Pengen tugas belajar ? ya.. pengen sekali, apalagi beasiswa. Sempat ngiler sekali melihat iklan di harian local tentang penerimaan mahasiswa strata-2 baru di kampus tercinta.Sejak tahun lalu saya sudah punya planning jika tak lulus yang gratisan (beasiswa),saya mau ikutan yang tidak gratis alias yang berbayar.

Namun, beberapa bulan yang lalu, saya baru tahu.. bahwa guru yang tugas belajar tidak dapat tunjangan profesi guru. Kenyataan ini memupuskan opsi yang nomor dua, yaitu ikutan yang tidak gratis alias yang berbayar. Karena tunjangan satu bulan gaji inilah yang saya rencanakan untuk bayar studi lanjutan ini. Bahkan seorang teman (blogger juga) harus mengembalikan TPG (tunjangan profesi guru) karena yang bersangkutan ikut tugas belajar sedang TPG-nya sudah kadung dibayar.

Mau ikutan yang illegal ? Maksud loe.. (pakai logat Betawi), ikutan tugas belajar namun tidak izin dengan pimpinan, namun terancam hasil studinya tidak akan diakui untuk penyesuaian. Saya tidak tahu pasti, tugas belajar atau kuliah S2 yang non-reguler (masuk sabtu-minggu) saja namun tidak izin dengan pimpinan termasuk yang illegal studying juga. Maaf, untuk yang satu ini bagi saya tak masuk dalam opsi, biayanya takmungkin terjangkau oleh saya.

Saya tak membaca dan mungkin tak terbaca bagian mana yang menyebutkan bahwa guru yang tugas belajar tidak mendapat TPG. Asumsi saya,mungkin karena sang guru 0 (nol) jam mengajar , maka yang tidak berhak mendapat TPG. Opsi yang paling realistis memang tetap opsi nomor satu, mencoba ikut peruntungan melalui beasiswa. Namun tetap masih banyak perhitungan, selain kemampuan diri yang harus lebih ditingkatkan,juga kesiapan yang lainnya.

Bisa jadi, tetap stag seperti ini.. mencari ilmu kan bisa dimana saja, .. tak musti dengan bertambah gelar, beberapa orang hebat dalam sejarah telah membuktikannya, semacam otodidak lah namanya.Sebut saja seperti H.Agus Salim dan Buya Hamka.

Seharusnya beberapa regulasi dibuat untukmenguntungkan guru yang mau tugas belajar, bukan menyusahkannya. Atau bisa jadi,ada bagian lain yang tidak saya ketahui.. mohon berbagi pengalaman dan pendapatnya..

Iklan