Let’s Fight Against Diabetes

Salah satu minggu berat dalam hidup saya terjadi dalam minggu ini, sejak sebulan yang lalu saya punya gejala sering buang air kecil dan berat badan yang menurun.Hasil googling ke sana kemari, akhirnya saya berkesimpulan, sepertinya saya kena suatu penyakit. Untuk meyakinkan hati, dengan sedikit deg-degan saya coba periksa darah pada sebuah laboratorium di Banjarmasin. Hasilnya, ya.. kadar gula dalam darah saya di atas nomal, sebesar 264 md/dl. Hasil lab saya diskusikan dengan dokter askes yang kebetulan ada di depan komplek, hasilnya saya di vonis mengidap penyakit diabetes melitus.

Penyakit yang konon katanya tidak bisa disembuhkan, namun hanya bisa di kontrol kestabilannya dengan diet dan olahraga. Diet identik dengan mengurangi porsi makanan terutama yang mengandung gula dan karbohidrat. Gejala hidup tidak sehat memang saya akui, mungkin bisa jadi ini juga hikmah untuk teman-teman yang baca postingan ini. Setiap malam, sambil mengutak atik-atik komputer, selalu ditemani secangkir es teh manis/es sirup kesukaan saya, akhirnya jadi penyakit yang saya idap sekarang. Belum lagi dengan kebiasaan merokok saya. Ya, sudh lah … tak perlu saya sesali.

Yang terpenting sekarang adalah usaha keras saya untuk mempertahankan kestabilan gula darah saya, supaya tidak berdampak komplikasi dengan penyakit lain yang mungkin ada. Lihat di mbah google, memang mengerikan dampak jika gula darah tidak di kontrol. Insya Allah dan mohon do’a supaya saya bisa ‘mengelola’ penyakit ini.
Ada hal yang aneh ketika ketemu beberapa teman yang lama tidak ketemu, dan kaget melihat saya yang agak kurusan, dan wajar saja, karena penyakit ini saya harus diet ketat dan harus kehilangan berat badan lebih dari 2 kilo. Setiap ketemu orang selalu saja ada informasi tentang pengobatan tradisionalnya.
Semoga Bermanfaat

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s