Mengajar TIK ditengah keterbatan sarana dan prasarana perangkat teknologi dan Informasi menjadikan tantangan tersendiri bagi guru. Terutama jika berhadapan dengan materi internet, madrasah tercinta tempat saya mengajar letaknya ‘cuman’ sekitar 20 km dari ibukota propinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin tak tersentuh yang namanya telpon kabel. Sehingga tak akan pernah berharap untuk bisa koneksi dengan sistem kabel. Jangan kan telpon kabel, Air PDAM saja baru masuk ke sini tahun lalu.

Lalu bagaimana dengan koneksi wireless ? Saya sudah mencoba dengan berbagai provider mulai GSM sampai CDMA, sangat lemot. Tak bisa diharapkan, kalo toh bisa koneksi, membuka Facebook aja perlu waktu hingga 15 menit.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Saya menggunakan sebuah software yang merekam semua aktivitas dekstop dalam bentuk file movie. Caranya saya merekam semua kegiatan dari mulai koneksi internet, cara browsing, hingga cara membuat email dan akun social networking seperti Facebook dan twitter. Ketika di kelas tinggal memutarkan hasil rekaman dalambentuk movie/film.

Sedang softwarenya  bisa anda cari dengan cara googling, dengan keyword ‘free software recording/capturing screen’. Ada beberapa jenis software yang akan bisa anda temukan, kebanyakan yang ada jenis yang berbayar. Namun anda bisa menggunakan untuk mencoba atau free trial. Yang saya gunakan adalah My Screen Recorder, softwarenya sendiri hanya sekitar 6Mb, so jadi takperlu lama untuk mendownload.

Catatan Tambahan : untuk download software bisa klik DISINI

Semoga Bermanfaat..

Iklan