Sejak pertama jadi guru tahun 1998,saya termasuk yang paling suka nongkrong di tata usaha sekolah. Kerjaannya tidak lain dan tidak bukan,mengotak atik computer yang ada di sekolah.Maklumlah sekitar tahun itu,computer masih merupakan barang mewah. Alhasil, selain jadi tambah terampil menggunakan computer,saya juga di angkat sebagai tenaga honor urusan tata usaha. Tugas ke-tatausahaan saya yang pertama selain menjadi guru honor antara tahun 1998-2003 adalah membuat Laporan Bulanan Sekolah mulai dari program Wordstar sampai Microsoft Word. Setiap bulan saya membuatnya plus mengantarnya ke Dinas Pendidikan Kota dan Yayasan yang menaungi sekolah tempat saya bekerja. Lumayan lah, saat itu setiap bulannya di honor mulai Rp. 50.000,- sampai Rp.75.000,-. Ada proses pembelajarannya di sana,paling tidak saya mengetahui proses administrasi sekolah.

Ketika menjadi PNS sejak tahun 2002, kebiasaan nongkrong di computer tata usaha tetap saya lakukan. Pada tahap awal saya banyak habiskan waktu untuk membuat perangkat pembelajaran. Alhasil, saya membawa perubahan di madrasah tempat saya mengajar sekarang ini, pembuatan soal ujian semester tidak lagi mengetiknya dengan mesin ketik dikertas sheet,tapi sudah menggunakan computer plus printer jenis dot matrik. Dengan bentuk lembaran soal system kolom akhirnya setiap mata pelajaran yang biasanya memerlukan 5 lembar kertas menjadi 1 lembar kertas saja, bolak balik. Cara membuat soaldalam bentuk kolom sudah pernah saya posting di blog ini. Mau lihat postingannya bisa KLIK DISINI

Tiga tahun terakhir, sejak tahun 2006, saya mendapat tugas baru sebagai Pembuat Daftar Gaji. Tugasnya saya lakoni hingga sekarang,tugasnya gampang saja,hanya membuat daftar gaji dan jenis gaji-gaji lainnya (rapel,gaji susulan dll) setiap bulannya. Jika dua tahun pertama menggunakan aplikasi gaji yang entah datang dari mana,namun sejak tahun 2008 sudah menggunakan Aplikasi GPP yang dibuat oleh Ditjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan. Jika ingin melihat bagaimana aplikasinya bisa KLIK DISINI. Dengan aplikasi ini pembuatan daftar gaji apapun,hanya perlu waktu sekitar 5 menit, yang agak rumit hanya membuat jenis rapelan.

Sejak tahun itu juga, tugas saya nambah lagi jadi pengelola laporan keuangan yang dikenal dengan Laporan SAI (Laporan Satuan Akuntansi Instansi), pembuat Surat Permintaan Pembayaran (SPM) dan yang terakhir pengelola penggunaan barang milik Negara yang dikenal dengan SIMAK BMN. Sejak tahun 2009,saya sebenarnya ingin sekali mengundurkan diri dari kegiatan ini, saya takutnya akan mengganggu tugas utama saya sebagai seorang guru. Namun sebenarnya pekerjaan-nya, tak banyak menyita waktu dan pikiran,karena dilakukan setiap sebulan sekali.Ditambah di ketatausahaan madrasah kami tidak ada yang bisa menggunakan aplikasi keuangan tersebut. Alhasil, saya terima amanah ini. Senangnya saya berbagi kebahagiaan jika semua teman-teman guru ceria menerima lebih cepat tunjangan-tunjangan seperti tunjangan profesi guru, uang makan, tunjangan tambhan penghasilan,insentif dan honor lainnya. Karena memang sangat indah,berbagi kebahagiaan ..

Iklan