Kurikulum 2013, Apa yang baru..

Tahun ajaran depan 2013-2014, siapa siap dengan kurikulum 2013 yang baru terutama untuk siswa kelas 7 ditingkat SLTP/MTs dan kelas 10 ditingkat sma/aliyah. Sebagai user, kadang pengetahuan tentang kurikulum agak redup-redup, sedap-sedap manis itu barang. Di ikutkan dalam sosialisasi ya syukur alhamdulillah, atau ketemu cetakannya juga alhamdulillah. Asal jangan nggak peduli sama sekali, dan terserah mau kurikulum apa yang penting ngajar selesai terus dapat gaji dan tunjangan profesi guru. Ketemu guru dengan kategori tersebut seharusnya yang aktif si pembuat kurikulum. Tapi, sosialisasi kental banget dengan proyek. Mensosialisasi kurikulum baru dengan 4 juta guru tentu perlu banyak dana. Tapi sudahlah.. Itu jadi urusan mereka.

Sepintas saya pernah membaca draf kurikulum 2013, yang baru dibanding dengan kurikulum ktsp adalah bertambahnya jam pelajaran untuk beberapa mata Pelajaran terutama mata pelajaran yang di ujian Nasional kan, walau beberapa sekolah sudah menaikkan sendiri jam pelajaran sejak beberapa tahun yang lalu. Yang baru lagi, penghapusan mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi. Ceritanya mata pelajaran ini akan di lebur kedalam semua mata pelajaran. Apa jadinya, bagi lembaga pendidikan tenaga kegunaan yang telah membuka jurusan Tik. Entah mungkin masih di tampung ditingkat pendidikan kejurunan. Bagaimana peleburan Tik dalam setiap pembelajaran, juga masih nggak jelas.

Jangan-jangan penghapusan mata pelajaran Tik karena tidak sanggup menyediakan sarana prasarana mata pelajaran ini yang identik dengan pembelajaran komputer. Sarana infrastruktur aja tidak bisa diratakan, padahal sudah berpuluh-puluh tahun APBN. Bagaimana dengan penyediaan satu komputer satu siswa? Memang ruwet ya…Yang baru lagi, sepertinya guru tak akan repot bikin administrasi pelajaran berbentuk silabus lagi, karena kalau benar-benar bikin silabus sih agak repot, yang jadi masalah kalau guru gak mau repot, copy pasti silabus entah dari negeri entah berantah sana. Hehehhe

Yang baru lagi, selain penghapusan mata pelajaraan TIK, juga muatan lokal dan pengembangan diri. Untuk tingkat satuan SLTP/MTs keduanya masuk dalam mata pelajaran Seni Budaya, pendidikan Jasmani dan rohani serta mata pelajaran baru Prakarya. Wah, ini yang benar-benar baru, yaitu Prakarya. Entah guru jurusan apa yang akan mengajar mata pelajaran ini. Jangan-jangan nasibnya akan seperti TIK di kurikulum perubahan yang akan datang. Dihapuskan tanpa ampun, hehehe lagi. Ya begini ini, kalo yang nulis postingan ini gak ngerti kurikulum.

Terkhusus untuk mata pelajaran yang saya ajar, saya kutip langsung dari draf kurikulum 2013 berbunyi demikian : “IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir,kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial”.

Dibeberapa literatur tentang kurikulum, integrative science dan integrative social studies merupakan mata pelajaran baru yang ditujukan untuk persiapan sebelum masuk keĀ  suatu disiplin ilmu tertentu 1). Integrative social studies, merupakan mata pelajaran yang memberikan pengenalan pengetahuan berbagai macam disiplin ilmu sosial, baik tentang tubuh ilmu pengetahuan itu sendiri, teori, praktik dan metode yang akan membawa kepada pemahaman terhadap manusia. Diharapkan siswa dapat membedakan yang mana asumsi, pendapat pribadi dan kesimpulan. Berdasarkan pemikiran yang kritis dan analitis 2).

Googling dengan keyword integrative social studies, sepertinya kurikulum 2013 untuk mata pelajaran IPS, ‘mengadop’ kurikulum negara-negara barat terutama Amerika Serikat. Tujuan utama dari setiap pembelajaran tentu baik, tinggal pengaplikasian dalam setiap pembelajaran di kelas dan lingkungan.

So, untuk semua guru .. selamat menjalankan tugas dan sukses selalu.

1) What Is Integrated Science ?, http://www.princeton.edu/integratedscience/

2) Integrative Studies in Social Science, http://www.cis-ss.msu.edu/iss/index.php

About these ads

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s