Saya adalah pelahap makanan Indonesia, walaupun asli orang Kalimantan Selatan tapi masalah selera saya ini seleranya Nusantara. Dalam setiap bulan pasti saja ada, makan seperti Nasi Ayam goreng/Balado/Daging Rendang dengan sayur nangka pedas khas rumah makan padang, makan nasi pecel dengan ayam goreng khas pulau Jawa (yang satu ini saya nggak tahu aslinya Jawa bagian mana ! -nuhun info-), makan soto Surabaya/Lamongan/Madura nggak kehitung seringnya. Untuk jajanan lain, saya suka seperti Empek-Empek dan Batagor.

Nah, yang Batagor ini saya agak bingung, di Banjarmasin memang banyak orang jualan Batagor, cuman cara mengolah dan rasanya beda-beda. Ada yang cuma tahu + kuah kacang encer saja, ada yg cuma seperti kripik + kuah, bahkan malah ada yang seperti Siomay. Cuma untuk meng-klarifikasi bahwa yang buat batagor asli orang Jawa Barat, biasanya saya ajak ngobrol, dari logat bahasa ketahuan sekali orangnya orang Jawa Barat atau tidak. Memang kejadian, setelah ngomong baru ketahuan ada yang jualan bukan orang Jawa Barat.

Sayangnya saya belum pernah ke Bandung, pernah sih cuman mampir ke Cihampelas dan Cibaduyut. Sehingga pengen sekali suatu saat makan batagor asli Bandung dan makannya di Bandung juga , biar rasanya nggak di boongin oleh orang.
Dari perjalanan yang pernah saya lewati di pulau Jawa, cuman satu yang nggak cocok sama sekali dengan lidah saya, yaitu Lontong Balap di Surabaya, entah kenapa rasanya nggak cocok banget.

Demikian sepenggak kisah wisata kuliner, mohon komentar atau yang mau kirim saya batagor Asli Bandung. 🙂

Iklan