Salah satu jurus SEO sederhana untuk blog adalah dengan mengirim postingan blog ke jejaring sosial. Bentuk kiriman biasanya dalam bentuk url ditambah uraian singkat tulisan/postingan, bisa juga dengan menggunakan layanan penyingkatan url yang terkenal antara lain adalah TinyURL, Bit.ly. Sebelumnya saya menggunakan ping.fm yang digabungkan dengan twitterfeed, untuk mengirimkan postingan ini ke jejaring sosial secara otomatis. Namun sayangnya, twitterfeed sekarang tidak bisa dikoneksikan lagi dengan ping.fm. Namun, saya menemukan microblog lain, yang tak kalah dahsyat dengan ping.fm, yaitu seesmic.com.

Apa sih sebenarnya microblog ? Menurut yang saya kutip di id.wikipedia.org, microblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.Yang membedakan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu pengguna menulis topik tertentu.

Beberapa jejerang sosial seperti twitter, facebook, myspace, dll, sekarang sudah memiliki fitur mikroblog, bahkan wordpress.com sudah mengakomodasinya, setiap kita membuat postingan bisa kita koneksikan dengan twitter, facebook dan yahoo. Namun lebih dahsyat jika kita bisa mengirim ke puluhan jejaring sosial yang lain. Jika tak punya blog, ya.. nggak masalah, sekali status update semua jejaring sosial kita terupdate

Bagaimana menggunakan seesmic.com, pertama sign up dulu, lalu pilih akun apa yang ingin digunakan, tersedia twitter, FB, Plurk, Stumbleupon dan ping.fm. Untuk lebih dahsyatnya bikin akun di ping.fm. Prinsip kerjanya setiap membuat status update di seeismic.com, maka akan meng-update status di semua jejaring sosial yang kita pilih. Jika mengupdate ping.fm, otomatis juga akan mengupdate puluhan jejaring sosial yang ada dalam ping.fm.

Bagaimana untuk yang punya blog, terpaksa harus kirim postingan  dalam bentuk url singkat (manual), tidak otomatis seperti yang dilakukan oleh twitterfeed dengan ping.fm. Biarkan mikroblog seesmic.com yang bekerja, postingan kita dalam bentuk url singkat akan ada di twitter, fb, plurk, dan puluhan lainnya (jika menggunakan ping.fm) ..

Semoga bermanfat.

Iklan