Ketika sampai di Pantai Sanur saat pagi hari, teman-teman pada berkelakar, ‘mana nih bule koq pada sepi’. Maklum saja,  saya dan teman-teman sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu hanya mendengar berita bahwa di Bali banyak dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman). Memang ketika di Sanur saat pagi hari tak banyak wisman yang pelesiran di pantai, hanya ada satu dua yang melakukan jogging di sekitar pantai.

Pantai Kuta

Demikian juga halnya ketika memasuki kawasan pantai Nusa Dua tak banyak wisman yang menikmati pantai, yang ada wisman lokal. Di pantai ini menyediakan olahraga/hiburan khas pantai seperti Banana Boat, Flying Fish (kalo nggak salah), Jet Ski dan lain-lain.  Sayangnya, harga untuk menikmati wahana hiburan pantai itu ‘agak’ mahal versi kantong kami πŸ™‚ Bali memang menyediakan tempat yang layak buat yang berduit banyak apalagi kalau dibayar dengan dollar. Sayang memang, keramah tamahan yang dikenal selama ini di Bali, sepertinya akan berlaku untuk orang yang berduit saja.

Memasuki pantai Kuta, tepat di siang hari bukti Bali sebagai tempat tujuan wisata internasional jadi kenyataan. Ratusan turis dari berbagai negara berseliweran di pantai. Mulai hanya berjemur dipantai sampai berselencar ria diatas riak ombak. Pantai ini terletak di selatan kota Denpasar dan termasuk dalam Kabupaten Badung, dikembangkan sejak tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Sayangnya saya dan teman-teman tak sempat menikmati sunset karena harus ke tempat wisata lain.

Bali berhasil mengembangkan pariwisatanya, walau dua kali di teror bom yang mengakibatkan pariwisata Bali sempat lumpuh. Kesiapsiagaan Bali mengatasi ancaman teror masih tetap ada, ketika memasuki Bali melalui Gilimanuk, semua penumpang kendaraan bermotor diperiksa identitas diri-nya.

Naik Mikrolet Khas Bali Menuju Kute

Pariwisata di semua tempat, memang ditujukan untuk bisa mengambil untung sebesar-besarnya. Demikian juga di Bali, karena bis besar tidak boleh masuk ke sekitar pantai, maka saya dan teman-teman diharuskan menggunakan seperti mikrolet yang di modifikasi secara terbuka.

Lanjut di postingan berikutnya.. Tanah Lot..

 

Iklan