Jika pada bagian pertama guru IPS pada tingkat satuan SMP/MTs mempunyai tantangan untuk mengajar lima materi sekaligus yang tergabung dalam mata pelajaran IPS Terpadu. Berikut adalah tantangan berikutnya, yaitu bagaimana memadukan kelimanya (sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi dan antropologi) dalam kegiatan pembelajaran.

Proses pertama guru “harus” membuat dulu perangkat pembelajaran, -yang sekali lagi- harus dipadukan juga. Artinya setiap membuat tujuan pembelajaran, guru harus memasukkan maksimal lima dan minimal tiga unsur kajian ilmu sosial tersebut. Misalnya dalam materi IPS Terpadu kelas VII semester II, tentang Kerajaan Kutai maka jika membuat tujuan pembelajaran,bisa seperti ini :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1. Menunjukkan pada peta letak kerajaan Kutai (unsur geografi)
2. Menjelaskankan isi prasasti Yupa (unsur sejarah)
3. Menjelaskan kehidupan sosial masyarakat kerajaan Kutai (unsur sosiologi)
4. Menjelaskan kegiatan perekonomian masyarakat Kerajaan Kutai (unsur ekonomi)

Agak susah memang memadukan, bahkan di sebagian materi yang dipadukan terkesan dipaksakan. Pemaduan materi IPS mengalami kesulitan jika harus memadukan keseluruhan materi dalam sebuah kompetensi dasar, karena materinya tersebar dari kelas VII sampai kelas IX. Sehingga yang paling mudah anda sebisa mungkin untuk mengaitkan materi dengan kajian ilmu yang ada dalam IPS. Misalnya Materi IPS Kelas VII tentang bentang alam berupa sungai, jika kita mengaitkan dengan sejarahnya bisa dengan perkembangan peradaban yang tumbuh di sungai-sungai besar didunia (sungai Nil, Sungai Eufrat, Sungai Mekong dll). Jika ingin mengaitkan dengan sosiologi dan dan Antropologi bisa diisi dengan materi kehidupan budaya masyarakat di daerah aliran sungai (contoh di Kalimantan Selatan adanya pasar terapung). Insya Allah saya akan sharing, beberapa materi dalam KD yang bisa memadukan semua materi dalam pelajaran IPS.

Jika sudah siap dalam bentuk Silabus dan RPP, tinggal menyiapkan action dalam kelas. Silahkan pergunakan model pembelajaran, strategi, metode dan media-nya. Jika ingin benar-benar runtut silahkan buat skenario pembelajaran.

Semoga Bermanfaat

Iklan