Sejak anak saya Najwa Nafeeza (tuh.. gambarnya jadi banner blog ini πŸ™‚ ) masih berupa janin dalam perut mama-nya, perkembangannya tak lepas dari informasi yang saya dapat di Google. Ketika beberapa bulan kehamilan saya browsing di Google mencari sumber informasi dengan kata kunci “makanan yang baik untuk wanita hamil”, “vitamin untuk perkembangan janin” atau “makanan/suplemen tambahan untuk ibu hamil” dan lain-lain. Dari informasi itu saya ketemu beberapa jenis suplemen dan makanan yang berguna untuk perkembangan si Najwa di dalam perut.

Menjelang kelahirannya lagi-lagi saya nyari di google dengan kata kunci “persiapan menjelang kelahiran” dan download beberapa ayat suci Al qur’an berupaMP3 yang katanya bagus untuk diperdengarkan pada janin. Maklumlah bapaknya bukan guru mengaji, tapi guru IPS πŸ™‚. Masalah menjelang kelahiran pun timbul, si Najwa di vonis terhalangi oleh yang orang Banjar disebut dengan “tembuni”, istilah medisnya saya kurang mengerti. Oleh seorang dokter disebut bahwa najwa harus lahir dengan operasi Cesar. Namun oleh dokter lain, disebut masih dalam batas normal, namun disarankan istri saya harus sering “nungging”. Kebetulan saat bulan Ramadhan, proses nunggingnya sering dilakukan dalam shalat alias sujud.

Alhamdulillah ketika proses melahirkan semuanya berjalan lancar,tanpa operasi alias normal. Tepat saat adzan Ashar tanggal 9 Nopember 2007 Najwa dilahirkan. Nih photonya beberapa hari sesudah kelahiran.
Najwa Nafeeza

Lagi-lagi saya browse lagi si Mbah Google, nyari Susu Formula yang cocok untuk si Najwa,jaga-jaga jika istri saya belum bisa menghasilkan ASI, dengan kata kunci “Susu Formula untuk bayi”, ketemulah dengan beberapa merk, mulai dengan harga murah,sedang dan mahal. Karena maklum baru saja membangun kehidupan rumah tangga,seorang guru pula (yang katanya gajinya rendah J) saya pilih dengan kategori sedang.

Tepat 14 hari setelah kelahiran Najwa,anak saya terserang diare dan demam panas yang tinggi, sebelum diare dan panas demamnya tidak terlalu berat saya nyari info di Google, dengan kata kunci “menghadapi bayi yang sedang panas demam tinggi”, berdasarkan informasi ini, semua saran dalam Google sepertinya anak saya harus minimal dibawa ke dokter spesialis anak. Oleh dokter anak,si Najwa harus opname ke rumah sakit. Masuklah Najwa kecil ke Rumah Sakit Ulin Banjarmasin, dan di rawat selama 5 hari.Berikut Gambar Najwa beberapa hari setelah keluar dari Rumah sakit.
Najwa Nafeeza

Untuk mempertahankan kesehatan Najwa yang berangsur-angsur membaik, saya browse di Google dengan kata kunci “tip perawatan bayi”, “membuat bayi sehat”, “tip menyuburkan rambut bayi”dan lain-lain. Lagi-lagi saya ketemu dengan informasi bahwa memperdengarkan ayat-ayat suci Al Qur’an salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan bayi,dengan bantun google saya cari web yang menyediakan download MP3 ayat-ayat Al-Qur’an. Ada sekit keanehan ketika setiap pagi saya putarkan MP3 ayat Yasin, si Najwa menggerakkan semua anggota badannya seolah kegirangan dan memperlihatkan lesung pipitnya (wah.. lesung pipitnya salah satu bentukan Maha Kuasa, terima kasih ya Allah).

Ketika Najwa berumur 6 bulan, masalah baru timbul.. Najwa sering kali rewel menangis terutama di saat pergantian siang dan malam (senja) dan pagi hari menjelang siang. Menurut kata orang tua,biasanya bayi bisa melihat makhluk-makhluk halus yang ada disekitarnya, namun saya ingin mengetahui sebabnya menurut medis. Saya cari lagi di Google, ternyata menurut yang saya dapatkan di Google,bayi yang berumur 6 – 9 bulan, kerap kali mengalami kejang perut yang disebut dengan kolik. Hal ini bisa jadi karena perubahan cuaca dan pembesaran organ tubuh si bayi. Cara mengatasinya dengan memberi kehangatan pada bayi dengan cara menggendongnya, atau dengan memberikan minyak telon pada perut sang bayi.

Ketika Najwa sudah bisa memakan makanan tambahan selain ASI, lagi-lagi saya browse di Google mencari jenis makanan yang bisa dimakan oleh Najwa plus resepnya. Makanan pertama yang dimakan Najwa adalah resep nasi tim dengan wortel, kentang dan hati ayam (waduh saya benar-benar lupa nama blognya yang menulis tentang resep nasi tim ini… saya hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak).

Demikian yang bisa saya sharing, terima kasih kepada semua peminat internet yang telah membuat informasi tentang perkembangan kesehatan bayi, disinilah salah satu segi positif dunia internet dari sekian juga segi negatifnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Najwa Nafeeza
Najwa Nafeeza
Najwa Nafeeza
Najwa Nafeeza

Najwa Nafeeza

Iklan