Berita baik dan yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman guru madrasah di Kementerian Agama akhirnya terjawab sudah, bahwa program pemberian tunjangan tambahan penghasilan bagi guru di lingkungan Kementrian Agama segera dibayarkan.Hal ini termuat dalam revisi Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) tahun 2010.  Tunjangan yang sebesar Rp. 250.000,-, itu diatur dalam Perpres No. 52/2009 tentang  Tambahan Penghasilan Bagi Guru PNS. Para guru Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia akan mendapat tambahan uang tunjangan per bulan. Tambahan penghasilan ini hanya untuk guru yang selama ini belum mendapatkan tunjangan profesi. Aturan pemberian tunjangan ini dinyatakan berlaku sejak 1 Januari 2009 yang artinya akan dibayarkan rapel untuk masa anggaran tahun ini.

Dibanding dengan guru dari Diknas, guru di lingkungan kementerian Agama agak lambat menerima tunjangan ini. Hal tersebut disebabkan karena ketika perpres ini dibuat DIPA di Kementrian Agama sudah dibuat, sehingga ketika memasukkan mata anggaran yang baru, perlu dilakukan yang disebut dengan revisi DIPA. Ditunggu setelah sekian bulan, dan sempat membuat resah karena guru tetangga di Diknas sudah menikmati tunjangannya, akhirnya revisi-nya datang juga.

Revisi sendiri memakan waktu, karena harus di sah-kan dan di koordinasikan dengan Ditjen Anggaran Propinsi setempat. Karena satuan kerja di lingkungan kementrian Agama (khususnya di Kalimantan Selatan) jumlahnya banyak tentu harus secara bergiliran. Entah bagi guru PNS yang mengajar di madrasah swasta anggarannya ada dimana, sedang bagi guru PNS di madrasah negeri ada pada satuan kerja (madrasah) masing-masing.

Berita baik lainnya, bahwa bagi madrasah negeri yang anggaran tunjangan profesi guru nya kurang juga termasuk yang direvisi atau di tambah. Hal ini menjawab keraguan pengelola keuangan di satuan kerja madrasah negeri, terutama bagi anggaran tunjangan profesi guru-nya kurang. kekurangan TPG lebih banyak disebabkan oleh ketika dianggarkan tahun sebelumnya  tidak mengikuti kenaikan tabel gaji baru di tahun 2010. Namun ternyata TPG juga termasuk di revisi, sehingga pembayaran TPG sesuai dengan tabel daftar gaji pokok terbaru tahun 2010.

Demikian Informasi-nya, semoga bermanfaat.

Iklan