahkan pencairan TPG ditahun 2009, tidak ada sama sekali NRG dijadikan persyaratan. Lah iya lah, NRG sementaranya baru terbit tahun 2010. Hehehehehe

Lalu, bagaimana dengan Kuasa Pengguna Anggaran (Kepala Madrasah) yang tidak mau mencairkan TPG karena NRG dari Kemdinas belum terbit ? Itu adalah hak KPA untuk mencairkan atau tidak Tunjangan Profesi, (becanda nih .. dikerjain aja KPA-nya atau buat mosi tidak percaya atau dilengserkan, hahahahaha). Jika pencairan sejak tahun 2009 dianggap illegal karena NRG (sementara dan tetap) nya belum terbit, seharusnya para guru mengembalikan TPG nya ke kas negara, wah.. milyaran tuh uangnya .. :). Lalu, buat apa Tunjangan Profesi Guru dimasukkan ke dalam anggaran DIPA setiap tahun jika persyaratannya belum lengkap. Berapa milyar Kementerian Agama kehilangan daya serap anggarannya, jika tiap tahun TPG dianggarkan lalu TPG nya tidak bisa dicairkan.

Jika  KPA/Kepala Madrasahnya tetap keukeuh tidak mau mencairkan juga, buat surat pernyataan, jika dianggap illegal maka siap untuk mengembalikan nya kekas negara. Kalau hal demikian benar-benar terjadi (amit-amit cabang bayi) entar saya temani ke Bank/kantor pos terdekat mengembalikan ke kas negara, hehehe.. karena saya juga mau setor .. hahahah

Saran saya, konsultasikan hal ini dengan pihak yang berwenang dan perlu kesabaran. Insya Allah,jika memang sudah rezeki pasti tidak akan kemana. Apalagi dalam beberapa kesempatan petinggi Kementerian Agama sudah menjanjikan bahwa semua TPG yang belum dibayarkan, akan dibayarkan kemudian. Upss, lupa.. kita (bangsa) kadang punya penyakit lupa, bahkan menurut para ahli kritik penyakit lupanya sangat akut :)

Semoga Bermanfaat ..

About these ads

46 thoughts on “NRG dan TPG Untuk Guru Madrasah ~Sekali Lagi~

  1. Ya, mantap Pak, …ini Dia Iklan Teks Tentang Pendidikan yang sudah di tayangkan, kami tambah jelas dan di perjelas, kami boleh mengerti apa itu NRG ?…… Setiap kali pengisian Data / Format yang baku tentang identitas guru pasti ada kolom yang harus diisi itu si NRG tadi.? jadi Kami tidak tahu , kami kosongkan aja. ok. terimakasih Pak.

    1. Secara pengertian saya kurang tahu maksud NRG, hanya sebaris nomor, walau tak tahu juga apa bedanya dgn NUPTK .. Dan bedanya jg dgn NIP, .. Entah utk membedakan apa, saya jg nggak ngerti .. Pak Wellem, kaya nggak tahu aja .. Inikan Indonesia, pak .. :)

  2. kenyatannya hanya mnghamburkan uang negara di daerah dalam hal kinerjanya gak ada bedanya guru yang sertifikasi dan belum yang ada guru yang sudah menerima tunjangan sertifikasi hanya berbeda di penampilan lebih mewah hahaha………………..

    1. Ya… Saya tidak menyangkal hal demikian, tp ada juga lho yang penuh dgn dedikasi .. :) trims sdh kasih komentar, sukses selalu utk anda ..

      1. ya tapi jika di hitung mungkin terhitung oleh jari tangan menyedihkan ………. lebih miris yang di perhatikan ijazah bukan kualitas

      2. Kalau saja saudara Rivq tahu tuntutan administrasi, jam kerja guru jujur bersertifikasi pasti anda akan tarik ucapan anda

  3. gmn sih antara kemenag dengan kemendiknas, lembaganya udah beda tapi NRG harus dari satu jalur, klo gitu Tunjangan Profesi di Urusu Kemendiknas aja sekalian biar gak buat bingung guru guru madrasah.

  4. kapan informasi Tpp turun dan NRG sudah berulang-ulang pemberkasan terakhir bulan puasa ternyata masih belum, nunggu NRG lagi Kapan ya ?

  5. mohon bapak pejabat terkait ada kejelasan yang membuat terwujud semua karena kami telah lama menunggu TPP DEPAG CAIIIIIIR”…? Terimakasih………….?

  6. Sedih sekalieeee aturan siapa itu harus ada NRG baru sertifikasi cair… berbelit-belit mempersulit …. pikirku cuma diPapua tapi se Indonesia… woiiii tolong kami kahhhhh jgn persulit …. hak kami selaku guru ntuk memperoleh dana sertifikasi…. jgn blokir dana kami dgn NRG …. karena mengurus NRG sulitnya minta ampun….. setahun sekali itupun keluarnya tdk semua katanya yg lain tunggu2 saja… kalau tdk ada NRG dana kami dikembalikan ke kas negara …OMG… help me! kami butuh NRG untuk pencairan sertifikasi…. siapa yg bertanggung jawab?????????????????

  7. memang peraturan negara itu rancu…heran deh…kejadian seperti ini bukan lg hal baru bagi kami pak…selalu ada diskriminasi..bahwa yg mendpt perhatian oleh pejabat hanya guru kemenag yang diperbantukn di sekolh umum mendapat insentif tp guru madrasah no way…alergi…sllu terbentur degn uud…sekarn nrg…capek deh…

  8. tolonglah pak yunizar terus mencari info yang setepat-tepatnya tentang SK dan NRG , sebab banyak kawan-kawan guru madrasah se- Indfonesia yang menunggu hal ini. Kasihan lho pak yun..trim,s.

    1. betul pak yun..kita tyidak mengerti, kenapa harus diknas yang harus didahulukan, padahal ,kita sama-sama bergerak di biud. pendidikan… mungkin iniolah IONdonesia.ak yun….

    2. Kapasitas saya hanya seorang pembuat daftar gaji dan operator keuangan madrasah yang mengelola pembayaran TPG, biasanya SK dAn NRG dibawa oleh guru ke saya lalu saya share di sini, syarat2 itu kan syarat permintaan pembayarannya .. Trims sdh berkunjung

  9. iya ni bu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,gimana ya cara ngeliat nrg. kayaknya susah banget nie.klw ga bisa di internet kantor mana yang bisa saya datangin untuk mendapatkan data tersebut.

  10. NRG ? MIKIR NRG GURU AGAMA MADRASAH YANG GAK KUNJUNG DIKELUARKAN OLEH DINAS PENDIDIKAN, SEPERTI MENUNGGU HUJAN DIMUSIM KEMARAU. KARENA PEGAWAINYA PADA SETENGAH HATI.MUNGKIN KARENA GAK KEBAGIAN. WAJAR MANUSIAWI ITU.

    1. Pak Arief Yth, NRG sementara buatan Kemenag bisa di gunakan koq .. Sebagai syarat pencairan. Tak kebayang daya serap anggaran Kemenag jika tak mencairkan TPG .. Syukron

  11. NRG ? MIKIR NRG GURU AGAMA MADRASAH YANG GAK KUNJUNG DIKELUARKAN OLEH DINAS PENDIDIKAN, SEPERTI MENUNGGU HUJAN DIMUSIM KEMARAU. KARENA PEGAWAINYA PADA SETENGAH HATI.MUNGKIN KARENA GAK KEBAGIAN. WAJAR MANUSIAWI ITU.

  12. bapak/ibu yang terhormat
    bagaimana cara mengurus NRG????
    soalnya 1 kecamatan hanya saya saja yang belum keluar
    kasian ya saya

  13. Bingung dengan kebijakan pemerintah, mau ngasih uang yo koq kaya ngga mau ngasih gitchu lho…………..heran

  14. NRG ohhhh….
    teknis pengajuan NRG tu gimana yaaa?
    pernah mo ngurus sendiri kata orang kantor “SABAR MAS…..”
    nanti kalo keluar juga dikasih tahu Gak usah repot2
    CAPEEEEEE DECHHHHH………………….

  15. ditempat kami malah ada pihak yang menyatakan kalo sampai ngeluarin yang belum punya NRG , bakalan di meja hijaukan ,,,,, uihhh sangar ,kan pak
    sekedar untuk renungan

  16. kemarin ada teman yang ngurus sendiri ke PUSAT n GOOOllLL dia dan kawannya dapat NRG.
    trusss ada yang niru-niru kali aja berhasil.
    eeeee malah di marahi
    katanya …..

      1. as..
        APA BENAR PAK KALO YG UDAH ADA NUPTK BERARTI SUDAH ADA NRG, ini kata org mapenda,

        trmksh.. tlg mta pnjlsnnya

  17. assalamualaikum,
    saya mau tanya NRG itu siapa yang mengeluarkan?lalu apakah jika blm mmpunyai NRG harus mengembalikan TPG nya yg sdh cair?pdhlkan itu bukan kslahan guru trsbt.mestinya klau mmg syaratnya hrs mmakai NRG ya jgn dulu d cairkan uangnya.Lalu klau mengajukanny skrg kira2 NRG nya kluarnya kpn ya?
    oia sya prnah dkasih no sama kepsek saya ktnya itu NRG saya no ny 095021167186.tp ddata yang d mapenda nama saya tdk ada d data NRG.jd no diatas itu no apa ya?trmksh

  18. Salam kenal dari anak Jakarta,di Jakarta juga ribet ngurus NUPTK dan NRG terutama bagi guru-guru yang ngajar di madrasah, tapiiiiii …apa sih yang ga bisa di dunia ini ,kalau kita gigih dan terus berjuang pasti ada jalan ….ngurus NUPTK langsung aja ke LPMP jl.nangka pasar minggu , kalau NRG ke KANWIL aja HUb.pak Imam bagian MAPENDA lantai 3 ,kalau yang udah sertifikasi bawa foto copynya .”jangan lupa ucapan terima kasihnya duluan” He..he..He,,, 2 -7 hari selesai.kalau belum juga….tambah Doa’ deh ….NUPTK dan NRG yang ngeluarin dari KEMENDIKNAS
    Kalau rejeki kita ga kemana…! nyang penting usahe dan Doa’

  19. saya adalah salah satu korban ketidak adilan. gara-gara NUPTK dan NRG. TPP tidak bisa cair gara-gara belum terbit NUPTK dan NRG. Bukankah NUPTK dan NRG itu pejabat berwenang yang membuat dan memproses…..?kalu terjadi keterlambatan penerbitan kenapa berdampak pada saya..? sampai detik inipun saya nggak tahu kenapa dan bagaimana harus mengurus NUPTK dan NRG yang nggak terbit2. sering menanyakan ke diknas kab. belum juga terbit.Sebuah proses yg sangat menjemukan dan menguji kesabaran. saudaraku saya mohon bantuan jika bisa tolonglah aku : an. dimyati#banyuwangi#16-09-1967#ibuku Mahmudah

  20. Istri saya Guru pada sebuah MTsN, lulus sertifikasi tahun 2009, dan (sesuai aturan waktu itu) Sertifikasi Cair mulai Januari 2010. Tanggal 7 September 2010 baru terbit Permenkeu 164 yang mensyaratkan NRG untuk pencairan TPG, dan 5 Mei 2011 baru muncul Keputusan Menteri Agama RI Nomor 73 tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan TPG dst. Sehingga, Baru Nov-Des 2011 guru-guru MTs baru mengurus NRG dan selesai awal 2012. Sialnya….maaf, sekali lagi, sialnya, entah mengapa NRG istri saya tidak diproses bersama guru yang lain, dan diproses menyusul oleh KaTU. Saat ditanyakan, KaTU malah menyerah, minta diurus sendiri ke Mapenda. Dan KaTU malah menyodorkan konsep SURAT PERNYATAAN (bermaterai) yang isinya istri saya bersedia mengembalikan TPG yang telah diterima jika menimbulkan kerugian keuangan negara. Bagaimana ini? Bukannya secara peraturan, NUPTK dan NRG adalah hak guru yg telah lulus sertifikasi yg diurus oleh pejabat/pihak yg berwenang? (sama seperti pendapat DIMYATI pada penanya sebelumnya). Toloooooooooooooooooooongggggggggggggg……………. demi sesuap nasi, NRG sedang diurus (sendiri oleh istri), namun “TEROR” dari KaTU hampir setiap hari….”mana? sudah tanda tangan belum?” Apa yang harus kami lakukan, pak? Mengembalikan TPG? Sendirian? Ampun dah!!

    1. Cerita pilu demikian banyak terjadi pak, tp tenang saja .. Menurut peraturannya memang baru di dapat setelah dapat NRG, tp guru kadung sdh dapat setelah dpt sertifikat bukan NRG. Ribuan guru madrasah yg di sertifikasi tahun 2007-2008 dan dapat TPG tahun 2009, tidak ada satupun yg punya NRG (entah yg sementara dari kemenag atau kemdikbud), karena NRG baru terbit tahun 2010. Jika dianggap merugikan negara mereka harus mengembalikan juga.
      Pengurusan NRG memang mulai dari Mapenda Kemenag kota/kabupaten atau Kanwil. Silakan di urus dulu, melalui situs kemenag sdh di realese cara2 pengurusan NRG, di bagian bawah blog ini sudah saya lampirkan dlm bentuk PDF dgn nama NRGKemenag (lihat di kolom ‘berbagi file).
      Masalah ‘surat pernyataan’, tanpa surat pernyataan pun apabila dianggap merugikan, siapapun harus mengembalikan ke kas negara, jd silakan di tanda tangani atau tidak. Sejauh ini saya belum dengar harus mengembalikan TPG karena NRG belum terbit. Jika harus mengembalikan juga, maka kita akan protes keras (termasuk saya) karena TPG yg dibayar tahun 2009 illegal semua.
      Demikian semoga bermanfaat..
      Kunjungi Pengalam, Opini dan Pendapat saya di http://yunizar.com
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  21. kasihan kepada guru yang dulunya selalu memikir pendidikan bermutu
    malah sekarang memikirkan NRG artinya guru hampir kehilangan arah tujuan
    akibat kebijakan yang tidak menentu.
    tolong cari solusi yang cepat dan tepat…………
    guru sudah meraung-raung janganlah dipandang sebelah mata
    kesenjangan sosial yang mempengaruhi begitu besar
    jangan selalu dikatakan itu Nasib tapi dibalik itu bisa saja musibah
    bagi yang tidak mengalaminya janganlah sok ikut campur ( Guru juga manusia bukan Malaikat)
    wajar kalau guru tidak berkata sopan dalam posisi begini.
    bersertifikasi dan non sertifikasi tidak meningkat mutu pendidikan
    itupun akibat proses perubuhan tidak merata.
    yakinlah bila semua sudah lancar Pendikanpun sangat lebih lancar.
    pokoknya bagaimana dana bisa cair sergu/NRG / NUPTK/NIP yang penting
    para wewenang haruslah mewujudkannya.
    jangan salahkan guru itu dilakukan juga menuntut janji yang telah diucapkan
    memohan kedepan hati-hati dalam membuat aturan ,
    ibarat kata pepatah melempar batu sembunyi tangan
    lihatlah wahai yang punya mata hati
    noot:saya tulis dengan hati yang teriris setiap buka loptop terbaca
    pertanyaan guru yang berjuta kata (tentang sertifikasi)
    tapi tak ada yang menjawabnya.alias blooooooooog………….

  22. sudah SATU TAHUN sejak November 2011 guru Depag Sleman Yogyakarta belum keluar NRGnya sebagai syarat keluarnya tunjangan sertifikasi. Padahal beratnya tuntutan sebagai guru bersertifikasi sudah kami laksanakan. Anehnya lagi sesama angkatan kami dari DIKNAS sudah dibayarkan tepat waktu. Menyedihkan,Diskriminasi Pendidikan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s