Saya tak menyangka begitu luas kemampuan sebuah smartphone (ponsel pintar) untuk fungsi lebih dari sekedar telpon dan sms. Fungsi baru sebuah smartphone, sepertinya ditujukan untuk kemampuan mengakses internet secara mobile terutama surat elektronik dan yang lagi ngetrend, social networking. Salah satu fungsi yang ada di smartphone adalah blogging. Adalah BlackBerry (melalui pihak ketiga) yang menyediakan aplikasi untuk mengakses hosting blog WordPres yang diberi nama WordPress for BlackBerry, hanya dengan file mentah sebesar 854 Kb, setelah di instal, kita bisa membuat dan mengedit postingan, halaman, komentar, statistik pengunjung blog dan beberapa fasilitas lain.

Sayangnya, perangkat pintar ini akhirnya tergantung providernya. Dengan menggunakan provider terkenal di Indonesia, plus langganan bulanan, tidak bisa menyamai postingan dengan PC. Kecuali, dengan menggunakan fasilitas Wi-fi (untuk BB tertentu) hasrat postingan cepat dapat tercapai.

ScreenShot WP For BB

Suatu saat ketika di madrasah yang layanan 3G nggak ada (yang muncul cuma fasilitas EDGE),  ketika timbul sebuah ide untuk membuat postingan, sekaligus mencoba fasilitas WordPress for BlackBerry saya coba untuk merangkai kata-kata dalam sebuah kalimat hingga selesai. Ternyata ketika saya simpan dalam bentuk konsep telepon, eh.. ketika dibuka di rumah malah nggak ada. Penasaran ingin mencoba fasilitas nya, saya buat lagi di area yang ada layanan 3G, alhasil berhasil. Dua postingan sebelum postingan ini menggunakan aplikasi WordPress for BlackBerry. Sekali lagi, saya coba dengan fasilitas wi-fi (walau hanya mengedit postingan) semua juga berjalan dengan lancar.

Simpulannya, blogging dengan smartphone apapun, saya kira benar-benar tergantung dengan providernya. Tapi, beginilah Indonesia, menurut yang pernah saya baca di media online bayaran internet di Indonesia tak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi saya kira, kita sudah mulai berbenah maju di bidang IT.  Salah satu negara dengan pengguna FB dan Twitter terbesar di dunia itu adalah salah satu bukti. Tinggal .. infrastrukturnya.

Iklan