Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah sejak tahun 2010 sudah masuk ke dalam DIPA satuan kerja masing-masing. Penggunaan Dana BOS menggunakan akun (mata anggaran) 521219 untuk Belanja barang non operasional lainnya. Implikasi dari penggunaan akun ini, dana BOS tidak bisa diakomodasikan untuk akun dan mata anggaran belanja modal seperti 532111 Belanja  modal  peralatan  dan  mesin  misalnya komputer, media pembelajaran (LCD,Laptop) atau 536111 Belanja  modal fisik  lainya  misalnya meubeler dan buku-buku pelajaran.

Dengan akun 521219 dana BOS sebenarnya hanya bisa digunakan untuk Penerimaan  siswa  baru,  Biaya  operasionalTim  BOS,  Ujian-ujian,  Kegiatan  belajar  mengajar,  Biaya  pendaftaran  mengikuti  lomba  dan lain-lain  yang  sejenis. Sementara itu untuk jenis honor, uang lelah, transport, insentif yang terkait dengan output kegiatan masih menjadi perdebatan apakah menggunakan 521213 : Belanja  Honorarium  yang  terkait  dengan  output  kegiatan atau menggunakan 521219 atau menggunakan akun 51 (belanja pegawai).

Sayangnya sosialisasi penggunaan dana BOS kerap kali hanya ditujukan kepada kepala madrasah saja,  jika kepala madrasah tak tahu sama sekali tentang akun dan mata anggaran maka dipastikan akanlewat begitu saja. Sehingga sering kali pengelola keuangan/operator sering curhat dengan KPPN setempat untuk proses pengajuan permintaan pembayarannya. kalau salah yah.. kembali lagi untuk membuat permintaan pembayaran yang benar. Alhamdulillah, selama ini cukup membantu.

Lalu apa hubungannya dengan Aplikasi RKAKL DIPA 2011 ? Untuk memperluas penggunaan dana BOS madrasah maka yang dilakukan oleh satker adalah revisi DIPA. Dengan Aplikasi RKAKL DIPA 2011, proses revisi itu bisa dilakukan. Namun sekali lagi, sayangnya Aplikasi ini termasuk yang tidak friendly dikalangan satker. Terutama masalah pencetakan, revisi DIPA hanya bisa  dicetak dengan jenis printer tertentu (terutama jenis laserjet) belum lagi masih banyaknya bug di aplikasi ini.

Seandainya perubahan DIPA atau revisi nya, semudah membuat SPM di Aplikasi SPM dan Daftar Gaji di Aplikasi GPP, tentu akan banyak satker melakukan revisi. Sosialisasi juga penting, ketika bulan Desember 2010 lalu membuat pengesahan DIPA untuk tahun 2011 ini, satker setahu saya tak diajak untuk mempelajari bersama dulu Aplikasi RKAKLDIPA 2011 sebelum membuat DIPA. Semakin sering diajak sosialisasi tentu akan mempermudah pekerjaan satker.

Untuk melihat jenis-jenis akun untuk BOS bisa KLIK DISINI

Iklan