Setelah ditunggu-tunggu akhirnya terbit juga Surat Edaran dari Sekretariat Jendral Kementrian Agama RI Nomor : SJ/DJ.II/3/KP.00.3/933/2010, tanggal 18 Juni 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Profesi Guru bagi Guru dilingkungan Kementerian Agama. Surat edaran itu menindaklanjuti UU dan Peraturan Pemerintah yang sudah ada, seperti UU No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, PP 74 tahun 2008, PP Nomor 41 Tahun 2009, Permendiknas Nomor 72 tahun tahun 2008 dan yang terbaru Peraturan Menkeu Nomor 101/PMK.05/2010 tentang tata cara pembayaran Tunjangan profesi guru dan dosen.

Surat Edaran ini, berisi tentang pelaksanaan pembayaran TPG di lingkungan Kementrian Agama, termasuk di dalamnya cara pelaksanaan tunjangan profesi bagi pengawas Pendidikan Agama, bagi non-PNS dan PNS Pemerintah Daerah yang menduduki jabatan fungsional guru dan diperbantukan pada RA, MI,MTs dan MA. Berdasarkan Surat Edaran ini penerima TPG bagi PNS dan Bantuan TPG bagi non PNS harus memenuhi persyaratan :

  1. Aktif melaksanakan tugas sebagai guru dan pengawas
  2. Mengajar atau melakukan tugas bimbingan dan pengawasan sesuai dengan peruntukan Sertifikat Pendidik yang dimilikinya
  3. Memenuhi beban kerja sebagaimana diatur oleh Dirjen terkait
  4. Berusia paling tinggi 6o tahun
  5. Ditetapkan sebagai guru/pengawas yang lulus sertifikasi dan dinyatakan Berhak Menerima TPG oleh Dirjen Terkait.

Hal-hal teknis lainnya, sama saja dengan syarat-syarat pencairan TPG pada tahun-tahun sebelumnya, antara lain :

  1. Copy SK Berkala terakhir
  2. copy sertifikat Pendidik
  3. Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas
  4. Surat Pernyataan Masih Menduduki Jabatan
  5. Surat Keterangan Telah Memenuhi Beban Kerja (SKBK)
  6. Copy rekening bank yang masih berlaku

Hal yang baru dalam Surat Edaran ini, bahwa Satuan Kerja wajib melaporkan kepada Direktorat jendral Terkait, selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) bulan setelah dana TPG dan bantuan TPG selesai dibayarkan.

Yang perlu diingat kepada anda semua para guru dan pengawas, bahwa pemberian tunjangan profesi dan bantuan tunjangan profesi dalam binaan Kementerian Agama bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, profesionalisme dan kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya dan yang pasti untuk kesejahteraan guru.

Demikian, semoga bermanfaat. Untuk melihat secara lengkap Surat Edarannya bisa KLIK DISINI

Iklan