“gak nyaNgka Elo Bisa kEreN juGa Diliat pake terOpoNG”..

Bagaimana reaksi anda jika melihat pesan di atas atau menerima pesan dari seseorang ? Mungkin sekilas hanya pesan iseng bergaya Anak Baru Gede, tetapi jika diperhatikan kalimat tersebut ada pesan tersembunyi, apakah anda dapat menemukannya ?

Gaya tulisan seperti itu sudah jadi ngetrend dikalangan ABG, sebagian juga malah remaja tanggung, bahkan kalangan dewasa  juga banyak yang ikut-ikutan. Padahal apakah tidak ribet ? Kalau menulis di keyboard PC/Laptop sih nggak masalah tapi bagaimana ribetnya ngetik nya di HP, pakai jenis Qwerty pun bagi saya tetap saja bikin ribet.

 

Steganografi Digital Pada Film 'Matrix'

Tapi tahukan anda sebenarnya, tulisan seperti itu termasuk dalam jenis  Steganografi. Yaitu suatu ilmu dan seni menuliskan suatu pesan rahasia dengan cara tertentu, yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima yang dituju. Berasal dari bahasa Yunani, Steganos yang berarti tersembunyi atau rahasia, sedang graphien  yang berarti menulis atau menggambar.

 

Penggunaan Steganografi, sudah dipakai sejak jaman sebelum Masehi. Ketika raja Histiaeus mencukur rambut para budak dan membuat pesan rahasia dalam bentuk tato di kepalanya. Kekinian steganografi masih digunakan dalam berbagai teori konspirasi, misalnya untuk kegiatan spionase, termasuk yang kontroversial dari nover Davinci Code, sampai penggunaan steganografi oleh teroris.

Implementasi penggunaan steganografi sangat efektif jika digunakan sebagai username dan password sebuah login. Baik itu yang bersifat online maupun offline. Misalnya buat password di akun FB, email dan lain-lain.

Sedang steganografi sendiri bentuk nya tidak lagi dalam tulisan-tulisan teks saja, tapi sudah dalam berbagai macam bentuk digital. Bisa dalam bentuk file, gambar bahkan dalau audio visual. Untuk lebih lanjut bisa di lihat di http://id.wikipedia.org/steganografi

Nah, bagaimana sekarang ? yaNg seRIng NuLis SmS yanG beGIniaN suDah TahU seJarah daN arTinyA kAn …

 

Iklan