Pengumuman kelulusan CPNS Pemprov dan Pemda di Kalimantan Selatan kemarin Selasa tanggal 20 Desember 2010 diumumkan secara serentak di seluruh kabupaten, melalui media masa dan internet. Bagi yang lulus, saya mengucapkan selamat, sedang bagi yang belum lulus jangan berkecil hati, bisa jadi ada rencana yang lebih baik dari Allah SWT.

Melihat daftar pengumumannya, sepertinya yang paling banyak dicari sebagai CPNS adalah guru dan tenaga kesehatan. Di beberapa daerah dua bidang ini banyak memerlukan pegawai, seiring dengan berkembangnya jumlah sekolah dan pusat kesehatanmasyarakat.

Lalu .. apa yang akan anda dapat sebagai PNS ?

1. Gaji Pokok, anda akan mendapat berdasarkan pangkat dan masa kerja, jika pangkat dan masa kerja semakin tinggi maka semakin besar juga gaji pokok yang akan anda dapat. Gaji pokok secara berkala akan mengalami kenaikan seiring dengan jumlah masa kerja PNS.

2. Tunjangan Istri/Suami, bagi yang sudah kawin istri/suami PNS akan mendapat tunjangan sebesar 10% dari gaji pokok.

3. Tunjangan anak, setiap anak ‘dihargai’ oleh pemerintah sebesar 2% dari gaji pokok, hanya untuk 2 anak, selebihnya anak swasta .. hehehe

4. Tunjangan beras, jika dalam berbentuk uang dihargai Rp. 49.500,- sedang dalam bentuk natura sebesar Rp. 55.000,-

5. Tunjangan Pajak,  tunjangan untuk membayarkan pajak penghasilan anda,  bersifat progresif antara 5% – 30% tergantung jumlah gaji pertahun.

6. Tunjangan-tunjangan lain, seperti tunjangan umum, fungsional, struktural yang beragam sesuai dengan jenis pekerjaan anda, antara Rp.  180.00 s/d lebih dari Rp. 4.000.000,-

7. Uang Makan, bagi PNS pusat anda akan mendapat lagi pengganti makan siang sebesar Rp. 20.000,- perhari. Penghitungannya akan dipotong pajak 15%. Sedang untuk CPNS daerah tergantung kebijakan masing-masing daerah.

8.Uang lembur, bagi yang lembur juga akan mendapat uang lembur antara Rp. 7.000,- s.d Rp.13.000dan uang makan lembur sbesar Rp.20.000,- dipotong pajak 15%.

9. Fasilitas Kesehatan (Askes), Tabungan Perumahan, TAspen dll

Setelah mendapat hak seperti yang saya sedut diatas, PNS juga mempunyai kewajiban membayar potongan-potongan, antara lain  :

1. Iuran wajib pegawai, sebesar 10% dari jumlah kotor gaji, yaitu jumlah gaji pokok + tunj.istri/suami+tunj.anak+Tunj.pajak+tunj.beras+tunj.umum/struktural/fungsional.

2. Tabungan perumahan/sewa rumah, beragam tergantung kepangkatan.

3. PPh, namun yg ini anda tdk perlu khawatir,karena sudah dibayarkanoleh pemerintah melalui tunjangan pajak.

Demikian sedikit gambaran, bagi anda para CPNS jikakelak nanti anda menjadi PNS.. Semoga bermanfaat,jika ada yang ingin menambahkan lagi pendapatan resmi yang lain bagi PNS (di luar korupsi).. saya persilahkan dengan hormat ..

Iklan