Seperti yang saya prediksi pada postingan sebelumnya bahwa Indonesia akan menang 1 gol jadi kenyataan. Dibanyak pengamat bola, umpan panjang ke kotak penalti seolah sangat ditabukan dalam pertandingan semifinal AFF 2010 leg pertama ini. Namun ternyata  gol yang di cetak Cristian Gonzales ,justru di cetak melalui umpan panjang Firman Utina ke kotak penalti, di sambut oleh Cristian dengan mengarahkan bola ke tiang jauh.. dan bersoraklah seluruh fans timnas tidak  terkecuali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Postur tinggi pemain naturalisasi Phillipina memang sangat riskan untuk diajak duel dengan bola-bola atas. Jika memang ingin memaksakan, diperlu kan  pemain dengan akurasi umpan yang bagus. Sehingga jangan sampai yang melihat bingung .. itu umpan atau tendangan langsung .. πŸ™‚

Permainan sayap timnas, di motori Okto, Ridwan, Nasuha, Zulkifli sangat efektif dan bernilai positif, Firman dan Bustami benar-benar menjadi roh permainan dan berhasilmenjalankan perannya sebagai pengatur ritme permainan. Sedang pemain belakang Hamka dan Maman, merupakan pemain yang paling stabil, dalam artian stabil menjadi benteng terakhir sebelum Markus Horison,juga kerap kali masih melakukan blunder. Termasuk  juga Markus, termasuk stabil dengan 3 kali penyelamatan gemilang dan sekali blunder yang hampir terciptanya gol bagi Phillipina.

Yang masih menjadi kekurangan timnas, adalah alur bola dari bertahan hingga menyerang sering buru-buru kadang malah dipaksakan, seharusnya melalui proses. Ketika bola datang dari Pemain belakang, biasanya diambil Bustami lalu ke Firman, dari Firman biasanya dibawa ke depan sedikit untuk memberi kesempatan bagi sayap dan pemain depan mencari posisi yang ideal guna mengancam gawang Phillipina.

Bagaimana prediksi leg ke 2, saya tetap memegang Indonesia untuk menang tipis,paling bisa Phillipina hanya memaksakan hasil seri. Untuk mengatasi kelebihan skill individu pemain Phillipina, adalah bermain keras, tidak kompromi dan berani berduel satu-satu. Pemain naturalisasi manca negara Phillipina memang memiliki skill individu yang baik, namun secara tim dan kebanggaan bermain Indonesia masih di atas Phillipina, di dukung suporter fanatiknya ..kita berharap Indonesia akan melenggang mulus ke babakfinal dan tentunya menjadi juara.

 

Iklan