Jalan-jalan ke Bali, Tari Barong (3)

Salah satu khasanah budaya Bali yang terkenal di manca negara adalah tarian. Unsur kebudayaan kesenian ini, memiliki beragam bentuk tarian dengan keunikan tersendiri dibanding dengan tarian-tarian lain di nusantara. Salah satu jenis tarian yang saya lihat dalam perjalanan kali ini adalah tari Barong dan Keris. Bertempat di Uma Dewi Barong dan Keris dance Jalan Waribang, Denpasar,  tarian Barong disuguhkan secara drama dengan tarian. Tari Barong sendiri merupakan salah satu karakter mitologi dalam budaya Bali, di pulau Jawa dikenal dengan istilah Barongan. Ia adalah raja dari roh-roh serta melambangkan kebaikan. Ia merupakan musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah adalah roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Banas Pati Rajah dipercayai sebagai roh yang menggerakkan Barong. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan sebagai seekor singa. Sendratari tradisional di Bali yang menggambarkan pertempuran antara Barong dan Rangda sangatlah terkenal dan sering dipertunjukkan sebagai atraksi wisata.

Barong singa adalah salah satu dari lima bentuk Barong. Di pulau Bali setiap bagian pulau Bali mempunyai roh pelindung untuk tanah dan hutannya masing-masing. Setiap Barong dari yang mewakili daerah tertentu digambarkan sebagai hewan yang berbeda. Ada babi hutan, harimau, ular atau naga, dan singa. Bentuk Barong sebagai singa sangatlah populer dan berasal dari Gianyar. Di sini terletak Ubud, yang merupakan tempat pariwisata yang terkenal. Dalam Calonarong atau tari-tarian Bali, Barong menggunakan ilmu gaibnya untuk mengalahkan Rangda.

DSCF2738
Dengan Penari Bali, .. :)
DSCF2765
Dengan sang Barong, Siap kan tips nya ya :)
DSCF2735
Panggung Uma Dewi Barong & Keris Dance, Denpasar

Masyarakat Bali percaya bahwa mahluk-mahluk halus tersebut adalah kaki tangan Ratu Gede Mecaling, penguasa alam gaib di Lautan Selatan Bali yang beristana di Pura Dalem Ped, Nusa Penida. Saat itu, seorang pendeta sakti menyarankan masyarakat untuk membuat patung yang mirip Ratu Gede Mecaling, yang sosoknya tinggi besar, hitam dan bertaring, lalu mengaraknya keliling desa. Rupanya, tipuan ini manjur. Para mahluk halus ketakutan melihat bentuk tiruan bos mereka, lalu menyingkir. Hingga kini, di banyak desa, secara berkala masyarakat mengarak Barong Landung untuk menangkal bencana.

Sebelum dimulai para penonton medapat sinopsis cerita yang dicetak dalam beberbagai bahasa, mulai bahasa Inggris hingga bahasa Rusia. Lakon atau cerita dalam tarian barong, dimulai dengan tarian yang dibawakan oleh penari wanita diringi dengan suara musik gemelan khas Bali. Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda.

Setelah tarian lalu dilanjutkan dengan kemunculan Barong, drama disuguhkan cerita jenaka. Dengan bahasa campuran bahasa Bali dan Indonesia. Suara pelakon drama dan musim gamelan beradu nyaring, sering tidak terdengar secara jelas. Ceirta tari Barong sepertinya juga mengadopsi cerita epos Hindu yang sangat terkenal Ramayana. Berasal dari kata Rama dan Ayaṇa yang berarti “Perjalanan Rama” adalah sebuah cerita epos dari India yang digubah oleh Walmiki (Valmiki) atau Balmiki.

Diakhir tarian akan ada ‘atraksi’ tarian keris, dimana para penari laki-laki menusukan keris ke tubuh mereka, namun jangan khawatir, mereka tidak akan luka sedikitpun. Menurut guide tour kami, ada teknik tersendiri supaya keris itu tidak melukai mereka. Tapi jangan coba-coba sendiri di rumah atau don’t try this at home. Hehehe

Ada tips untuk melihat suguhan tarian Barong, jika menggunakan guide tour dan dalam kelompok besar, maka tiket masuk untuk melihat tari Barong hanya sebesar Rp. 20.000,- saja, sedang jika datang sendiri dan turis manca negara akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 100.000,-. Waktu pertunjukan dimulai sekitar jam 10.00 waktu setempat. Selain itu kita juga diberi kesempatan untuk foto bareng dengan sang penari, namun jangan lupa ya .. untuk memberi tips kepada mereka. Kalo tidak mereka yang akan minta tips.. hehehe.

Dari beberapa sumber, : http://wikipedia.org.id

(Bersambung)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s