Walau sudah launching sejak tahun 2009, satker sepertinya hanya ‘disunatkan’ menggunakan aplikasi forecasting. AFS atau aplikasi forecasting ini salah satu aplikasi besutan Kementerian Keuangan, dengan fungsi mengatur perencanaan kas satuan kerja, untuk setiap bulan, mingguan dan harian.Singkat kata, satker (satuan kerja) di wajibkan melaporkan perencaan penyerapan anggaran APBN untuk setiap bulan, mingguan, dan harian.
Namun sifatnya cukup flexible, artinya satuan kerja dibebaskan untuk mengupdate jumlah permintaan pembayaran. Nggak terbayang jika aplikasi ini bersifat kaku, jika perencanaan kas satuan kerja yang amburadul hampir dipastikan permintaan pembayarannya akan di tolak oleh KPPN setempat.
Proses penyampaian perencanaan kas bulanan di sampaikan setelah mendapat DIPA dan bisa diupdate atau dirubah dua hari sebelum bulan yang bersangkutanm. Untuk perencanaan mingguan paling lambat setiap hari Jum’at sedang harian, sehari sebelum menyampaikan permintaan. Namun harus diingat, memasukkan SPM di atas jam 11.00 waktu setempat sudah dihitung sebagai hari esoknya. Jika merencanakan tgl 6, namun jika datang di atas jam 11.00 maka sudah dihitung sebagai tanggal 7. Paling aman jika mau KPPN harus bawa laptop sehingga bisa mengubah tanggal perencanaannya.

Ditulis dengan WordPress untuk Blackberry

Iklan