Selama ini saya jadi penikmat layanan publik badan usaha milik negara (BUMN) mulai dari PLN, PDAM dan Telkom. Baru sekitar 3 bulan ini, jadi penikmat pelayanan BUMN perbankan. Karena ada kebijakan entah dari mana bahwa gaji pegawai negeri sipil harus masuk ke rekening pegawai yang bersangkutan tidak lagi masuk dalam rekening bendaharawan. Sebenarnya masih boleh masuk ke rekening bendaharawan namun harus membuat surat pernyataan jika uang gaji tersebut hilang maka harus diganti oleh satker yang bersangkutan.

Akhirnya dipilihlah Bank Rakyat Indonesia (BRI), bank ini dipilih karena memiliki jaringan yang luas, biasanya bank ini memiliki kantor unit disetiap kecamatan. Namun kenikmatan menikmati layanan Bank milik pemerintah ini, mulai menimbulkan masalah. Dua bulan yang lalu, ada beberapa pegawai yang gajinya baru masuk tanggal 5, sebagai pengelola keuangan saya agak nggak enak dengan teman-teman, terutama kepada guru senior, karena menurut beliau puluhan tahun jadi guru nggak pernah gaji diterima sampai tanggal 5. Kecuali memang berbenturan dengan hari libu yang panjang itupun tidak sampai harus menunggu hingga beberapa hari.

Yang terakhir, saya yang dikerjai.. Pada siang hari ini saya ingin mengambil uang di ATM. Karena dekat dengan rumah saya pilih menggunakan ATM BNI, ternyata uangnya tidak keluar malah rekening saya terdebet. Setelah di konfirmasi ke call center BRI, mereka menyatakan memerlukan waktu selama 15 hari untuk bisa uang saya kembali.  Kalau 15 hari kerja yang tidak termasuk hari libur dan hari libur nasional lainnya, berarti harus lewat hari raya Aidul Fitri.Padahal uang itu saya gunakan untuk keperluan lebaran anak saya.

Saya sempat berlinang air mata, bagaimana dengan lebaran anak saya. Karena uang itulah yang saya rencanakan untuk membeli baju baru buat si kecil.

Mudah-mudahan masalah ini bisa selesai cepat, padahal dalam hati saya berkata,

Yang salah itu siapa ? Pihak BRI atau BNI ? Apakah saya salah pilih ATM ? Apakah kesalahan yang saya buat harus saya tanggung dengan tidak bisa dicairkan uangnya lebih cepat ? Lagi,.. Allah SWT mencoba kesabaran umatnya.

Iklan