Ujian Nasional untuk  SMA/MA dan SMP/MTs sudah di depan mata, berikut tips sederhana menghadapi Ujian nasional yang mudah-mudahan bermanfaat bagi anda :

1. Soal yang dibuat jika 50 soal,maka kisaran jawaban A,B, C dan D adalah 50 dibagi 4, artinya setiap jawaban A ada antara 12-14 soal, demikian juga dengan B, C dan D. Artinya jika anda menjawab hanya A atau B atau C atau D semua, maka nilai anda minimal 2,50.  Jika anda hanya ingin mendapat nilai 5,00 saja caranya adalah anda minimal harus menjawab secara yakin benar 12-14 soal, lalu setelah itu sisanya menjawab hanya A atau B atau C atau D semua, maka nilainya pasti 5,00. Namun harus ada keyakinan anda bahwa telah menjawab benar 12-14 soal, jika tidak yakin, maka lupakanlah cara ini.

2. Jika anda telah merasa bisa menjawab banyak soal, lalu ada beberapa soal yang anda anggap tidak bisa sama sekali anda kerjakan, bisa menebak jawaban dengan cara yang lebih bijak yaitu melihat jawaban yang lain, maksudnya jika jawaban A sudah lebih dari 12-14 soal, maka jangan menjawab lagi dengan memilih A. Pilih lah dengan jawaban B, C atau D. Tapi sekali lagi jika anda tidak terlalu yakin dengan jawaban anda benar maka lupakanlah cara ini.

3. Jika anda mendapat bocoran jawaban Ujian Nasional, jangan langsung anda terima dengan senang hati, caranya dengan mencari soal yang paling mudah menurut anda lalu bandingkan dengan bocoran tersebut, jika ternyata salah, maka lupakan cara ini. (Inipun kalo ada bocoran,bocorannya kan bisa datang dari mana saja,yang jelas bukan dari Tuhan atau kalo ingat Tuhan pasti nggak ada bakalan bocoran jawaban).

4. Hati-hati jika menyontek punya teman, jika teman kurang lebih begonya sama dengan kita, lupakan jangan gunakan cara ini. Atau asal nyontek padahal kode soalnya berbeda,(ini lebih bego lagi 🙂

5. Bertahanlah lebih lama dalam kelas, bisa jadi pengawas ujian dalam kelas akan memberikan jawaban. Pasanglah dengan muka memelas (bahasa banjarnya -mambari kasihan-). Inipun dengan catatan bahwa guru yang mengawas adalah guru mata pelajaran yang diujikan, silakan tanya dulu beliau ngajar apa di sekolah/madrasah asal, jika gurunya ngajar agama terus ditanya tentang matematika, ya nggak nyambung dong 🙂 🙂 🙂

6. Perhatikan pengawas, jika pengawas tidak terlalu memperhatikan anda, seakan membolehkan anda menyontek, atau membuka contekan. Maka silakan coba lirik kiri kanan, atau buka contekan. Namun seketika anda ditegur, maka jangan lakukan lagi, karena nanti nama anda akan ditulis dalam berita acara telah melakukan pelanggaran Ujian nasional

7. Ini yang terakhir, Belajar lah dengan tekun, minta do’a dengan orang tua, sambil meminta maaf atas kesalahan kita, berdo’a kepada Allah SWT, lakukan do’a di setiap akhir shalat wajib, shalat malam, Insya Allah, Allah akan membuka kan pintu rakmat untuk anda. Dan jangan lupa makan dulu sebelum berangkat Ujian dan Jaga kesehatan.

Semoga Bermanfaat

Iklan