Minggu lalu ketika blog ini tidak bisa di akses sama sekali menggunakan laptop, maka browser Opera Mini di  ponsel Nokia X2-01 yang diajak browsing membuka blog ini. Namun untuk membuat postingan sepertinya masih bermasalah, karena ketika saya membuat postingan tidak bisa terbit. Sedang untuk membalas komentar masih bisa. Tampilan blog di opera mini pun bisa tinggal pilih antara versi mobile dan full site.

Tampilan Blog ini di Opera Mini

Sebagai orang  ‘katrok’ dan ‘ndeso’, yang baru punya jenis ponsel untuk bisa di ajak browsing, saya terkagum-kagum dengan kecepatannya. Opera Mini, -menurut wikipedia.org- adalah  penjelajah web khusus ponsel, PDA dan smartphone. Pengembangan dari browser Opera untuk komputer pribadi yang sudah ada sejak tahun 1996. Sedang Opera Mini sendiri baru di launching sejak tahun 2005, sebagai pilot project dalam kerjasama dengan stasiun televisi Norwegia, TV 2. Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya tersedia untuk pelanggan TV 2.

Penjelajah Web ini masih menggunakan platform Java MIDP 2.0/ Java J2ME. Opera Mini adalah sebuah aplikasi yang gratis, didukung melalui kemitraan antara para pengembang, yaitu Opera Software, situs aplikasi gratis Gamejump, situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google.

Keunggulan lain dibanding dengan browser bawaan ponsel dan smartphone  adalah kecepatannya, hal ini disebabkan oleh kemampuannya bisa mengkompres sebuah halaman web hingga 90%. Untuk biaya juga cukup murah, cukup Rp. 2.000,- /hari menggunakan provider Telkomsel bisa sesukanya untuk download dan upload di Opera Mini.

Anda juga sering menggunakan browser ini, mari saling berbagi cerita..

Iklan