Tahun Anggaran baru 2012, sudah di depan mata. Bahkan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) 2012 sudah dicetak dan ditelaah oleh satker, tinggal menunggu pengesahan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi setempat. Ada yang anggarannya bertambah ada pula anggarannya berkurang, ada mata anggaran baru ada juga mata anggaran yang tidak muncul lagi.

Namun yang baru dan yang pertama kali dialami satker adalah adanya anggaran yang kena bintang alias blokir. Anggaran yang kena bintang diberi tanda ‘bahwa masih menunggu persetujuan DPR’. Nah lho, DPR ngambek kayaknya. Padahal ada anggaran di madrasah yang sangat vital namun kena blokir yaitu dana BOS. Pasca tidak boleh memungut uang dari murid lagi, dana BOS merupakan dana yang sangat diperlukan untuk kelanjutan jalannya madrasah. Entah, sampai kapan dana ini baru bisa digunakan hingga blokirnya dihapus. entah kenapa juga sampai harus menunggu persetujuan DPR, sementara kegiatan madrasah terus berjalan. Sejak tanggal 2 Januari 2012, satker madrasah sudah harus menyelenggarakan pendidikan di madrasah dengan dana anggaran yang baru.

Ada juga yang digadang-gadang, sebagai anggaran baru yang termuat dalam satuan biaya umum yaitu honor pengelola SIMAK BMN, ternyata tak masuk dalam anggaran satker. Padahal nih, yang ditunggu-tunggu. Sementara untuk honor pengelola pun tidak juga bertambah. Masih sebesar Rp. 200.000,- perbulan. Wah, jadi nggak asyik mengelola hanpir 8 Aplikasi keuangan cuman di honor Rp. 200.000,- per bulan.  Menanyakan honor sebesar itu jadi takut, entar kalo dibalas ‘untung aja ada honornya, kalo nggak lalu mau apa’. nah, jawaban yang beginian jadi takut. Padahal lebih asyik jika ada tunjangan struktural tertentu dengan jabatan tertentu khusus mengelola keuangan, dengan  tunjangan pengelola keuangan satker. Kan, katanya mau mempunyai laporan keuangan yang asyik, wajar tanpa pengecualiaan. Kalo pengelola keuangan penghonorannya dikecualikan maka tentunya akan dikecualikan juga dong laporan keuangannya. bener nggak sih logikanya .. Udah ah, .. kita punya moto kan ‘Ikhlas Beramal’.. hahahaha

Iklan