Judul postingan kali ini bentuk kekesalan saya terhadap barang IT yang saya punya. Memiliki notebook atau laptop (entah mana yang benar) sejak tahun 2008 yang lalu sekarang sudah tak terhitung melakukan install ulang dan mengganti hardware-nya.Terakhir saya harus mengganti layar-nya. Saya pun harus merogoh kantong lebih dalam untuk menggantinya, setelah mengganti layar, pihak service center nih laptop mem-vonis saya juga harus mengganti hard disk,karena hardisk sudah ‘lemah’.Artinya saya harus merogoh kantong lebih dalam lagi.

Alhasil, selama 2 tahun lebih saya punya pengalaman bahwa laptop dan notebook punya perawatan lebih cepat dan lebih mahal dibanding dengan PC (Personal Computer). Memang computer sudah seperti bagian hidup yang tidak terpisahkan, apalagi pekerjaan mengharuskan setiap saat berhubungan dengan computer (oh.. ya, saya lupa ngasih tahu, selain jadi guru juga ikut membantu mengelola kegiatan administrasi dan keuangan madrasah). Di banding dengan Notebook/Laptop, PC ternyata hardwarenya lebih kuat. Saya juga punya PC dirumah, sekelas Pentium IV, sesekali tetap saya pakai,mau tahu sejak kapan saya memakai ? Sejak tahun 2005. Tak pernah sekalipun harus mengganti hardware, apakah itu hardisk apalagi dengan monitornya. Apalagi nih PC, digenjot habis-habisan pada masanya mulai dari hidup seharian ketika pekerjaan seperti membuat soal ulangan, membuat undangan atau memburning CD.

Semua tip dan treatment membuat notebook/laptop supaya bertahan lama dan awet sudah saya lakukan, mulai memakai pendingin di bawah notebook/laptop sampai treatment khusus ternyata tetap tak membantu. Nih..Notebook/laptop dalam kasus saya memang ada baik dan tidaknya.Untuk urusan koneksi ke Internet, notebook/laptop lebih jago dibanding PC. Selain itu semua hampir sama alias tidak beda. Mungkin saya harus sampai pada suatu kesimpulan karena sifat Notebook/laptop yang flexible,harusnya digunakan di saat kita memang tidak bisa menggunakan PC, selebihnya jika memungkinkan maka sebaiknya kita menggunakan PC.

Namun, karena koneksi internet lebih ciamik di banding PC, terutama jika menggunakan modem wireless. Tetap saja saya harus menggunakan notebook/laptop lebih lama, yang berdampak pada lebih cepatnya nih notebook/laptop rusak. Seharusnya produsen notebook/laptop membuat barang yang harusnya tahan lama, berkualitas dan harga suku cadang yang lebih murah. (hehehe,..maunya). Apakah membeli notebook/laptop yang harganya mahal, lebih tahan lama ? untuk yang ini, saya ingin komentar anda.. karena saya nggak pernah beli yang mahal.. yang ada ini aja,kreditnya baru lunas ..hehehehee

Wassalam

Iklan