Salah satu kemampuan dasar yang dimiliki untuk mengelola blog/web adalah menggunakan bahasa pemprograman HTML dan CSS. Kemampuan ini yang sebenarnya tidak saya miliki sama sekali sejak pertama kali ngeblog. Alasan inilah yang membuat saya berpikir dua kali untuk membeli hosting dan domain sendiri. Syukurnya wordpress.com (blogspot juga) menyediakan custom domain berbayar yang menurut saya cukup murah. Di WP perlu $17, ternyata di blogspot lebih murah lagi cukup $10 anda sudah punya private domain. Di WP, HTML dan CSS hanya bisa digunakan untuk sekedar bikin widget dan memperindah tampilan posting, sedang untuk merubah atau mengedit theme tidak bisa. Sementara itu di blogspot anda punya keleluasaan untuk mengedit thema blog.

Googling mencari tempat belajar membuat html dan CSS ternyata ketemu di sebuah web, yaitu quackit.com. Pemula seperti saya cukup mudah untuk menggunakan beberapa bahasa HTML dan CSS sekedar untuk memperindah tambilan widget dan postingan. Berikut di quackit.com disediakan beberapa contoh untuk membuat HTML Links, Color, Formating dan sebagainya. Akhir kata, pokoknya cukuplah sebagai tempat belajar bagi saya. Termasuk nih, widget yang kedip-kedip disamping kanan atas postingan ini, hasil otak atik HTML yang disediakan oleh quackit.com. Namun karena dasarnya tidak bisa sama sekali, saya harus mencoba beberapa kali hingga bisa membuat seperti yang saya inginkan. Hehehehe..

Untuk sekedar menambah pengetahuan tentang HTML, menurut yang saya kutip di id.wikipedia.org, HTML (HyperText Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

HTML sendiri dirintis oleh IBM sejak tahun 1980 hingga kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) berhasil membuat HTML. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan penjelajah web untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan penjelajah web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka surel ataupun dari PDA dan perangkat lunak lain yang memiliki kemampuan browser.

Iklan