Seperti yang sampaikan oleh pemerintah tentang kenaikan gaji pegawai sebesar 5 % dari gaji pokok pada tahun 2010. Tahun ini memang sedikit agak ganjil, jika tahun 2009 sejak bulan Januari 2009 sudah beredar daftar gaji pokok baru yang memuat jumlah kenaikan gaji sebesar 10%. Bisa jadi tahun lalu sarat sekali dengan muatan “politis”, karena dekat dengan kampanye pemilu eksekutif dan legislative.

Tahun ini sangat berbeda, sampai tulisan ini dibuat tidak ada sedikitpun berita tentang kabar rencana kenaikan yang 5 % itu. Para pembuat daftar gaji di setiap satuan kerja di kementrian (dulu departemen) masih menunggu sampai tanggal 10 Maret 2010, dengan harapan ada perubahan daftar gaji baru berupa tabel-nya atau update program pembuatan daftar gaji. Jika tak ada hingga tanggal 10 Maret 2010, maka kenaikan 5% silakan tunggu hingga bulan Mei 2010. Karena jika membandingkan tahun lalu, perubahan gaji pokok di hitung sejak bulan April 2009, dan rapelnya selama 3 bulan yaitu Januari 2009 s/d Maret 2009.

Untuk tahun 2010, kelihatannya masih tidak jelas, apakah dampak dari banyaknya problema yang dihadapi pemerintah atau hal-hal lain. Informasi rencana kenaikan 5%,akan terus saya update. Untuk lebih rinci bisa dilihat di www.perbendaharaan.go.id ini adalah situs resmi dari Direktoran Jendral Perbendaharaan yang menangani khusus penyaluran dana APBN. Yang anda cari disitusnya dan selalu saya tunggu adalah SE Dirjen Perbendaharaan dan update-update program keuangan tingkat satuan kerja. Harap maklum, saya selain jadi guru juga sebagai pembuat daftar gaji, pengelola laporan keuangan satuan kerja, laporan keadaan barang, wakamad sarana dan prasarana, pembuat surat perintah pembayaran (SPM) … (wah ini yang bikin capek )

 

Iklan