Aha .. ini salah satu cara pengkoreksian hasil belajar siswa bagi guru yang doyan duduk di depan komputer, caranya sih .. gampang-gampang susah. Minimal sedikit menguasai aplikasi office paling tenar sedunia yaitu MS Word dan Excel 2007 (Word 2003 juga boleeeh, ngucapinnya pakai gaya si Madid :). Setelah itu menguasai sedikit program di Word 2007/2003 yang di kenal dengan Mail Merge. Untuk belajar mail merge bisa melihat postingan blog senior bisa KLIK DISINI dan DISINI. Pada intinya mail merge adalah penggabungan data yang dibuat dalam MS Excel untuk di tampilkan dan dicetak di MS Word.

Langkah pertama, adalah membuat soal di MS Word 2003/2007, terserah jenis nya mau plihan ganda atau uraian, cetak soal nya dengan printer lalu di perbanyak sebanyak jumlah siswa. Sisakan dibagian kertas soal untuk memuat hasil koreksi dengan mail merge, lebih bagus lagi jika dengan menggunakan lembar jawaban. Jika kita ingin mencetak hasil koreksi di lembar soal/jawaban, maka peserta didik harus kita beri tahu kertas soal/lembar jawaban jangan sampai kumal/robek. Lihat gambar di atas.

Input Data di Excell

Langkah kedua, setelah melakukan penilaian hasil belajar adalah membuat data hasil belajar siswa dengan menggunakan MS Excel, isikan jumlah skor siswa jika menjawab benar, jumlah total skor perolehan, nilai, dan kalau ingin menambahkan bisa juga dengan keterangan ketercapaian ketuntasan belajar siswa. Untuk lebih jelasnya,bisa lihat gambar di samping. Isi jumlah skor setiap siswa menjawab benar, jumlah skor terserah anda. lalu hitung jumlah skor perolehannya. Untuk penilaian bisa dengan menggunakan skor perolehan dibagi dengan skor maksimal lalu dikali 10 untuk nilai dalam puluhan dan 100 untuk dalam nilai ratusan. Sedang untuk keterangan tuntas/tidak tuntas gunakan rumus logika, jika sama dengan atau lebih besar dari KKM maka keterangannya tuntas. Contoh : Dengan rumus =IF(nomor cell<=jumlah KKM,”tdk tuntas”,”tuntas”). Jika sudah simpan file.

Langkah ketiga adalah penggabungan data hasil belajar yang dibuat dengan Excell dan cetakannya di MS Word, dengan menggunakan mail merge. Untuk bagaimana cara membuatnya silakan klik link DISINI dan KLIK DISINI Hingga nanti hasilnya akan seperti gambar di atas.

Tips :

  1. Untuk membuat cetakan hasil penilaian di lembar soal, supaya soal jangan tercetak kembali bisa dengan cara memberi warna putih pada huruf nya, sehingga yang tercetak hanya hasil penilaiannnya saja.
  2. Urut kan terlebih dahulu lembar soal yang mau dicetak berdasarkan urutan di data hasil belajar, di MS Excell.
  3. Gunakan fasilitas cetak all di mail merge, sehingga kita tidak mencetak perhalaman yang sangat memerlukan waktu.
  4. Lebih baik jika data diambil dari hasil analisis hasil belajar,  bisa melihat dipostingan saya terdahulu KLIK DISINI dan bisa juga di cetak di LJK sederhana buatan saya, KLIK DISINI

Semoga Bermanfaat..

Iklan