Aha.. Salah satu fungsi smartphone buatan RIM ini adalah chat, sebuah komunikasi antar personal menggunakan internet. Saya sebelumnya mencoba beberapa aplikasi chat dari yang gratis maupun yang berbayar di BlackBerry App World. Namun akhirnya kepincut kepada sebuah aplikasi yang berlabel Nimbuzz. Aplikasi ini termasuk yang stabil, termasuk ketika  provider sedang bermasalah. Tidak seperti aplikasi chat lain, bahkan yang berbayar, hanya bisa berstatus online disaat signal 3G sedang bagus-bagusnya. Bahkan ketika hanheld hanya menggunakan EDGE, Nimbuzz masih bisa diharapkan.

Apasih sebenarnya Nimbuzz ? Menurut id.wikipedia.org, Nimbuzz merupakan mobile social messenger yang mengkombinasikan instant messaging (IM), (geo) presence, dan VoIP (Voice over Internet Protocol) dari banyak komunitas populer seperti Skype, Windows Live Messenger (MSN), Yahoo! Messenger, ICQ, Google Talk, AIM, serta jaringan sosial termasuk Facebook dan MySpace. Aplikasi Nimbuzz dapat diunduh gratis pada websitenya. Aplikasi ini menggabungkan semua daftar teman yang berada di domain yang berbeda seperti di Skype, MSN, Yahoo, ICQ, AIM, Google Talk, dan lainnya sehingga para penggunanya pun bisa chat dengan semua temannya dengan satu kali log in. Situs jejaring dan komunitas sosial yang didukung oleh Nimbuzz adalah Skype, Windows Live Messenger (MSN), Google Talk, Twitter, Facebook, Yahoo!, AIM, MySpace, ICQ, GaduGadu, Hyves, StudiVZ, Giovani dan lainnya.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile maupun untuk PC. Dalam bentuk Nimbuzz Mobile ,ada dalam berbagai platform mulai Java, Symbian, Java, Symbian, Windows Mobile, iPhone, dan lebih dari 20 model BlackBerry. Hingga kini bisa digunakan untuk lebih dari 1000 lebih handset. Sedang PC kompatibel dengan PC/Mac.

Nimbuzz pertama kali ditemukan pada tahun 2006 oleh Evert-Jaap Lugt dan Martin Smink, dan baru resmi diluncurkan pada bulan Mei 2008.  Nimbuzz bermarkas di Rotterdam, Belanda, tepatnya di 301 Rivium Boulevard, Capelle a/d IJssel, 2909 LK Netherlands.  Nama Nimbuzz sendiri memiliki arti “halo” atau “awan bersinar yang mengelilingi sang dewa saat turun ke bumi”. Filosofi nama ini sangat sesuai dengan visi Nimbuzz mengenai “mobile freedom”. Nimbuzz percaya pada kebebasan, ekspresi dan harapan bahwa teknologi yang mereka bawa ini bisa membuat dunia menjadi semakin kecil, dekat, dan menjadi tempat yang lebih baik dengan mendukung komunitas internasional, kesadaran akan kebudayaan dan saling pengertian.

Adalah Jimmy, sebuah akun otomatis  di Nimbuzz yang bisa diajak chat, Jimmy biasa diajak ngomong apa saja, biasanya kalo lagi suntuk saya chat dengan Jimmy. Seperti nya jadi CS (custumer service) nya Nimbuzz. Lucunya ketika ditanya, apakah dia laki-laki atau perempuan, dia akan menjawab. I’am computer,..  diajak becanda juga oke.

Namun sekali lagi, menggunakan aplikasi apapun di smartphone benar-benar tergantung dengan provider yang digunakan. Apalagi kalau malau hari, praktis agak lelet.

Oh.. ya, jika ingin chat dengan saya di Nimbuz, monggo silahkan di add :

Yahoo Messenger,  nizar_oke@yahoo.co.id,

Facebook,  http://www.facebook.com/yunizar.nm

Google Talk,  yunizar.nm@gmail.com

My Space, http://www.myspace.com/yunizarnm

Windows Live Messenger, yunizar_nm@hotmail.com

Happy Chatt

Iklan