Penentuan kelulusan UN disemua jenjang pendidikan formal di tahun 2011 mengalami perbedaan dibanding dengan UN tahun 2010. Berdasarkan Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Republik  Indonesia  Nomor  45 dan Nomor 46 Tahun  2010. Ketentuan 2 Permendiknas ini  dirangkum dalam  POS  UN 2011. Penentuan kelulusannya tidak lagi hanya berdasarkan nilai UN saja, namun juga memperhatikan nilai raport dan nilai ujian sekolah.

Rupanya pemerintah benar-benar memperhatikan sikap kritis para pengamat pendidikan dan guru, tentang ujian nasional. Selain UN dianggap  seolah tidak memperhitungkan proses penilaian hasil belajar selama peserta didik menempuh pendidikan, juga tentang ‘kejujuran’ pelaksanaannya.

 

Alhasil, pemerintah mengakomodasi sikap kritis pengamat pendidikan dan guru, dengan memasukkan penghitungan nilai rata-rata raport dan nilai ujian sekolah dalam penentuan kelulusan. Konsekuensi dari penerapan sistem ini, adalah masalah biaya. Diperkirakan akan memerlukan biaya yang lebih banyak, karena mata pelajaran yang di UN-kan, juga akan di US-kan.

Sekolah/Madrasah juga dituntut kejeliannya dalam penghitungan kelulusannya. Nilai rendah di rata-rata raport atau US bisa berpotensi peserta didik tidak lulus. Jika mau akal-akalan,  yang oleh guru saya Pak Muhammad Idris, disebut yang tidak pantas dilakukan sekolah/guru adalah dengan memberikan nilai setinggi-tingginya pada Ujian Sekolah. Sebab nilai rata-rata raport tentu tak bisa diganti (kecuali nekat dihapus atau di tipe ex) πŸ™‚ πŸ™‚ sedang nilai UN (masih dalam pertanyaan) termasuk yang tidak bisa di rekayasa oleh sekolah/guru.

Namun, jika pelaksanaan UN 2011 yg akan datang ini,masih ditengarai ada ketidakjujuran-nya, maka sistem ini berarti tetap tidak membawa kebaikan pada pendidikan kita. Artinya begini, jika ingin ‘membantu’ siswa lulus, sepertinya pemerintah memberi kesempatan pada ujian sekolah. Bisapula jadi masalah jika US dibuat kolektif oleh Dinas Pendidikan, yang ada mungkin nantinya .. ya, tadi.. akal-akalan..

Yang ingin download PROSEDUR OPERASI STANDAR UJIAN NASIONAL (POS UN) 2011 klik DISINI

Iklan