Kali ini saya ingin berbagi, cara membuat lampiran spm pada Aplikasi SPM 2011. Lampiran SPM (Surat Perintah Membayar) adalah daftar lampiran SPM yang berisi data-data  penerima pembayaran yang dimaksud dalam SPM. Setidaknya dalam lampiran SPM memuat  No, Nama Pegawai, NPWP, Nomor Rekening, Nama Bank Rekening, Nilai Rupiah dan Sandi Bank (yang ini boleh juga tidak di isi).

Data-data tersebut dibuat dengan menggunakan MS Excel versi mana saja, namun ketika akan disimpan gunakanlah pilihan penyimpanan, ‘simpan sebagai’ (save as) tab delimited, sehingga ketika disimpan file akan berbentuk file txt. Simpan dengan nama ‘lampiranspm’ (jangan pakai spasi).

Sebelumnya saya telah berulang kali mencoba namun tidak berhasil, akhirnya ketemu juga caranya, bahwa hasil file  txt  tersebut  ternyata harus diletakkan dalam folder SPM pada folder  Aplikasi GPP 2011. Folder Aplikasi GPP 2011 sendiri  bernama dbgaji8.

Ada kepuasan sendiri jika berhasil memecahkan permasalahan sendiri, walau sebenarnya bisa nanya langsung di CS KPPN lalu selesailah masalah. Namun hitung-hitung mengurangi beban kerja teman-teman di KPPN plus tidak perlu ngantri di KPPN J .

Dengan cara ini tentunya akan mempermudah para pembuat daftar gaji (sekarang namanya PPABP, sayangnya saya tak tahu kepanjangannya hehehehe) untuk membuat lampiran SPM, terutama yang bukan Gaji Induk, seperti pembayaran uang makan dan tunjangan-tunjangan lain. Sedang untuk Gaji Induk, kekurangan gaji dan  gaji susulan, file lampiran spm-nya sudah otomatis dibuat Aplikasi GPP.

Untuk teman-teman pembuat daftar gaji semoga bermanfaat. Jika ingin melihat file bentuk Excel nya bisa KLIK DISINI

Iklan