Agak susah memang untuk mengumpulkan web plat merah alias website yang dikelola oleh pemerintah/lembaga/kementrian/pemerintah daerah. Selain pilihannya tidak terlalu banyak untuk bisa dikategorikan sebagai sumber informasi apalagi berita terbaru. Misalnya ada sebuah website yang tulisan teratasnya tertanggal 9 Mei 2009. Atau yang ada buku tamunya banyak dengan isian cacian, makian, fitnah, info korupsi, bahkan curhat pegawainya. Sementara sepatah kata atau tanggapan dari pengelola takpernah ada, apalagi solusi. Kalau rumah sudah pasti kosong dan mungkin ada hantunya 🙂 kalau di dunia maya hantunya apa ya ? hehehehe.
Web plat merah biasanya dikelola dengan seadanya dan desain juga yang seadanya. Dengan dana yang banyak, sebenarnya sang pengelola bisa membuat lebih baik dan lebih serius, berikut website pemerintah yang berisi info-info penting dan beritanya selalu update. Saya tidak terlalu memperhatikan desainnya, karena saya tak terlalu fasih dengan desain web, bagi saya informasinya yang penting.

1. www.perbendaharaan.go.id

Ditjen Perbendaharaan

Saya memilih website milik Direktorat Jendral Perbendaharaan Kementrian Keuangan ini, sebagai yang paling update.Setiap keputusan/surat edaran baik dari Ditjen Perbendaharaan dan Menteri Keuangan paling lama antara 2-3 hari sesudah ditandatangani file sudah ada di website dan siap di download.

2. www.kemdiknas.go.id
Website yang dibuat Kementrian Pendidikan Nasional termasuk yang paling lengkap berita dan informasi tentang yang berhubungan dengan pendidikan seperti mau mencari NUPTK, Info tentang sertifikasi guru, download buku gratis, dan Info serba penting lainnya. Namun tentang info terbaru masih agak lelet jika dibanding dengan http://www.perbendaharaan.go.id

3. www.pu.go.id
Website ini dibuat oleh Kementrian Pekerjaan Umum, layanan primadona website ini adalah pendaftaran secara online untuk pengadaan barang dan jasa yang dikenal dengan e-proc atau pendaftaran secara online untuk kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa. Di banding dengan e-proc buatan Bappenas yaitu LPSE, saya lebih suka yang ada di pu.go.id tidak ribet seperti yang ada di LPSE. Pengalaman kerja sampingan pak guru nyari tambahan, cari lelang online heheheheheh, tp pake perusahaan sodara.

4. www.bkn.go.id

bkn

Web yang dibuat Badan Kepegawaian Negara ini, termasuk dalam kategori yang terbaik. Yang membuat saya terkesan adalah konsultasi online yg ada di web ini.Saya pernah bertanya dalam kolom konsultasi, ternyata dalam dua hari pertanyaan saya dijawab melalui email.Tidak seperti web plat merah lainnya, walau hanya sekedar say hello dari adminnya saja nggak pernah.

Anda ingin menambahkan ??

Iklan