Sejak tahun 1999, ketika kenal dengan komputer sudah puluhan jenis antivirus yang saya kenal. Namun selama itu juga tetap saja beberapa kali komputer/laptop kena virus ganas, bahkan sering pula sampai pada keputusan -instal ulang-. Jika di awal tahun 2000-an, banyak didapati antivirus berbayar yang bajakan, namun sekarang sedikit agak susah mencari antivirus berbayar yang bajakan. Kalau pun ada situs-situs cracker, yang menyediakan serial number namun silakan coba tidak ada yang cocok dengan software antivirusnya.

Solusinya adalah dengan menggunakan free antivirus, seperti AVG, Antivir, Ansav, dll. Termasuk juga antivirus lokal seperti PCMAV dan SMADAV. Tetapi anda terutama para pemula pengguna komputer (seperti saya juga -dulu-) jangan senang dulu komputer anda telah memiliki anti virus, jika antivirusnya nggak ter-update, semahal apapun jenis antivirusnya tidak ada gunanya. Karena diperkirakan ribuan virus tumbuh dan berkembang di seluruh dunia dalam setiap hari.

Cara mengupdatenya yang paling mudah jika komputer/laptop anda konek ke Internet, jika tidak punya koneksi dengan internet silakan lari ke warnet cari update nya berupa file update. Namun di beberapa anti virus kadang tidak mempunyai file update yang bisa mengupdate antivirus secara offline.

Cara lain yang bikin komputer anda aman dari serangan virus adalah mengupdate security updated dari operasi system yang anda pakai, namun sayang syaratnya anda harus memiliki system operasi yang original atau paling tidak OS yang anda pakai dianggap oleh Microsoft sebagai yang original (untuk yang ini ntar saya share -make XP original-).

Berikut akan saya berikan link-link antivirus yang ternama dan saya kenal yang bisa anda download -mudahan bermanfaat-
Wassalam
AVG Free, Avira Free, Ansav Free, Bit Defender Free, PCMAV, dan SMADAV

Iklan