Hari Sabtu (29/5) dan Minggu (30/5) di hampir seluruh wilayah Banjarmasin dan Kalimantan Selatan listrik padam hampir 10 jam. Setelah di konfirmasi kepada PLN melalui custumer service telp 123  ternyata ada gangguan pada pembangkit tenaga listrik yang ada di Asam-Asam dan Gangguan jaringan yang ada di Banjarmasin. Hingga menurut operator telp 123 terjadi penurunan daya hingga 50 %, anehnya ketika seharian listriknya byar pet, malamnya dilanjutkan lagi padamnya dengan alasan gangguan dalamjaringan.

Padahal hari Rabu (2/6) masyarakat Kalimantan Selatan akan mengadakan pemulikada serentak di seluruh  Kalimantan Selatan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta bupati di beberapa daerah. Belum ada konfirmasi dari PLN tentang ketersiapan listrik saat Pemilukada berlangsung.

Masalah byar pet, di Kalimantan Selatan termasuk golongan yang “akut”, hampir setiap minggu ada saja pemadaman listrik. Dalam debat calon gubernur dan wakil gubernur yang ditayangkan TV Nasional, isu byar pet sempat dilemparkan oleh seorang kandidat. Namun, tak seorangpun punya visi yang jelas untuk mengatasi krisis listrik di Kalimantan Selatan. Saya cukup salut ketika Gubernur tetangga Kalimantan Tengah Teras Narang memerintahkan kepada Kabupaten/kota di Kalimantan Tengah  untuk menyediakan mesin sendiri mengatasi krisis listrik di Kalteng. Sayang, hal ini tak dipikirkan oleh pemimpin di daerah Kalimantan Selatan.

Saya tidak tahu bagaimana pengelolaan dan perencanaan strategis PLN. Ilustrasi sederhananya begini, jika perlu 1 kg tepung untuk membuat 100 buah kue, maka seharusnya PLN juga memikirkan bagaimana cara menambah tepung jika ingin menambah 200 buah kue. Jika terus dipaksakan membuat kue sebanyak 200 buah dengan tepung 1kg,maka yg ada adalah kue dengan kekurangan tepung.

Masalah klasik kekurangan daya, hingga pemadaman bergilir masalah yang sudah terjadi puluhan tahun. Saya ingat sekali jempol tangan saya kejepit pintu saat pemadaman bergilir tahun 1980-an, karena gelap ayahanda tidak melihat tangan anaknya memegang pintu,alhasil sekarang jempolkiri saya bentuknya lebih kecil daripada jempol sebelah kanan.

Dibuat sangat gelap, setelah padam hampir 10 jam lebih.

Iklan