Suatu saat saya (dan mungkin anda) pernah ngebut di jalan raya untuk menuju ke suatu tempat, mungkin ke tempat kerja, kuliah, sekolah bahkan mau ngapel ke tempat do’i. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain bangun tidur kesiangan, ban kempes, mesin motor ngadat, jalan macet dan lain-lain. Berikut ada beberapa tip dan trik (sebagian berdasarkan pengalaman) menggunakan motor yang aman namun cepat sampai ke tujuan.

1. Motor

Untuk diajak ngebut paling enak adalah menggunakan motor baru atau motor yang habis di service. Tarikan jadi enteng biasanya. Bisa juga tuh  motor dimodif sedikit untuk bisa diajak ngebut. Tanyakan aja langsung ke bengkel terdekat. Langkah sederhana nya bisa juga, misalnya mengganti exhaust (knalpot), korek sedikit bagian dalam karbu, ganti CDI yg unlimiter dan lain-lain. Untuk menempuh jalan yang banyak tikungan atau macet, yang diperlukan sebuah motor sebenarnya adalah akselerasi yang bagus, responsif ketika hard break (rem mendadak) dan responsif cepat ketika keluar dari macet/tikungan. Untuk jalan lurus, bisa dengan menggunakan gear belakang yang lebih kecil daripada yang standar untuk mendapatkan top speed di jalan yang lurus.

Selebihnya bisa anda tanyakan kepada bengkel langganan anda, namun harus di ingat, jika motor dipakai harian diusahakan untuk tidak terlalu tunning habis-habisan, kecuali anda memang ingin jadi pengebut … hihihihihih.

2. Cara Berkendara

Yang paling enak ngebut itu sebenarnya di tempat yang sepi. Ngebut di tempat yang ramai dan apalagi jalannya sempit, memerlukan ekstra keberanian. Bisa-bisa anda pengen cepat malah masuk rumah sakit atau malah digebuki oleh masyarakat. Selain itu harus juga diingat bahwa bukan kita saja yang menggunakan jalan tersebut. Jika anda ruang yang longgar bisa kita naikkan sedikit kecepatan motor kita dengan perhitungan yang tepat. Lakukan pengereman minimal 5-10 meter sebelum rintangan yang ada di depan kita.

Ketika masuk ke sebuah tikungan, prinsip sederhananya adalah anda harus mengurangi kecepatan motor. Lakukan engine break terlebih dahulu dengan menurunkan 1/2 persneling, lalu melakukan pengereman. Lakukan keduanya atau pilih salah satu.  Keterlambatan melakukan engine break dan hard break ketika masuk ke  tikungan, biasanya menyebabkan ban slip. Jika ban motor gedenya seperti ban moto gp, sih nggak masalah. Nah, bannya udah kecil trus gundul pula, jangan-jangan ketika masuk ke tikungan malah hilang. Tau-taunya masuk ke got atau malah masuk ke kali. Hehehehehehehehe

Jika suatu saat anda sedang ngebut sendiri, trus ada yang mengikuti seperti ingin ngetest motor anda, jangan pedulikan. karena prinsipnya kita kan ingin cepat sampai ketujuan. Kecuali jika anda memang ingin ngetest kemampuan motor anda. Tapi saran saya, tetap jangan pedulikan. Kadang emosi membuat kita kehilangan konsentrasi dalam berkendara apalagi dalam keadaan yang cepat.

3. Safety Riding

Tip dan trik ini sebenarnya hanya ketika suatu saat kita memang harus cepat sampai tujuan. Yang enaknya sih, jalannya santai dan tidak terburu-buru. Patuhi peraturan lalu lintas, perhatikan keselamatan diri sendiri dan keselamatan diri orang lain. Yang suka jalan di  Lingkar Selatan (Jl. Gub. Soebardjo) Banjarmasin, bisa ketemu saya tiap pagi dan siang hari. Hiiiii

Iklan