Timnas Indonesia mendapat dukungan hebat dari rakyat Indonesia, dari yang tidak suka menjadi suka dengan sepakbola. Keberhasilan masuk Final AFF 2010 ditambah pemberitaan yang gencar oleh media serta masuknya pemain naturalisasi, betul-betul menjadi euforia sebagian besar masyarakat Indonesia. Terlebih,-menurut beberapa pengamat- inilah sisa-sisa kebanggaan bangsa di tengah keterpurukan dalam berbagai hal.

 


Hindia Belanda Saat Piala Dunia 1938 Sumber id.wikipedia.org

Tapi tahukah anda bagaimana prestasi sepakbola bangsa Indonesia, ada beberapa catatan manis namun ada juga yang mengecawakan. Indonesia (dulu Hindia Belanda) tahun 1938 menjadi negara pertama Asia  yang ikut dalam Piala Dunia di Perancis. Dalam grup Asia hanya ada dua negara yaitu Indonesia dan Jepang.Namun, Jepang mengundurkan diri karena terlibat perang dengan Cina. Dalam Piala Dunia 1938, Hindia Belanda hanya bermain satu kali kalah telak 6 gol tanpa balas. Dan ini lah pertandingan pertama dan terakhir Indonesia di Piala Dunia. Selanjutnya Indonesia di ajang Piala Dunia tak pernah lolos kualifikasi Asia.

 

Bagaimana dengan prestasi di Asia ? Di kancah Piala Asia, Indonesia meraih kemenangan pertama pada tahun 2004 di China setelah menaklukkan Qatar 2-1. Yang kedua diraih ketika mengalahkan Bahrain dengan skor yang sama tahun 2007, saat menjadi tuan rumah turnamen bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Di kancah Asia Tenggara sekalipun, Indonesia belum pernah berhasil menjadi juara Piala AFF (dulu disebut Piala Tiger). Prestasi tertinggi Indonesia hanyalah tempat kedua di tahun 2000, 2002, dan 2005. Di ajang SEA Games pun Indonesia jarang meraih medali emas, yang terakhir diraih tahun 1991.

 

Pahlawan Indonesia di Semifinal AFF 2010, Sumber : loetuye.com

Wajar saja euforia berlebih ketika ikut AFF 2010, karena Indonesia puasa gelar juara hampir 19  tahun setelah terakhir juara  SEA Games Manila tahun 1991.  Catatan manis dengan Phillipina masih ada  ketika Indonesia menang 13-1  pada Piala AFF 2002 dan menjadi kemenangan terbesar tim nas. Sedang kekalahan terbesarketika di bantai Denmark  dalam pertandingan Persahabtaan  pada tahun 1974 di Copenhagen. Sedang kostum kebanggaan dengan gambar burung garuda di dada, pertama kali di pakai ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962.

 

Ironis sebagai salah satu negara yang berpenduduk terbanyak di dunia tak mampu membentuk 11 pemain hebat, yang mengharu-biru persepakbolaan di dunia. Siapa yang salah ? Silahkan yang ahlinya berpikir keras.. peningkatan  pesepakbola usia dini sudah, kompetisi yang baik sudah, lalu .. emang karena nggak bakat kalee…

Sumber Tulisan : http://id.wikipedia.org

 

Iklan