Aplikasi Online e-MPA (Elektronik Monitoring Pelaksanaan Anggaran) Kementerian Agama

Awal bulan April 2012 ini, satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama dikenalkan dengan aplikasi berbasis web yang bernama e-MPA (Elektronik Monitoring Pelaksanaan Anggaran). Entah sejak kapan aplikasi ini sudah di launching, namun baru saja dikenalkan dengan satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Selatan. Aplikasi ini berisi gambaran secara umum DIPA, Perencanaan dan realisasi anggaran satker. Sehingga laporannya akan secara mudah diakses oleh Kemenag Pusat.

Beberapa satker yang tersentuh akses internet lewat telpon kabel, ramai-ramai menggunakan modem wireless untuk menjalankan aplikasi ini. Salah membeli modem wireless dan nomor GSM/CDMA, bisa jadi akan percuma. Akhirnya lariĀ  ke warnet. Daerah yang jauh dari pusat kota sebaiknya jangan menggunakan CDMA, gunakanlah modem wireless GSM. Kadang jika membeli modem tipe 3G (HSDPA) juga percuma, karena coverage areanya kadang gak nyampai. Saya aja yang hanya 19 Km dari kota Banjarmasin layanan 3G di Blackberry, kadang ada kadang nggak ada.

Aplikasi ini juga mengharuskan mengupload beberapa file dalam bentuk PDF, beberapa teman operator aplikasi ini kebingungan cara membuat file dalam bentuk PDF. Yang mau buat file PDF, silahkan klik DISINI untuk cara membuatnya. Sedang untuk menggabungkan beberapa file PDF ke dalam satu file silahkan gunakan aplikasi PDF Binder, untuk bagaimana caranya menggunakan PDF Binder silahkan klik DISINI.

Dan yang terakhir adalah kesiapan operator aplikasi ini melek terhadap internet, jika tak terampil menggunakan internet sebagai basis laporan hampir dipastikan laporannya tidak akurat.

Baca juga tulisan saya tentang E-mpa terbaru disini http://yunizar.com/2014/02/19/sibuk-dengan-e-mpa/

e-MPA Kementerian Agama
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s