Sudah hampir 4 tahun, saya tak pernah ganti handphone, sebelumnya setia menggunakan Nokia 1600 dengan fasilitas sederhana, berfungsi hanya untuk telpon dan sms. Belakangan si Nokia 1600 tidak bisa diajak kompromi, mulai dari batere yg cepat habis alias ngedrop hingga mati sendiri. Mulailah hunting di toko-toko handphone mencari hp baru, yang sederhana namun bisa tahan lama dan mudah  penggunaannya.

Nokia X2-01 Sumber Gambar nokia.co.id

Alhasil saya ketemu Nokia X2-01, yang harganya cukup murah dengan kategori low-end. Saya cari spesifikasi di web resmi nokia.co.id dan beberapa review tentang Nokia X2-01, ternyata HP ini dibuat Nokia sebagai salah satu jenis HP ‘seribu umat’ untuk membendung maraknya HP lokal di Indonesia. Varian seri X2, ada dalam berbagai bentuk ada X2 dengan bentuk biasa, X2 dengan kamera 5 mega pixel, dan X2-01 dengan keyboard qwerty-nya.

Masih menggunakan teknologi EGPRS kelas B, multiselot kelas 33, kecepatan maksimal 296/236,8 kbps (downlink/uplink),  memang kalah cepat dengan jenis-jenis HP/smartphone yang sudah menggunakan High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) sebuah jaringan yang diperuntukkan bagi telepon seluler yang populer dengan nama teknologi 3,5G, yang kecepatannya lebih cepat 5 kali lipat. Nokia X2-01 juga tidak menyediakan koneksi dengan menggunakan wi-fi.

Namun dengan harga Rp 875.000,- fasilitas yang disediakan Nokia X2-01 cukup lumayan. Fasilitas web juga disediakan dengan menggunakan browser web Nokia OSS, untuk jejaring sosial disediakan menggunakan Nokia Messaging dan Ovi Nokia. Klien email gabungan yang mudah digunakan (Nokia Messaging 3.0) dengan dukungan: Ovi Mail, Yahoo!® Mail, Gmail™, Windows Live™, Hotmail dan layanan POP/IMAP populer lainnya.  namun saya cari paket unlimited menggunakan provider telkomsel cukup mahal. Untuk paket mingguan sebesar Rp. 40.000,- dan bulanan Rp.100.000,-. Paketnya include, bisa digunakan untuk FB, twitter, Chat di eBuddy, YM, Google Talk, Window Live Mesengger dan email hingga 10 acount.  Jika tidak menggunakan program unlimitednya, maka akan membayar Rp. 5,- per 5 kb (dengan telkomsel). Selebihnya untuk fasilitas internet, saya belum mencoba. Mungkin nanti ada yang ingin sharing.

Yang mungkin membuat handphone ini berharga murah adalah jenis kameranya, masih menggunakan VGA (640 x 480 piksel) hasil foto ‘kurang menggembirakan’. Fasilitas lain sama saja dengan HP kebanyakan mulai dari bluetooth, Radio dan lain-lain.

Saya tidak termasuk dalam golongan yang freak dalam hal gadget, selain tak banyak dana, untuk urusan koneksi internet saya lebih suka menggunakan PC/laptop. Demikian juga dalam hal foto, kamera saku digital saya kira lebih mumpuni dibanding kamera bawaan di hp jenis apapun. So, semua sebenarnya tergantung pilihan anda.

Iklan