Tahun anggaran 2011, akan berakhir sekitar 2 bulan lagi. Diperkirakan permintaan pembayaran apapun dengan menggunakan dana APBN akan berakhir sekitar tanggal 9 Desember 2011. Sebelum tanggal tersebut seluruh permintaan pembayaran dana APBN harus diajukan sebelum tanggal tersebut.

Kesempatan para guru yang berhak menerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) berarti tinggal 2 bulan juga. Terutama bagi para guru yang di sertifikasi tahun 2011, yang hingga sekarang belum menerima sepeser pun. Kelihatannya, para guru yang seharusnya sudah berhak mulai gelisah. Segelisah, yang saya alami tahun lalu, namun tahun lalu seluruh persyaratan pencairan telah terbit di pertengahan tahun anggaran.

Persyaratan yang dimaksud adalah SK Dirjen Pendidikan Islam (bagi guru madrasah) yang menetapkan bahwa guru yang termuat dalam SK tersebut berhak menerima TPP/TPG. Sedang syarat lainnya adalah Nomor Registrasi Guru. Untuk persyaratan yang satu ini, belum jelas juntrungannya. Karena hingga kini Kemdiknas tidak menerbitkan NRG untuk guru madrasah, maka Kemenag membuat NRG sementara. Entah apa yang terjadi sebenarnya, ??

Sementara itu anggaran TPP satker madrasah yang masih kurang, juga harap-harap cemas, hingga sekarang revisi DIPA belum turun-turun ke satker. Jika revisi DIPA tidak terbit atau terbit namun tidak memuat penambahan anggaran TPP. Diperkirakan banyak lagi guru yang akan menerima TPP tidak utuh lagi tahun ini.

Para pembesar negeri tahu nggak ya, masalah ini. Atau mungkin ada perasaan kolektif dari sebagian orang selain guru, bahwa guru tidak terlalu berhak sejahtera. Tahun lalu saya sih sempat mengirim SMS ke yth bapak Presiden, tentang masalah ini. Entah kebetulan atau tidak, semua persyaratan itu akhirnya terbit. Mau mencoba silakan SMS ke 9949.

Semoga Bermanfaat.

Ditulis dengan WordPress untuk Blackberry

Iklan