Salah satu model pembelajaran yang pernah saya gunakan adalah cooperatif script, yaitu metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Model ini cocok untuk materi pembelajaran yang terbagi dalam beberapa bagian, hingga mudah bagi kita membagi materi kepada siswa.

Untuk mempermudah dan menyingkat waktu bagi siswa dengan teman sebangkunya saja, karena salah satu kelemahan model-model pembelajaran adalah penerapan panggunaan waktu. kadang waktu terbuang habis hanya untuk menyusun bangku buat diskusi saja.

Saya sering memodifikasi model ini dengan cara siswa yang satu secara lisan mengikhtisarkan materi kepada teman sebangkunya sambil membisikkannya, secara bergantian. Selain di tambah dengan permainan seperti word square atau aksara bermakna untuk penilaian proses belajar. Kapan-kapan saya posting tentang permainan dalam pembelajaran ini. Insya Allah.

Model ini saya terapkan ketika penilaian dalam PLPG Sertifikasi guru tahun 2009, dan hasilnya menurut dosen pembimbing cukup lumayan. πŸ™‚ yah.. hasilnya cukup lumayan.

Langkah-langkah :

1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar : (a) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap; (b) Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
6. Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan guru
7. Penutup

Iklan