Pengumuman CPNS 2010, Selamat bagi yang lulus,.. Apa yang akan anda dapatkan jika jadi PNS ?

Pengumuman kelulusan CPNS Pemprov dan Pemda di Kalimantan Selatan kemarin Selasa tanggal 20 Desember 2010 diumumkan secara serentak di seluruh kabupaten, melalui media masa dan internet. Bagi yang lulus, saya mengucapkan selamat, sedang bagi yang belum lulus jangan berkecil hati, bisa jadi ada rencana yang lebih baik dari Allah SWT.

Melihat daftar pengumumannya, sepertinya yang paling banyak dicari sebagai CPNS adalah guru dan tenaga kesehatan. Di beberapa daerah dua bidang ini banyak memerlukan pegawai, seiring dengan berkembangnya jumlah sekolah dan pusat kesehatanmasyarakat.

Lalu .. apa yang akan anda dapat sebagai PNS ?

1. Gaji Pokok, anda akan mendapat berdasarkan pangkat dan masa kerja, jika pangkat dan masa kerja semakin tinggi maka semakin besar juga gaji pokok yang akan anda dapat. Gaji pokok secara berkala akan mengalami kenaikan seiring dengan jumlah masa kerja PNS.

2. Tunjangan Istri/Suami, bagi yang sudah kawin istri/suami PNS akan mendapat tunjangan sebesar 10% dari gaji pokok.

3. Tunjangan anak, setiap anak ‘dihargai’ oleh pemerintah sebesar 2% dari gaji pokok, hanya untuk 2 anak, selebihnya anak swasta .. hehehe

4. Tunjangan beras, jika dalam berbentuk uang dihargai Rp. 49.500,- sedang dalam bentuk natura sebesar Rp. 55.000,-

5. Tunjangan Pajak,  tunjangan untuk membayarkan pajak penghasilan anda,  bersifat progresif antara 5% – 30% tergantung jumlah gaji pertahun.

6. Tunjangan-tunjangan lain, seperti tunjangan umum, fungsional, struktural yang beragam sesuai dengan jenis pekerjaan anda, antara Rp.  180.00 s/d lebih dari Rp. 4.000.000,-

7. Uang Makan, bagi PNS pusat anda akan mendapat lagi pengganti makan siang sebesar Rp. 20.000,- perhari. Penghitungannya akan dipotong pajak 15%. Sedang untuk CPNS daerah tergantung kebijakan masing-masing daerah.

8.Uang lembur, bagi yang lembur juga akan mendapat uang lembur antara Rp. 7.000,- s.d Rp.13.000dan uang makan lembur sbesar Rp.20.000,- dipotong pajak 15%.

9. Fasilitas Kesehatan (Askes), Tabungan Perumahan, TAspen dll

Setelah mendapat hak seperti yang saya sedut diatas, PNS juga mempunyai kewajiban membayar potongan-potongan, antara lain  :

1. Iuran wajib pegawai, sebesar 10% dari jumlah kotor gaji, yaitu jumlah gaji pokok + tunj.istri/suami+tunj.anak+Tunj.pajak+tunj.beras+tunj.umum/struktural/fungsional.

2. Tabungan perumahan/sewa rumah, beragam tergantung kepangkatan.

3. PPh, namun yg ini anda tdk perlu khawatir,karena sudah dibayarkanoleh pemerintah melalui tunjangan pajak.

Demikian sedikit gambaran, bagi anda para CPNS jikakelak nanti anda menjadi PNS.. Semoga bermanfaat,jika ada yang ingin menambahkan lagi pendapatan resmi yang lain bagi PNS (di luar korupsi).. saya persilahkan dengan hormat ..

12 tanggapan untuk “Pengumuman CPNS 2010, Selamat bagi yang lulus,.. Apa yang akan anda dapatkan jika jadi PNS ?

  1. Alhamdulillah baru pertama ikut ujian CPNS saya langsung lulus dan kebetulan ikut di Kab. Banjar.
    Saya download daftar gaji pokok PNS 2010 tapi bingung gimana cara membacanya. Ijazah saya Diploma 2.Tolong arahannya ya pak..Trims.

  2. Untuk Diploma 2 saya jg kurang tahu nanti ketika PNS pangkatnya apa, mungkin II C atau IIB, masa kerja 0 tahun, kalau diangkat dari database masa kerja honor biasanya di hitung, lebih pasti nya tunggu SK aja ya.. dan harus ingat selama jd CPNS gaji yang diterima cuma sebesar 80% dari gaji yg harus didapat seorang PNS.. By the way,.. selamat telah lulus dan sukses selalu untuk anda ..

  3. Klo statusnya masih CPNS, selain dapat gaji pokok (80%) apakah mendapatkan seperti apa yang dipaparkan bapak di atas?
    Thanks pak atas infonya.maklum saya masih awam didunia PNS.

  4. Dapat semua mas, misalkan gaji pokok PNS Gol II A sebesar Rp. 1.390.100,- maka yang dia dapat sebesar 80% x Rp. 1.390.000,- = Rp. 1.112.080, dari hasil perhitungan itu baru ditentukan 10% utk suami/istri, 2% utk anak, dst.. sedang uang makan (utkPNS pusat) juga dibayar, untuk honor daerah saya kurang tahu.. terutama guru, CPNS belum berhak mendapat tunjangan fungsional/struktural namun mendapat yang disebut dgn tunjangan tunjangan umum.. semoga bermanfaat..

  5. Pak numpang tanya lagi..
    Ijazah saya yang diterima CPNS kemaren DII PGSD, nah sementara saat ini saya sedang kuliah S1 Teknik Informatika dan tinggal skripsi. Insya Allah bulan Mei ini wisuda.
    Pertanyaan saya misalkan nanti saya kuliah akta IV atau yang sejenisnya apakah ijazah S1 saya itu berlaku atau tidak?Klo bapak berkenan menjawab mohon dibalas via email aja ya pak.trims

  6. Mas Syrajuddin Yth, Wah.. kalau pertanyaan ini sangat teknis sekali .. silakan konsultasikan dengan BKD setempat saja, pertanyaannya apakah S1 non kependidikan/akta IV bisa diperhitungkan dalam kepangkatan .. mohon maaf saya kurang tahu tentang hal ini..

  7. salam kenal … kebetulan saya diterima di pemkot madiun jurusan penata lap.keuangan.. mohon infonya pak.. saya sdh pemberkasan 27 desember kemarin, utk terima sk cpns nya nunggu brp lama ya coz saya masih bekerja di swasta… utk penata lap.keuangan biasanya penempatan dimana ya pak.. trus utk terima gaji 80% itu misal gol 3a brp ya terimanya.. anak saya 1 trus suami jg pns.. pdhl say sdh ikut tunjangan suami itu prosedurnya gmn msh dpt apa tdk.. tx infonya..

  8. Mbak Idha Yth, SK CPNS keluar biasanya tergantung yg membuat 🙂 mbak, untuk posisi penata lap. keuangan saya tidak tahu, karena suami mbak Idha sdh PNS duluan maka di gaji mbak Idha tidak terhitung tunj.suami dan tunj.anak, karena tidak boleh double. Jadi mbak Idha, gajinya dibayar sebagai pegawai bujangan walau sdh berstatus kawin. Perhitungannnya :
    – Gaji pokok 3a nol tahun = Rp 1.743.400
    -Tunj. beras = Rp. 49.500
    -Tunjangan umum 3a = Rp. 185.000
    Rp. 1.977.900 x 80% = Rp. 1.582.00,-
    Perhitungan di atas belum penghasilan-penghasilan lain seperti uang makan dan honor lainnya.. by the way.. selamat udah lulus,..
    semoga bermanfaat ..

  9. makasih pak.. sdh bls pertanyaan saya..
    nich mau tanya lg boleh.. utk biaya diklat itu biasanya ditanggung sendiri ato dari pemkot ya..kalo misal utk tunjangan saya dan anak yg ikut suami saya pindah ngikut saya bisa gak.. coz klo dari suami polri lebih kecil tunjangannya dari pns..
    dan setau bpk utk seragam pertama kali itu beli sdr ya..

  10. Mbak Idha Yth, Untuk Diklat saya kurang tahu pembiayaannya, untuk pindah tanggungan saya juga kurang mengetahui, namun jika bisa dipindah, ambil yg paling menguntungkan, yaitu diantara mbak Idha dan suami mana yang lebih panjang masa kerja nya, tunjangan suami/istri dan anak antara POLRI dan PNS saya kira sama saja .. kalo seragam ya pasti beli sendiri dulu .. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s