Akhirnya, Direktorat Jendral Perbendaharaan Departemen Keuangan  mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE-06/PB/2010 yang berisi Penyesuaian Besaran Gaji Pokok PNS, TNI dan POLRI. Berdasarkan surat edaran ini, besaran gaji pokok baru itu dibayar terhitung mulai tanggal 1 Januari 2010. Sedangkan pembayaran gaji Mei 2010 sudah harus menggunakan besaran gaji pokok yang baru tersebut. Dan rapelannya, yaitu bulan Januari 2010 sampai dengan April 2010.

Besaran gaji pokok untuk tiap Golongan bagi PNS terbagi dari, golongan I yang terendah dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp. 1.095.000,- sedangkan terbesar  golongan Id masa kerja 27 tahun sebesar Rp. 1.720.400,-. Golongan III terendah adalah Golongan III a masa kerja nol tahun sebesar Rp. 1.743.400,- dan yang terbesar adalah golongan III d dengan masa kerja 33 tahun sebesar Rp. 2.349.000,-.

Dengan besaran gaji pokok yang baru ini harus kita syukuri, dan menjagi sebuah stimulus untuk perbaikan kinerja sebagai PNS. Jika benar nanti sistem penggajian dengan menggunakan renumerasi, tentu tabel gaji baru ini akan berbeda lagi. Menurut rencana beberapa kementrian akan menerapkan sistem renumerasi mulai tahun 2011. Sistem renumerasi adalah sistem penggajian sesuai dengan beban kerja, artinya siapa yang banyak bekerja dia yang akan paling banyake membawa uang ke rumah. Sehingga nggak ada lagi istilah malas, bodoh tapi gaji sama.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian.

Jika Ingin melihat tabel gaji terbaru tersebut silakan KLIK DISINI

Iklan