Rencanakan Betul-betul Masa Depan Anda

Setelah menerima Hasil Ujian Nasional  2010 dan lulus SMU mau kemana anda ? Berikut tips-nya :

1. Kuliah
Jika punya uang banyak dan pintar (atau sedikit pintar) silakan memilih universitas ngetop yang ada di nusantara tercinta. Jika tidak memiliki keduanya atau hanya memiliki salah satu, pilih lah universitas negeri sederhana atau universitas swasta. Bagaimana dengan beasiswa, lupakan beasiswa, beasiswa akan di dapat jika anda ketahuan tidak mampu tapi berprestasi, ketika anda sudah berstatus mahasiswa. Atau memilih program Diploma dengan jenjang waktu yang tidak terlalu lama.

2. Pemilihan Jurusan
Pilihlah jurusan kuliah yang menguntungkan, Pertama, Jika anda mempunyai orang tua atau saudara yang bekerja di suatu kementrian, badan, BUMN atau pemerintah daerah coba-cobalah mengikuti jejak, jika program nepotisme masih ada dalam kementrian,badan ,BUMN dan pemerintah daerah itu,maka coba lah keberuntungannya. Misalkan Jika ada orang tua yang bekerja di Depkeu cobalah masuk STAN, jika Kementrian Agama pilihlah Universitas Islam Negeri, jika bapaknya polisi pilihlah jadi polisis, dan lain-lain Namun jika tak adalagi program nepotisme maka lupakan tips ini. Kedua, Pilihlah jurusan yang banyak menerima CPNS (jika mau jadi PNS) seperti tenaga kesehatan dan pendidikan. Ketiga, Pilihlah jurusan yang tidak ada di universitas daerah, misalkan di Banjarmasin tidak ada pendidikan guru sosiologi,maka ketika penerimaan CPNS calon guru mata pelajaran Sosiologi pasti tidak akan banyak peminatnya.

3. Bekerja
Pilihan ini bagi lulusan SMU memerlukan banyak keberuntungan dan usaha. Perbanyak pergaulan, sering lihat koran dan internet untuk lowongan pekerjaan. Karena masih banyak seperti BUMN yang mencari pegawai dengan ijazah SMA. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) salah satu pilihan tempat kerja dengan gaji yang sangat menjanjikan dibandingkan pegawai negeri. Bagaimana dengan perusahaan swasta ? Bekerja di tempat ini memerlukan usaha yang keras, biasanya siapa yang rajin, ulet,jujur kalau perlu jilat sana-sini, pendapatannya bisa melebihi pegawai negeri dan pegawai BUMN.

4. Usaha Sendiri
Belajar mandiri kata kuncinya, perbanyak pengetahuan tentang me-manajemen usaha dan kiat memperbesar usaha melalui beberapa referensi dan pengalaman orang yang sudah sukses terdahulu. Sesuaikan dengan jurusan waktu sekolah di SMA.

5. Penelusuran Minat dan Bakat
Silahkan dengan guru BP diskusikan minat dan bakat anda, kalau perlu dengan menggunakan tenaga psikolog. Bisa juga dengan cara yang sedikit nyeleneh, yaitu nanya kepada paranormal πŸ™‚ Jangan turuti kemauan orang tua anda untuk kuliah di suatu tempat yang anda tidak sukai, ajak diskusi mereka. Beri pandangan tentang bakat dan minat anda.

6. Meneruskan Bisnis Keluarga.
Yang ini paling enak, jadilah anak yang membanggakan orang tua. Bisa jadi anda kawin langsung, πŸ˜€

Semoga bermanfaat, Ada yang mau menambahkan ?

Iklan